Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

ADELE LAURIE BLUE ADKINS : Penyanyi bersuara Emas

Disusun oleh : Vellicya Oktavani



1.   Adele Laurie Blue Adkins lahir pada 5 Mei 1988 di Tottenham, London dari pasangan Penny Adkins dan Mark Evans. Evans pergi meninggalkan Adele saat ia berusia dua tahun dan membiarkan ibunya membesarkan Adele seorang diri. Ia mulai bernyanyi pada usia empat tahun dan sejak itu ia menjadi jatuh cinta dengan dunia tarik suara. Adele lebih suka melewatkan masa kanak-kanaknya dengan bernyanyi daripada membaca; buku terakhir yang ia baca adalah Matilda karya Roald Dahl saat ia berusia enam tahun.

2.   Pada tahun 1997 ketika berusia sembilan tahun, Adele dan ibunya yang saat itu telah bekerja sebagai pembuat furnitur, pindah ke Brighton di pesisir selatan Inggris. Dua tahun kemudian pada tahun 1999, ia dan ibunya kembali ke London; pertama ke Brixton lalu ke West Norwood di selatan London.West Norwood adalah tempat inspirasi rekaman pertama Adele, "Hometown Glory", yang ditulis ketika ia berusia 16 tahun pada tahun 2004.

3.    Adele lulus dari BRIT School di Croydon pada Mei 2006 dan merupakan teman sekelas dari Leona Lewis dan Jessie J. Ia menyatakan bahwa sekolahnya tersebut telah membantunya dalam mengembangkan dan mengasah bakatnya, meskipun saat itu ia lebih tertarik dalam bidang A&R dan berharap dapat membantu orang-orang menjual rekaman mereka.

4.   Pada Januari 2012, Adele dikabarkan menjalin cinta dengan seorang pemilik lembaga amal bernama Simon Konecki sejak musim panas 2011. Pada Juni 2012, Adele mengumumkan bahwa ia dan Konecki tengah menanti kehadiran anak pertama mereka. Putra mereka, Angelo, lahir pada 19 Oktober 2012. Setelah kehadiran anak dan menjadi seorang ibu, Adele pun "merasa benar-benar hidup. Saya jadi punya tujuan hidup dimana sebelumnya tidak."

5.   Adele dan Konecki melalui kuasa hukumnya pernah menggugat pihak agensi foto ke ranah hukum karena mempublikasikan jepretan paparazi putra mereka yang diambil tanpa izin saat sedang berkreasi pada tahun 2013 silam. Pada Juli 2014, agensi foto menawarkan ganti rugi senilai ratusan ribu poundsterling atau setara miliaran rupiah. Agensi foto ini juga setuju untuk tidak menggunakan foto tersebut pada masa mendatang.

6.    Dia berhasil merilis debutnya dengan titel 19. Album debut tersebut sukses di pasaran dan berhasil meraih 4 platinum di Inggris. Akhirnya karirnya pun melesat tajam dan membawa namanya hingga ke USA. Album kedua, berjudul 21 dirilis pada 24 januari 2011. Album ini juga sukses di pasaran dan membawanya pada berbagai penghargaan dan apresiasi musik.

7.  Pada 27 Agustus 2015, Billboard mengabarkan bahwa label Adele, XL Recordings, bermaksud untuk merilis album studio ketiga Adele pada November 2015. Dalam album terbarunya, Adele bekerjasama dengan banyak musisi yakni Danger Mouse, Max Martin, Ryan Tedder dari One Republic serta penyanyi Kanada, Tobias Jesso Jr. Saat di Festival Film Venice ke-72 pada awal September 2015, Sia mengumumkan bahwa singel terbarunya yang berjudul "Alive" ikut ditulis oleh Adele dan awalnya ditujukan untuk album ketiga Adele.

8.   Pada 27 November, 25 debut pada posisi nomor 1 di UK Albums Chart dan menjadi album dengan penjualan terlaris dalam sejarah tangga album Britania Raya dengan penjualan sebanyak 800.000 keping hanya dalam waktu seminggu setelah 25 dirilis ke pasaran. Album ini debut pada posisi nomor 1 di Amerika Serikat dengan penjualan sebanyak 3,38 juta kopi dalam pekan pertama dirilis. Ini merupakan angka penjualan pekan pertama terbanyak sepanjang sejarah Amerika Serikat.

9.    Album 25 juga memecahkan rekor penjualan pekan pertama terbanyak di Kanada dan Selandia Baru. Album ini akhirnya menjadi album terlaris tahun 2015 di dunia dengan penjualan 17,4 juta kopi pada tahun itu saja dan sejak saat itu telah terjual sebanyak 19 juta kopi di seluruh dunia.

10. Saat Penghargaan Grammy ke-51 pada tahun 2009, Adele memenangkan penghargaan dalam kategori Artis Pendatang Baru Terbaik dan Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik. Ia juga dinominasikan dalam kategori Rekaman Terbaik Tahun Ini dan Lagu Terbaik Tahun Ini. Pada tahun yang sama, Adele juga menerima tiga nominasi di Brit Awards dalam kategori Best British Female, Best British Single dan Best British Breakthrough Act.

11. Pada Februari 2012, Adele berada di urutan kelima dalam daftar 100 Wanita Terhebat dalam Musik menurut versi VH1. Pada April 2012, majalah Amerika, Time menyebutnya sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia. Majalah People menobatkan Adele sebagai salah satu wanita tercantik yang mencakup semua umur pada tahun 2012 (2012 Most Beautiful at Every Age). Pada 30 April 2012, sebuah tribut untuk Adele digelar di (Le) Poisson Rouge di New York City yang bertajuk Broadway Sings Adele dan dibintangi oleh berbagai aktor Broadway, salah satunya adalah Matt Doyle.

12. Pada Juli 2012, Adele berada di urutan keenam dalam daftar artis di bawah usia 30 tahun yang berpenghasilan tertinggi versi majalah Forbes dengan pendapatan sebesar £23 juta (setara dengan $35 juta) antara Mei 2011 hingga Mei 2012. Pada akhir minggu 3 Maret 2012, Adele menjadi penyanyi wanita pertama dalam sejarah Billboard Hot 100 yang tiga singelnya berhasil masuk top 10 secara bersamaan dan penyanyi wanita pertama yang secara bersamaan memiliki dua album yang bertengger di lima teratas Billboard 200 dan dua singel di lima teratas Billboard Hot 100.

13. Adele merebut gelar penyanyi muda (di bawah 30 tahun) terkaya di Britania Raya versi Sunday Times Rich List dan berhasil masuk 10 Besar dalam daftar Billboard Music's Top 40 Money Makers. Billboard juga mengumumkan bahwa Adele adalah salah seorang dari empat artis wanita yang memiliki album pada posisi nomor 1 lebih dari 13 minggu (tiga artis lainnya antara lain Judy Garland, Carole King dan Whitney Houston). Pada 6 Maret, 21 berhasil bertahan selama 30 minggu pada posisi nomor 1 di Tangga Album ARIA Australia dan menjadi album yang mampu bertahan pada posisi nomor 1 terlama di Australia sepanjang abad 21 dan merupakan album nomor 1 terlama kedua sepanjang sejarah Australia.

14. Pada Juni 2013, Adele menerima gelar kehormatan Most Excellent Order of the British Empire (MBE) dari Pangeran Charles yang berlangsung di Istana Buckingham pada 19 Desember 2013. Adele dinilai berjasa besar atas kontribusinya membawa nama baik Inggris di dunia musik. Pada Februari 2013, ia ditunjuk sebagai salah satu dari 100 wanita yang dianggap paling berpengaruh di Britania Raya oleh Woman's Hour di BBC Radio 4. Pada April 2016, Adele muncul untuk kedua kalinya dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time.

Sumber :

diakses pada november 2016 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar