Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 04 Desember 2016

OPRAH WINFREY : PEMANDU TALK SHOW TERBAIK DI DUNIA

Disusun oleh : Angela Christina



1.          Oprah Gail Winfrey lahir di Kosciuko, Mississippi pada tanggal 29 Januari 1954, karena kedua orang tuanya bercerai ia tinggal di pertanian milik neneknya, Hattie Mae selama enam tahun sementara ibunya, Vernita mencari pekerjaan di Amerika utara. Kondisi kehidupannya sangat sederhana, akan tetapi ia selalu mendapat dukungan dan cinta dari neneknya dan komunitas gerejanya. Hidup memasuki bagian terburuk ketika ia pindah ke Milwaukee pada usia 6 tahun mengikuti Ibunya yang bekerja sebagai seorang pembantu rumah tangga. Oprah ditinggalkan sendirian di apartemen untuk waktu yang lama dan mulai mendapatkan pelecehan dari saudara laki-laki dan teman ibunya. Penganiayaan ini terjadi  selama beberapa tahun dan Oprah sangat tertekan dengan keadaan ini hingga sempat berusaha kabur beberapa kali dari rumah. Pada usia empat belas tahun ia tinggal sendiri dan Oprah hamil pada saat berusia remaja akan tetapi mengalami keguguran.

2.            Oprah akhirnya dikirim untuk tinggal bersama ayahnya, Vernon Winfrey dan ibu titirnya Zelma di Tennessee untuk mengurangi beban keuangan yang dialami ibunya. Profesi ayahnya adalah tukang cukur, pemilk toko, anggota dewan kota , dan penjabat gereja. Ayahnya menerapkan aturan yang ketat terhadapnya berupa aturan jam malam dan kewajiban untuk membaca buku setiap minggu.

3.            Awalnya Oprah benci dengan aturan tegas dan harapan tinggi orang tuanya. Tapi, berkat cinta dan perhatian orang tuanya. Oprah pun bangkit. Bukan hanya nilai sekolahnya yang meroket, Oprah juga jadi lebih ramah dan populer daripada sebelumnya. Pada usia 17 tahun, Oprah memenangkan kontes kecantikan Tennessee dan mulai bekerja di sebuah stasiun radio melayani populasi masyarakat Afro-Amerika di Nashville. Ia mendapatkan beasiswa di Tennessee State University tempat ia mendapatkan gelar di bidang Speech Communication and Performing Arts.

4.            Pada tahun 1976, ia pindah ke Baltimore menjadi pembawa acara TV dan pemandu talk show acara People Are Talking. Pada tahun 1984 Oprah diajak bergabung dengan sebuah acara talk show di Chicago bernama AM Chicago. Pada tahun 1986, acara talk show berubah nama menjadi Oprah Winfrey Show dan program tersebut ditayangkan secara nasional. Dengan lebih dari 10 juta pemirsa dan menghasilkan US$125 Juta pada tahun pertamanya, Oprah langsung mengembangkan rumah produksi miliknya yang bernama Harpo Productions dan berhasil mengambil alih Oprah Winfrey Show dari ABC.

5.            Pada tahun 1987 acara Oprah Winfrey Show menerima 3 penghargaan Daytime Emmy Awards. Pada tahun 1996 memulai sebuah klub buku on-air. Buku yang dipilih “Oprah Book Club” menjadi bestseller dalam waktu cepat, membuatnya memiliki kekuatan dalam industri penerbitan serta membuatnya mendapatkan medali emas atas jasanya terhadap buku dan penulis pada tahun 1999. Sebagai tambahan dalam memiliki rumah produksinya sendiri, Oprah adalah rekanan dari Oxygen Media, Inc. dan telah menjadi salah satu dermawan yang terkenal, membuat Oprah Angel Network dan dikenal atas kontribusinya atas pendidikan anak gadis di Afrika. Business Week menyebutnya sebagai dermawan kulit hitam terbaik dalam sejarah Amerika, dengan yayasannya mengumpulkan lebih dari US$ 51 juta untuk berbagai program amal. Pada tahun 2011 Oprah menerima penghargaan Oscar khusus untuk Jean Hersholt Humanitarian Award. Kini Ia menerbitkan O, The Oprah Magazine, dan O at Home. Pada tahun 2003 Oprah Winfrey menjadi wanita Afro-Amerika pertama yang menjadi bilyuner.

6.            Oprah telah mnginspirasi jutaan pemirsa selama bertahun-tahun dengan wawancaranya yang menawan, ceritanya yang mendalam  yang awalnya seorang anak miskin dan kemudian kembali bangkit,  berbagai sumbangan dan semangat dalam kepribadiannya. Dibalik semua yang dimilikinya, Oprah merasa Ia tetap jujur terhadap dirinya sekalipun sudah meraup kesuksesan dalam hidupnya, Oprah Winfrey tidak melupakan komitmennya terhadap kemanusiaan dan perjuangannya dalam mendukung kesetaraannya. Salah satunya adalah dukungannya terhadap kaum minoritas.




Di akses pada tanggal : Jakarta, 20 November 2016
Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar