Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 03 Desember 2016

Iwan Fals : Legendaris Musik Indonesia

Disusun oleh : Dwi Putra Bagus Andrian


1. Iwan Fals yang bernama lahir Virgiawan Listanto (lahir di Jakarta, 3 September 1961 ; umur 55 tahun) adalah seorang penyanyi beraliran Balada, Pop, Rock, dan Country yang menjadi salah satu legenda di Indonesia. Ia anak dari pasangan Haryoso (ayah) yang sudah meninggal dan Lies (ibu). Masa kecil iwan fals dihabiskan di Bandung, kemudian ikut saudaranya di Jeddah, Arab Saudi selama 8 bulan. Bakat musiknya makin terasa ketika ia berusia 13 tahun, dimana iwan banyak menghabiskan waktunya dengan mengamen di Bandung.  Bermain gitar dilakukannya sejak masih muda bahkan ia mengamen untuk melatih kemampuannya bergitar dan menciptakan lagu. Ketika di SMP,Iiwan menjadi gitaris dalam paduan suara disekolah.

2. Iwan lahir dari Lies (ibu) dan mempunyai ayah Haryoso almarhum (kolonel Anumerta). Iwan menikahi Rosana (Mbak Yos) dan mempunyai 3 anak yang bernama Galang Rambu Anarki (almarhum), Annisa Cikal Rambu Bassae, dan Raya Rambu Rabbani. Galang mengikuti jejak ayahnya di bidang musik walaupun demikian musik yang ia bawakan berbeda dengan yang telah menjadi trademark ayahnya. Nama Galang juga dijadikan salah sau lagu Iwan yang berjudul Galang Rambu Anarki pada album opini tahun kelahirannya Galang (1 Januari 1982). Nama Cikal sebagai putri kedua juga diabadikan sebagai judul album dan judul lagu Iwan Fals yang terbit tahun 1991.

3. Galang Rambu Anarki meninggal pada bulan April 1997 secara mendadak yang membuat aktivitas bermusik Iwan Fals sempat vakum selama beberapa tahun. Galang dimakamkan di pekarangan rumah Iwan Fals di desa Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Sepeninggal Galang, Iwan sering menyibukan diri dengan melukis dan berlatih beladiri. Pada tanggal 22 Januari 2003, Iwan Fals dianugrahi seorang anak lelaki yang diberi nama Raya Rambu Rabbani. Kelahiran putra ketiganya ini seakan menjadi pengganti almarhum Glang Rambu Anarki.

4. Iwan Fals pernah bersekolah di SMP 5 Bandung, Jawa Barat dan melanjutkan sekolahnya di SMA BPK Bandung. Setalah SMA dia melanjutkan Kuliahnya di STP (Sekolah Tinggi Publisistik, sekarang IISIP) dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

5. Lewat lagu-lagunya, ia ‘memotret’ suasana sosial kehidupan Indonesia pada akhir tahun 70’an hingga sekarang, kehidupan dunia pada umumnya, dan kehidupan itu sendiri. Kritik atas perilaku sekelompok orang (seperti Wakil Rakyat, Tante Lisa), empati bagi kelompok marginal (misalnya Siang Sebrang Istana, Lonteku), atau berencana besar yang melanda Indonesia (atau kadang-kadang diluar Indonesia, seperti Ethopia) mendominasi tema lagu yang dibawakannya. Namun, Iwan Fals tidak hanya menyanyikan lagu ciptaannya sendiri tetapi juga sejumlah pencipta lain.

6. juga sempat aktif di kegiatan olahraga,pernah meraih gelar Juara II Karate Tingkat Nasional dan Juara IV Karate Tingkat Nasional 1989, sempat masuk pelatnas dan melatih karate di kampusnya, STP (Sekolah Tinggi Publisistik). Iwan juga sempat menjadi kolumnis di beberapa tabloid olahraga. Kharisma seseorang Iwan fals sangat besar, dia sangat dipuja oleh kaum ‘akar rumput’. Kesederhanaannya menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar diseluruh Nusantara. Para penggemar fanatik Iwan Fals bahkan mendirikan sebuah yayasan pada tanggal 16 Agustus 1999 yang disebut Yayasan Orang Indonesia atau dikenal dengan OI. Hingga sekarang kantor cabang Oi dapat ditemui di setiap penjuru nusantara dan beberapa bahkan sampai ke mancanegara.
7. Sepanjang karirnya selama 20 tahun di dunia musik ia telah terbukti memiliki kelompok penggemar khusus yang dekat dengan kemiskinannya,ketidakadilan dan pengangguran. Nama besar yang disandangnya saat ini dicapainya setelah melalui jalan penuh krikil dan berdebu dibawah hujan dan terik matahari dalam komunitas ‘pengamen jalanan’. Pria yang diberikan julukan “Pahlawan Besar Asia” menurut majalah Time Asia edisi 29 April 2002. Di samping itu juga Iwan Fals sering kai mendapatkan penghargaan .
Daftar penghargaan yang pernah diterima Iwan Fals :
1.    Juara harapan Lomba Musik Humor -1979
2.    Juara I Festival Musik Country -1980
3.    Gold record, lagu ‘Oemar Bakri’, PT. Musica Studio’s
4.    Silver record, penyanyi dan pencipta lagu ‘ethopia’
5.    Prestasi artis HDX 1987-1988
6.    Penyanyi pujaan, BASF, 1989
7.    The best selling, album ‘Mata Dewa’ 1988-1989
8.    Penyanyi rekaman pria terbaik, BASF award XI, 18 April 1996
9.    Penyanyi solo terbaik, Anurah Musik Indonesia 1996
10. Present This Certificate To Iwan Fals In Recognition Of the Contribution To Cultural Exchange Betwen Korea and Indonesia, 25 September 1999
11. Penyanyi solo terbaik, AMI Sharp Award -2000
12. Video klip lagu ‘Entah’, periode VIII -2000/2001
13. Triple Platinum Award, Album ‘Best Of The Best’ –juni 2002
14. 6th AMI Sharp Award, album terbaik
15. 6th AMI Sharp Award, artis solo/duo/grup terbaik
16.  Video klip terbaik edisi –juli 2002 lagu ‘Kupu-kupu Hitam Putih’
17. Penghargaan album ‘In collaboration With’, angka penjualan diatas 150.000 unit –juni 2003
18. Triple Platinum Award, penjualan diatas 450.000 unit –November2003
19. 7th AMI Award 2003, ‘Legenda Award’
20. 7th AMI Award 2003, ‘Penyanyi Solo Pria Pop Terbaik’
21. Penghargaan MTV Indonesia 2003
22. SCTV Music Award 2004, ‘Penyanyi Pop Ngetop’
23. SCTV Music Award 2005, ‘album Ngetop’
24. Anugrah Planet Muzik 2004
25. Generasi Biang Extra Joss 2004
26. 8th AMI Samsung Award
27. SCTV Music Award 2005, ‘Album Pop Solo Ngetop’
28. With The Compliment Of Metro TV
29. Partisipan dalam acara konser salam lebaran 2005, PT. Gudang Garam Indonesia

8. Pada bulan April tahun 1984 Iwan Fals harus berurusan dengan aparat keamanan dan sempat ditahan dan diinterogasi selama 2 minggu gara-gara menyanyikan lirik lagu Demokrasi Nasi dan Pola sederhana juga Mbak Tini pada sebuah konser di Pekanbaru. Sejak kejadian itu, Iwan Fals dan keluarganya sering diteror. Hanya  segelintir fans fanatik Iwan Fals yang masih menyimpan rekaman lagu-lagu ini, dan  sekarang menjadi koleksi yang sangat berharga.

9. Kharisma seorang Iwan Fals sangat besar. Dia sangat dipuja oleh kaum akar     rumput. Kesederhanaannya menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar di seluruh Nusantara. Dari dulu hingga sekarang namanya masih dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Itulah yang menjadikan Iwan Fals dianggap menjadi musisi   legendaris Indonesia.


Diakses pada sabtu, 3 Desember 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar