Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 03 Desember 2016

Paul Pogba : Long Shooter


Oleh : Dwi Putra Bagus Aldian



     1.    Paul Labile Pogba, yang akrab dipanggil Paul Pogba, lahir di Prancis, Lagny-sur-Marne pada 15 Maret 1993. Masa kecil Pogba banyak terlibat masalah,bahkan ia tidak mengenal takut, dan karena itu dia sering ditakuti oleh teman-temannya. Ia  selalu bermimpi untuk bisa bermain untuk klub Real Madrid, Barelona, Manchester United,dan Arsenal.  Andrea Pirlo, Zinedine Zidane dan Ronaldo Luis Nazario de Lima adalah sosok inspirasi yang bisa mendorong mimpinya agar dapat terwujud. Pogba sejak saat kecil sudah tidak asing lagi dengan dunia sepakbola.

     2. Paul Pogba lahir dari keluarga sepakbola. Ia adalah anak dari pasangan Fassou Antoine Pogba dan Yeo Moriba, ia juga memiliki dua saudara kembar yang bernama Mathias dan Florentin Pogba yang juga merupakan pemain sepakbola.

     3.    Paul Pogba pertama kali menimba ilmu bersama klub kecil Roissy-en-Brie. Ia menimba ilmu di sana dari tahun 1999 hingga 2006. Setahun kemudian, ia menimba ilmu di  Torcy. Selanjutnya ia mengasah bakatnya di Le Havre. Ia berhasil menunjukan kemampuannya dan tercium oleh Manchester United dimana itu adalah salah satu klub impiannya. Pada 2009 ia bergabung ke dalam akademi Manchester United. Selama berseragam Manchester United junior, ia menampilkan perfoma yang gemilang. Ia berhasil mengantarkan Manchester United U-18 masuk ke babak semifinal kompetisi U-18 Liga
Primer Inggris. Ia mencetak tujuh gol dari 21 penampilannya.

     4.    Pada Februari 2011 ia bersama tiga pemain lainnya dipromosikan ke dalam tim utama Manchester United. Dibawah asuhan Sir Alex Ferguson ia kurang mendapatkan waktu bermain. Ia sempat melakoni debut di Liga Primer Inggris dalam llaga melawan Stokr City. Kemudian, ia juga pernah bermain di Liga Europa dalam laga melawan Athleti Bibao. Meski begitu, dia merasa sangat sulit mendapatkan tempat utama di Manchester United. Sampai akhirnya, dia memutuskan untuk hengkang dari Manchester United. Pihak manajemen Manchester United dan Sir Alex Ferguson akhirnya melepaskannya ke Juventus. Pada Juli 2012, ia resmi berseragam Juventus. Dia langsung menunjukan kemampuannya dan menempatkan dirinya manjadi tim inti SI Nyonya Tua. Tak ada satu pun pemain yang dapat menggeser posisinya bersma Andrea Pirlo di lini tengah. Pindahnya Pirlo ke New Yor City membuat Pogba semakin tampil gemilang. Ia menjadi jendral lapangan tengah dan berhasil mencetak 28 gol dari 124 pertandingan bersama Juventus mulai dari tahun 2012 hingga 2016 disemua ajang. Kegemilangan bersama Juventus membuat beberapa klub elit Eropa sangat menginginkan jasanya. Ia diincar beberapa klub elit Eropa, seperti Real Madrid, Manchester United, dan Barcelona. Sampai akhirnya, Manchester United resmi mendapatkan Pogba dengan mahar yang cukup fantastis. Saat ini ia bermain untuk Manchester United dalam asuhan Jose Mourinho.

     5.    Ketika Pogba masih berseragam Juventus. Ia sudah meraih 8 trofi gelar juara. Dia juga berhasil mengantarkan Juventus meraih empat gelar Serie A Italia secara beruntun, dua Coppa Italia,  dua Piala Super Italia, dan Liga Champions UEFA Runner-up. Bersama Timnas Prancis, ia sudah menjuarai Piala Dunia U-20 FIFA, dan Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA Runner-up. Kemampuan yang dimilikinya membuat Pogba meraih banyak prestasi, seperti Bola Emas Piala Dunia U-20 FIFA, Golden Boy, Serie A Team of the Year, Pemain Muda Terbaik Piala Dunia FIFA, Penghargaan Bravo, UEFA Team of the Year, FIFA FIFPro World XI, dan Pengumpan gol terbanyak Serie A.
     
      6.    Paul Pogba adalah salah satu pesepakbola profesional di dunia. Ia bisa dikatakan sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Dia seorang pekerja keras, agar mimpinya dapat tercapai dan hasilnya dia mendapatkan banyak penghargaan karena kerja kerasnya sendiri sebagai seorang gelandang profesional.


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Paul Pogba, http://m9dbet.com/profil/profil-dan-biodata-lengkap-paul-pogba/, http://www88tangkas.net/berita-www88tangkasnet-cerita-masa-kecil-paul-pogba/, dan http//sepakbola.indosport.com/20160809/paul-pogba-anak-buangan-yang-kembali-ke-rumahnya/kisah-karier-paul-pogba-saat-kecil-hingga-masuk-akademi-man-united

Diakses pada Sabtu, 3 Desember 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar