Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Lee Jong Suk – Aktor Ramah yang Rasional dan Objektif

 Disusun oleh : Deina Perihastuti





1.    Nama lengkap yaitu Lee Jong Suk, Lahir di Suwon, Provinsi Yong-in, 14 September 1989, Korea Selatan. Anak sulung dari dua orang adik cewek dan cowok. Tinggi badannya 186 cm, berat badan sekisaran 63-71 kg. Lee Jong Suk sedari kecil mempunyai sifat pemalu dan pendiam. Gara-gara sifat pemalunya ini, Jong Suk akan memilih melewati jalan sepi. Ayah Jong Suk bersikap keras pada Jong Suk. Itu lantaran Jong Suk anak tertua, yang punya sifat pemalu dan pendiam. Sejak umur 6 tahun, Jong suk dipaksa ikut berbagai kegiatan. Mulai dari piano, taekwondo, menggambar, hingga catur.

2.    Jong Suk pernah cidera di bagian ligament waktu latihan taekwondo. Ketika dirawat, ayahnya sempat berjanji takkan memaksa Jong Suk belajar lagi. Tapi janji tinggalah janji, sebab ayahnya ingkar. Selama dua tahun, mulai umur 7 sampai 9 tahun, Jong Suk belajar Taekwondo. Karena sifat keras ayahnya, Jong Suk takut melihat kamar ayahnya, hingga kini. Jong Suk tak dekat dengan keluarganya. Karena sudah sedari dini pisah. Hubungan terhadap dua adiknya, terutama adik perempuannya, jadi kikuk. Waktu sekolah sifat pemalu Jong Suk sangat akut. Dia tak berani mengangkat tangannya saat presentasi. Bahkan sampai sekarang masih suka takut. Gara-gara sifat pemalunya juga dia akan merasa gugup saat pelayan menungguinya memesan makanan. Dengan begitu Jong Suk akan memilih makanan secara random.

3.    Jong Suk bersekolah saat sekolah dasar di Yongdong Middle School, lalu dia melanjutkan pendidikan sekolah menengah pertama di Yong Ma Elementary School. Saat Jong Suk sudah beranjak ke pendidikan Sekolah Menengah Atas di National High School of Tradisional Arts kemudia ia pindah ke Yangjae High School. Sekarang Jong Suk kuliah di Konkuk University, Korea Selatan, di jurusan Profesional Motion Pictures Seni.

4.    Pada usia muda 15, Lee Jong-suk memulai karir modeling-nya di Seoul Collection pada tahun 2005, membuatnya termuda dan paling banyak dibicarakan laki-laki Model untuk debut di Program Seoul Collection Seoul Fashion Week. Sejak itu ia telah berjalan di sejumlah fashion show yang diselenggarakan oleh banyak merek top di Korea, membual portofolio pemodelan yang luas. Lee kemudian dilatih sebagai anggota grup idola selama tiga bulan, dan telah ditandatangani pada dengan agen untuk debut. Namun, ia berhenti setelah lembaga itu melanggar janji mereka memulai debutnya Lee sebagai aktor.

5.    Jong Suk kemudian mengambil bagian dalam pemilihan untuk aktor di SBS stasiun TV ketika ia berada di sekolah menengah. Pada tahun 2010, Lee membuat debut aktingnya resminya di serial TV Korea Selatan berjudul Prosecutor Princess . Pada tahun yang sama ia memiliki peran pendukung dalam drama populer Secret Garden. Lee juga membuat nya -layar besar debutnya di Ghost film horor. Pada tahun 2011, Lee muncul di MBC 's sitkom High Kick Season 3. Pada tahun 2012, Lee membintangi film R2B: Return 2 Base, sebuah remake longgar kritis diakui film 1986 Top Gun . Ini adalah film penerbangan pertama Lee, dan ia memainkan peran penting sebagai bagian dari tim F-15K pilot.

6.    2013 menjadi tahun pelarian Lee berkat peran utama pertamanya sebagai siswa SMA Go Nam-soon, dalam drama remaja School 2013. Menyusul keberhasilan School 2013, Lee membintangi populer dan diakui drama I Can Hear Your Voice dengan Lee Bo-young. Lee juga menjadi aktor utama dalam film No Breathing dengan Seo In-guk dan Kwon Yuri dari Girls 'Generation. Dia juga memiliki peran pendukung sebagai Nae-gyeong di box office hit The Face Reader. Pada tahun 2014, ia membintangi film Hot Young Bloods dengan Park Bo-young. Lee juga mengambil peran utama dalam drama medis popular, yaitu drama Doctor Strangers. Pada tanggal 11 September, Lee dikonfirmasi untuk membintangi Pinocchio berlawanan aktris Park Shin-hye.

7.    Pada bulan Desember 2015, Lee meninggalkan Agency sebelumnya nya Wellmade Yedang dan menandatangani kontrak eksklusif dengan YG Entertainment pada 10 Mei, 2016. Pada bulan Juli 2016, Lee kembali ke layar kecil Korea dengan MBC 's film thriller fantasi drama seri W - Dua Dunia bersama Han Hyo-joo sebagai Kang Cheol, karakter fiksi dan tokoh utama dari serial komik populer. Lee juga berperan dalam sebuah drama TV Korea-China berjudul Jade Pecinta bersama dengan aktris Zheng Shuang.  Pada bulan Agustus 2016, Lee Jong-suk dikonfirmasi untuk VIP film, yang akan dirilis pada tahun 2017. Pada tanggal 2 November, tahun 2016 diumumkan bahwa Lee akan membintangi sebuah drama web berjudul First Kiss For The Seventh Time  untuk Lotte Duty Free bersama Lee Joon-gi , Ji Chang-wook , Park Hae-jin , Kai dan Ok Taec-yeon.

8.    Pada tahun 2005 dan 2006 Jong Suk mendapatkan penghargaan South Korean Superstar Selection Competition dan SMART Model Contest karena kepiawannya di dunia model. Berkat peran utama pertamanya sebagai siswa SMA Go Nam-soon, dalam drama remaja School 2013. Lee Jong Suk menerima penghargaan akting pertamanya untuk peran di 2012 Awards KBS Drama dalam kategori Best Aktor yang baru. I Can Hear Your Voice memberi Lee Jong Suk pengakuan yang luar biasa, dan menjadi karyanya yang paling terkenal sampai saat ini. Dia menerima Excellence Award dalam kategori laki-laki di Korea Drama Awards untuk kinerja aktingnya dalam drama serta Best Couple pemberian bersama dengan lawan mainnya Lee Bo-young.  Pada tahun yang sama pun Lee Jong Suk menerima penghargaan 9th Asia Model Festival Awards pada kategori Model Star Award. Pada tahun 2014, ia membintangi film Hot Young Bloods dengan Park Bo-young - yang mengumpulkan dia nominasi untuk Best Popular Actor di kategori film di 50 Baeksang Arts Awards.

9.    Berkat popularitas Lee Jong Suk, hak online streaming untuk drama Doctor Strangers yang dijual untuk $ 80.000 per episode di Cina. Selanjutnya, drama itu dibuat tersedia untuk online streaming pada kedua Youku dan Tudou di mana ia menerima 330 juta dan 50 juta tampilan masing-masing. I Can Hear Your Voice, juga melampaui 350 juta views di Youku per Juli 2014 di Cina. Pinocchio terbukti menjadi proyek terbesar Lee dalam karirnya , mengumpulkan ₩ 6200000000 (US $ 5.620.000) hanya dalam satu tahun, dengan harga ekspor dibayar untuk satu episode menjadi $ 280.000. Karena harga memecahkan rekor nya, "Pinocchio" menjadi yang paling banyak dicari kata pada portal pencarian Cina.

10. Penampilannya bertindak Pinocchio juga diakui di 27 Grimae Awards, sebuah penghargaan terhormat dipilih oleh direksi di setiap stasiun penyiaran di Korea.Lee menjadi aktor termuda yang bernama Top Excellent Award dan SBS Spesial Award pada Penghargaan Grimae. Lee juga memenangkan penghargaan Most Popular Actor di 51Baeksang Arts Awards karena popularitasnya meningkat. Pada tahun 2015 Lee Jong Suk mendapatkan penghargaan Prime Minister Award di acara 6th Korean Popular Culture & Arts Award. Karena keberhasilan Lee di China, patung lilin dari Lee Jong Suk dan dipamerkan di Hong Kong Madame Tussauds , yang aktor meluncurkan dirinya dalam suatu upacara. Dia adalah Korea keempat yang patung lilin dipasang di museum setelah aktor Bae Yong-joon , Lee Min-ho dan Kim Soo-hyun.

11.  Ketika berkecimpung di dunia showbiz, kedua orang tua tak dukung Jong Suk. Mereka malah menyarankan Jong Suk masuk wamil selepas SMA. Kini? Mereka sangat mendukung keputusan Jong Suk. Bahkan, ayahnya tak segan-segan memasang foto Jong Suk di kantor. Waktu melihatnya Jong Suk sempat mengaku menitikkan air mata haru. Pernah Jong Suk dikritik sunbae-nya. Hal ini begitu membekas. Sehingga dia sampai tak bisa berkata apa-apa waktu ada wawancara. Jong Suk tipe orang yang tak mudah berhubungan sosial. Sekali mendapatkan, dia akan berteman lama dengan orang tersebut. Sampai-sampai, dia akan tiap hari mengiriminya sms.
                                                                                                      
12. Aktor yang mengubah pikiran Jong Suk untuk menjadi aktor adalah Kang Dong Won. Yang paling diingat oleh Jong Suk adalah senyumnya di film Temptation of Wolves. Setelah itu, Jong Suk masuk ke manajemen artis. Tapi dia justru diarahkan menjadi model. Pindah ke manajemen lain, lagi-lagi Jong Suk diarahkan bukan sebagai aktor melainkan sebagai idol. Tiga bulan training, Jong Suk kabur dan masuk ke manajemen lain yang menjadikannya aktor sampai sekarang. Jong Suk sempat training di SM Entertainment. Saat ini Lee Jong Suk berada di YG Entertainment yang membawa dirinya sampai Lee Jong Suk sesukses dan seterkenal ini.

13. Lee Jong Suk layak menjadi tokoh idola karena mempunyai sifat yang ramah kepada fansnya walaupun saat kecilnya Jong Suk mempunyai sifat pemalu dan pendiam. Jong Suk telah mengatasi sifat pemalu dan pendiamnya itu Ia terus berjuang untuk mencapai cita-citanya menjadi aktor sampai dulu ia dididik keras oleh ayahnya. Tetapi ia tetap sayang kepada ayahnya sampai saat ini. Jong Suk apabila di luar dunia aktingnya dia sangat ramah sekali pada yang lainnya tetapi bila Jong Suk sudah bermain film Jong Suk akan berubah 180 derajat menjadi karakter di film tersebut. Dia mempunyai keahlian yang sangat hebat dalam aktingnya yang mengantarkannya menjadi seorang aktor yang sukses dan dikenal banyak orang.

Daftar Pustaka :


(Diakses Pada 25 November 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar