Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 02 Desember 2016

ZAYN MALIK : KOLABOLATOR IMPIAN



Disusun oleh : Indah Pertiwi


1.       Zain Javadd Malik atau yang lebih dikenal dengan Zayn Malik. Pria kelahiran 12 Januari 1993 di West Lane Baildon, Bradford, Inggris ini adalah seorang penyanyi dan penulis lagu dari Inggris. Sejak kecil Zayn menyukai kegiatan atau dunia yang berbau hiburan dan seni pertunjukan. Sewaktu kecil, Zayn hiperaktif. Menurut ibunya, ia hiperaktif sehingga sulit diatur. Ayah Zayn bernama Yaser Malik, seorang berdarah campuran Inggris-Pakistan dan ibunya bernama Tricia Brannan Malik berasal dari Inggris asli. Zayn dilahirkan di keluarga yang mayoritas beragama islam. Konon, katanya di keluarga besar Zayn jarang memiliki keturunan laki-laki. Di keluarga inti Zayn saja, ia diapit oleh perempuan-perempuan. Zayn adalah anak kedua dari empat bersaudara, kakak perempuan Zayn bernama Doniya dan ia memiliki dua adik perempuan bernama Waliyha dan Safaa.
2.       Zayn menempuh pendidikan dasarnya di Lower Fields Primary School dan melanjutkan ke Tong High School. Sebelum pibdah kesana, Zayn sudah pindah sekolah dua kali karena ia merasa tidak cocok dengan sekolah-sekolah sebelumnya. Zayn mengikuti GSCE Inggris program setahun lebih awal dan sangat memuaskan, ia mendapat nilai A.
3.       Zayn Malik memulai kariernya pada tahun 2010 saat ia mengikuti event pencarian bakat The X Factor di Inggris. Kala itu, ia memang tak mau mengikuti event tersebut karena ia seorang pemalu. Pada akhirnya, Zayn mau mengikuti audisi itu karena dukungan dari keluarga dan teman-temannya. Namun sayang, belum sempat masuk bke babak final, Zayn harus tersingkir dari panggung karena persaingan yang sanagt ketat. Karena Zayn adalah anak yang berbakat, ada dua juri memutuskan untuk memasukkan Zayn bersama empat peserta lainnya yaitu, Harry Styles, Niall Horan, Liam Payne dan Louis Tomlinson untuk membuat sebuah grup band yang beranggotakan lima  orang dimana grup band tersebut diberi nama One Direction.
4.       One Direction mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat dimana kala itu mereka berhasil mengangkat nama 1D menjadi popular. Selama karier mereka, sudah banyak lagu serta album yang telah dirilis yang membuat mereka terkenal sampai saat ini. Pada bulan Juni 2012, Zayn memposting tweet yang berisikan kalimat syahadat dan itu merupakan deklarasi iman dari seorang muslim. Tweet ini menuai kritik dari beberapa anti-muslim di Eropa dan Amerika, salah satunya Debbie Schlussel “ia menggunakan pengaruhnya untuk menyebarkan agama islam pada para penggemarnya, dan berusaha membuat mereka pindah agama. Itu berbahaya” tulis Debbie dalam blog nya. Sementara itu, Zayn dipuji oleh para muslim di industri hiburan Eropa dan Amerika.
5.       Rabu, 25 Maret 2015, Zayn memutukan untuk keluar dari One Direction dikarenakan ia ingin menjadi pria normal berusia 22 tahun dan jauh dari sorotan media. Setelah keluar dari One Direction, Zayn memutuskan untuk solo karier. Zayn telah bergabung ke salah satu perusahaan pada bulan Juli 2015 bernama RCA Manajement. Saat ini, ia sudah membuat satu album berjudul Mind Of Mine” yang dirilis pada 25 Maret 2016. Salah satu lagu pada album tersebut, yaitu “Pillow Talk” berhasil meduduki posisi pertama dalam UK Singles Chart maupun Billboard Hot 100. Saat ini juga Zayn sudah merilis buku berjudul “Z” yang menceritakan perjalanan kariernya selama masih bergabung dengan One Direction.

6.       Karena Zayn adalah musisi yang berbakat ia pun sering mendapatkan penghargaan, antara lain : New Artist Of The Years pada American Music Awards 2016, Artis Pendatang Baru Terbaik dan Choice Summer Music Star : Male pada Teen Choice Awards, Bravo Otto dan Outstanding Contribution to Music pada The Asian Awards. Selama ia menjadi personil One Direction pun mereka berhasil memenangkan awards sebanyak kurang lebih 245 dari 400 nominasi, yang salah satunya adalah Best International Artist di ARIA Music Awards.

7.       Zayn Malik memiliki sifat penyayang yang sangat luar biasa. Sudah sepantasnya sosok yang berbakat ini diapresiasi. Kepribadian dan perjuangannya dalam dunia hiburan Hollywood perlu diacungi jempol mengingat ia adalah seorang muslim yang berusaha sukses di negeri barat.

Daftar Pustaka
- Buku Zayn Malik After Leaving 1D
- https://id.n.wikipedia.org/wiki/Zayn_Malik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar