Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan : Musisi Muda Bertalenta

Disusun oleh : Inge Adhitia Ayuningtias


  1. Iqbaal adalah salah satu grup vocal CJR. Nama lengkapnya adalah Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan sering dipanggil Ale sama teh ody (kakaknya). Iqbaal merupakan actor dan penyayi kebangsaan Indonesia, nama fans (penggemarnya) bernama SONIQ (Sobatnya Iqbaal). Saat iqbaal kelas 3 sd pernah jatuh dari sepeda hingga nangis selama 6 jam dan pernah ngambek /kesal karena kebanyakan orang menulis namanya dengan menggunakan huruf “a” nya satu padahal sebenarnya huruf “a” nya ada dua. Dan tak lupa juga sesibuk-sibuknya iqbaal, ia tetap menunaikan ibadah sholat 5 waktu dan sejak iqbaal berusia 8 tahun ia sudah hatam al-qur’an.
  2. Iqbaal anak dari Rike Dhamayanti (ibunya) dan Heri Hermawan (ayahnya). Ia anak kedua dari dua saudara yang mempunyai kakak perempuannya bernama Fildza Hasnamudhia yang sering dipanggil teh ody oleh iqbaal. Ia dari kalangan keluarga yang sederhana karena orang tuanya adalah seorang pegawai.
  3. Iqbaal pernah bersekolah di Al-izzah yang letaknya di sorong Papua mulai dari status taman kanak-kanak (TK) sampai sekolahdasar (SD). Namun pada tahun 2007-2012 ia pindah kesekolah di Global Islamic School condet dengan status sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas (SMA), dan sekarang ia bersekolah di Armand Hammer United Word College, New York meksiko, Amerika Serikat.
  4. Iqbaal mempunyai grop vocal pria, CJR yang dulunya sebelum tanggal 23 februari 2014 bernama Coboy Junior. Ia pertama kali terjun ke dunia entertainment ketika terpilih untuk memerankan Trapani dalam musical lascar pelangi di tahun 2010. Karirnya didunia acting terus berlanjut ketika di tahun 2010 iqbaal bermain di garapan Rudi Soerjarwo berjudul 5 Elang. Keterlibatanya dalam drama musical lascar pelangi mempertemukan iqbaal dengan bastian,aldi,dan kiki. Bersama ketiga temannya iqbaal menerima tawaran Patrick effendi untuk membentuk boy band cilik bernama coboy junior di tahun 2011. Seiring berjalannya waktu salah satu dari anggota coboy junior yaitu bastian megundurkan diri dari coboy junior, sementara iqbaal, aldi, kiki dan Patrick effendi (produser) menerima keputusan bastian dengan berat hati, lalu iqbal, aldi, dan kiki kini sudah tak lagi bersama bastian namun kak Patrick effendi mengubah nama boyband mereka menjadi CJR yang beranggotakan Iqbaal, Aldi, dan Kiki. Dan ketika iqbaal memilih bersekolah di negeri paman sam selama 6 tahun. Maka kiki dan aldi harus menerima keputusan iqbaal dengan berat hati, tak masalah bagi kiki dan aldi karena iqbaal meninggalkan mereka demi melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Aldi dan kiki pun tahu kalau memang iqbaal lebih mengutamakan pendidikan dari padahal lainnya kecuali beribadah. Jadi saat ini CJR sementara waktu vakum hingga iqbaal kembali bersamanya.
  5. Iqbaal pernah ranking 1 di sekolahnya serta juara 1 try out sekabupaten. Iqbaal menjadi atlet taekwondo dengan 7 medali emas dan 1 medali perunggu yang pernah ia raih. Pada saat iqbaal bersama grup vocal nya sering membawa pulang penghargaan dengan berbagai macam nominasi dan iqbaal secara personal pernah mendapatkan penghargaan dengan nominasi artis cilik terfavorit pada acara Panasonic Gobel Award pada tahun 2013 serta iqbaal selain berkarya bersama CJR sudah menghasilkan dua mini album yaitu songs for soniq (2013) dan songs for soniq II (2014). Baru-baru ini iqbaal menuliskan sebuah lagu baru yang berjudul semesta yang akan direncanakan dirilis dalam mini album songs for soniq II pada tahun 2016.
  6. Saat bersama boyband ciliknya seorang pengacara yang bernama farhat abass memfitnah boyband mereka dengan memfitnah salah satu dari anggota coboy junior yaitu bastian yang telah mencium seorang remaja yang sebaya dengannya sehingga terjadi gossip bahwa boyband yang telah membangun nama mereka telah bubar dan terdengar sampai ketelinga fans coboy junior yaitu commate yang membuat para fans nya kecewa dengan mendengar gossip tersebut. Sehingga bastian mengklasifikasi masalah tersebut dengan membicarakan dengan sejujur-jujurnya bahwa bastian hanya mencium adik sepupu perempuannya sendiri sehingga masalah tersebut selesai sampai tuntas dan coboy junior tidak akan pernah bubar. Dan saat bulan ramadhan iqbaal mengalami kecelakaan usai solat subuh di kawasan bintara, bekasi, jawa barat senin 22 juni 2015 sehingga membuat para fans nya merasa kecewa dengan keadaan iqbaal.
  7. Iqbaal adalah seorang pria yang baik dan tidak sombong kepada para fans nya sehingga iqbaal sering membalas mention para fans nya dengan bantuan teh ody serta pintar atau pandai dalam segala bidang pelajaran dan sesibuk apapun jadwal performen iqbaal, ia tetap melaksanakan solat 5 waktu lalu sering hatam al-qur’an karena iqbaal mempunyai pegangan agama yang erat.



Daftar pustaka



Diakses pada Desember 2016

2 komentar:

  1. Biografinya memberi banyak inspirasi bagi saya sendiri, karena sebagai seorang pelajar kita harus bisa belajar dengan sungguh sungguh untuk masa depan. Keren....

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus