Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Justin Bieber: Populer Dalam Waktu Singkat Dengan Basis Penggemar Yang Mendunia


Disusun Oleh : Delia Eka Nur Pratiwi




1. Justin Drew Bieber lahir pada 1 Maret 1994 di London, Ontario, Kanada. Usianya 22 tahun. Justin memiliki banyak nama panggilan yaitu Justin, Bieber, JBiebs, dan Jb. Sewaktu bayi mata Bieber warnanya gold, tapi lama-kelamaan menjadi sedikit brown dan sekarang menjadi hazel. Ketika Bieber berusia 8 tahun, ia mengoleksi bungkus permen karet dan permen karet favorite Bieber adalah strawberry. Disaat Bieber berusia 12 tahun, ia membuat kepalanya botak, karena ia tidak ingin temannya yang menderita kanker merasa kesepian.
2. Bieber merupakan anak tunggal dari Jeremy Jack Bieber dan Patricia “Pattie” Mallete. Dimana ibunya berusia 18 tahun saat melahirkan Justin. Pasangan ini berpisah pada saat Justin Bieber berusia 2 tahun. Pattie bekerja di kantor sebagai pegawai berpenghasilan rendah, membesarkan Bieber sebagai ibu tunggal dengan bantuan ibunya Diane, dan ayah tirinya Bruce. Ibunya adalah keturunan perancis. Ayahnya kemudian menikah lagi dengan Erin Bieber dan memiliki anak perempuan, Jazmyn Bieber (lahir 2009) dan anak laki-laki, Jaxon Bieber (lahir 2010).
3. Bieber memasuki Sekolah Dasar berbahasa Perancis di Stratford, Sekolah Katolik Jeanne Sauve. Ia belajar dan di daftarkan sekolah bermain drum oleh ibunya pada umur 4 tahun, belajar piano pada umur 7 tahun, belajar bermain gitar pada umur 10 tahun. Saat di Sekolah Menengah, ia belajar untuk bermain terompet. IPK terakhir Justin Bieber adalah 4.00 dan itu adalah angka sempurna.
4. pada awal tahun 2007, berusia 12 tahun. Bieber menyanyikan lagu Ne-Yo “So Sick” untuk sebuah kompetisi memyanyi lokal di Stratford dan berada di urutan ke dua. Pattie memposting sebuah video penampilannya di YouTube untuk keluarga dan teman-teman mereka agar dapat melihatnya. Ia terus mengUpload video Bieber bernyanyi berbagai lagu R&B, dan popularitas Bieber di situs itu tumbuh. 2008-2010: Awal karier dan My World. Ketika mencari video yang berbeda, Scooter Braun, mantan eksekutif pemasaran So So Def, mengklik salah satu video Bieber pada tahun 2007 tanpa disengaja. Kemudian Braun mendatangi teater tempat Bieber tampil, sekolah Bieber, dan akhirnya menghubungi Pattie. Pada usia 13 tahun, Bieber pergi Atlanta, Georgia, dengan Braun untuk merekam kaset demo. Bieber mulai bernyanyi untuk Usher seminggu kemudian. Braun menjadi Manajer Bieber pada tahun 2008. Single pertama Bieber “One Time”, dirilis ke radio sementara Bieber masih merekam album debutnya. Kemudian memuncak di nomor 17 pada Billboard Hot 100. Selama musim gugur 2009, lagu ini sukses di pasar internasional. Lagu ini disertifikasi Platinum di Kanada dan Amerika Serikat dan Emas di Australia dan Selandia Baru. Album pertamanya yang di rilis adalah sebuah extended play berjudul My World, di rillis pada tanggal 17 November 2009. “One Less Lonely Girl” kemudian juga di rillis ke radio dan berada di tangga lagu lima belas besar Kanada dan Amerika serikat, yang di Sertifikasi Emas. My World akhirnya di sertifikasi di AS dan Double Platinum di Kanada dan Britania Raya. Bieber memyanyikan lagu Stevie Wonder Someday at Christmast untuk Presiden AS Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama di Gedung Putih di acara Chrismast in Washington, yang disiarkan pada tanggal 20 desember 2009, di jaringan televise AS.TNT. Bieber diundang untuk menjadi vokalis untuk remake dari lagu “We Are the World” (lagu yang di tulis Michael Jackson dan Lionel Richie) untuk ulang tahun ke-25 pemanfaatan Haiti 2010. Bieber menyayikan bagian pembuka, yang dinyanyikan oleh Lionel Richie dalam versi asli. Pada tanggal 12 Maret 2010, sebuah versi dari lagu K’naan “Wavin’ Flag” di rekam oleh musisi Kanada Kolektif yang di kenal sebagai Young Artists for Haiti di rilis. Bieber menjadi bagian dari lagu itu, menyayikan bagian terakhir. Kepopuleran Justin Bieber diseluruh dunia dalam waktu singkat di kenal sebagai “BIEBER FEVER” (Demam Bieber) dimana julukan ini diberikan pada penggemarnya dengan obsesi yang berlebihan terhadap Justin Bieber. Banyak artis yang mengalami “Demam Bieber” di antaranya Jennifer Love Hewitt, dan Beyonce, diperingatkan agar hati-hati oleh suaminya Jay-z, saat berfoto dengan Justin Bieber pada penghargaan Grammy ke 52. Kepopuleran dengan basis penggemar mendunia, disebut sebagai “Beliebers”.
5. 2010-2011: My World 2.0 dan Never Say Never. Pada bulan januari 2010, “Baby” dirilis dari debut albumnya, My World 2.0. lagu ini menampilkan Ludacris, dan menjadi hit internasional. Berada di tangga lagu nomor lima di AS Billboard Hot 100, dan memuncak pada nomor tiga di Canadian Hot 100 dan mencapai sepuluh besar di beberapa pasar internasional. Dua single promo “Never Let You Go” dan “U Smile” tiga puluh besar hits di US Hot 100, dan hits dua puluh teratas di Kanada. Ini debut di nomor satu di AS Billboard 200, menjadikan Bieber artis solo pria termuda yang berada di puncak. My World 2.0 juga debut di nomor satu pada Canadian Albums Chart, Irish Albums Chart, Australian Albums Chart, dan New Zealand Albums Chart. Dan mencapai sepuluh besar dari lima belas Negara lain. Single berikutnya “Eenie Meenie”, mencapai sepuluh besar di Inggris dan Australia. Single berikutnya dari My World 2.0, “Somebody to Love”, di rilis pada bulan April 2010. Pada tanggal 23 Juni 2010, Bieber melanjutka tur headlining resmi pertamanya, My World Tour di mulai pada Hartford, Connecticut untuk promosi My World dan My World 2.0. Pada bulan Juli 2010, dilaporkan bahwa Bieber adalah selebriti yang paling di cari di internet. Di bulan yang sama video music untuk “Baby” melampaui Lady Gaga “Bad Romance” untuk menjadi yang paling banyak di lihat dan yang paling tidak di sukai di YouTube. Bieber tampil di Jakarta dalam My World Tournya. Dalam album kedua Bieber, karena pubertas, suaranya lebih dalam daripada di album pertamanya. Beberapa nada yang ku capai di “Baby” tidak bisa Bieber capai lagi. Bieber menjadi bintang tamu di premier CBS drama kejahatan CSI: Crime Scene Investigation, yang ditayangkan pada tanggal 23 september 2010 ia memainkan remaja bermasalah yang dihadapkan dengan keputusan yang sulit dengan saudara satu-satunya yang juga seorang pembom serial. Bieber juga ada dalam episode berikutnya yang tayang pada tanggal 17 februari 2011 dimana karakternya dibunuh. Sebuah bagian film biografi 3D, film konser yang di bintangi Bieber yang berjudul Justun Bieber: Never Say Never, dirilis pada 11 februari 2011, menduduki puncak Box Office dengan gross diperkirakan sebesar 12,4 juta dollar pada hari pembukaan dari 3.105 bioskop. Ini meraup 30.300.000 dollar pada akhir pecan. Pendapatan kotor Never Say Never 98.441.954 dollar di seluruh dunia.pada bulan Juni 2011, Bieber menduduki peringkat 2 pada daftar Forbes Best-Paid Celebrites under 30. Ia adalah bintang termuda, dan 1 dari 7 musisi dalam daftar, setelah meraup 53.000.000 dollar dalam periode 12 bulan. Pada tanggal 1 November 2011 Bieber merilis Natal bertema Under the Mistletoe, album studio kedua. Ini debut di nomor 1 Billboard 200, terjual 210.000 kopi dalam mingggu pertama rillis.
6. 2012-2015: Believe dan Journals. Pada akhir 2011, Bieber mulai merekam album studio ketiganya, berjudul Believe. Single pertamanya akan berjudul “Boyfriend” dan akan dirilis pada taggal 26 Maret 2012. Lagu ini debut di nomor dua tangga lagu Billboerd Hot 100, total terjual 521.000 unit digital,tertinggi kedua yang pernah debut di minggu penjualan Digital. “Boyfriend” menjadi single pertama Bieber yang pernah mencaai posisi teratas di Canadian Hot 100 dengan memulai debutnya di nomor datu dan berada selama satu minggu. Album di studio ketiganya, Believe di rilis pada 19 Juni 2012, melalui Island Records. Believe debut di nomor satu di Billboard 200, menjadikan album nomor satu keempatnya. Album ini terjual 57.000 kopi dalam minggu pertama di Kanada, memulai debutnya di puncak Canadian Album Chart. Pada tanggal 3 oktober 2013, Bieber mengumumkan bahwa ia akan merilis lagu baru setiap hari senin selama 10 minggu menjelang film Justin Bieber’s Believe, yang memasuki produksi mei 2012 dan dirilis pada 25 Desember 2013. Film ini adalah lanjuta dari Justin Bieber: Never Say Never, dan Jon M.Chu kembali menyutradarainya.
7. 2015-Sekarang: Purpose. Justin Bieber telah merilis album studio keempatnya, Purpose, pada tanggal 13 November 2015. Album tersebut menampilkan single yang berjudul “What Do You Mean?”, “Sorry”, “Love Yourself” dan “Company”. Pada saat album tersebut dirilis, album tersebut telah meraih puncaknya pada posisi pertama di Billboard 200, menjadikan album keenam Bieber untuk debut di puncak chart. Pada tanggal 11 November 2015, Bieber mengumumkan ia akan memulai Purpose Tour. Tur dimulai di Seattle, Washington pada tanggal 9 Maret 2016.
8. Bieber merupakan penyanyi dan penulis lagu muda yang mempunyai banyak prestasi dan karya. Bieber juga seseorang yang pintar, ia memiliki IPK terakhir 4.00 yaitu angka yang sangat sempurna. Bieber banyak meraih prestasi dan penghargaan, seperti Dalam ajang penghargaan bergengsi  American Music Award tahun 2010 Justin Bieber memenangkan penghargaan sebagai Artist OF The Year, Favorite Pop/Rock Male Artist, T-Mobille Break Through Artist, Favorite Pop/Rock Album (My World), tahun 2011 Bieber meraih penghargaan sebagai Favorite Male Artist, Pop Rock Artist Of The Year, tahun 2012 meraih prestasi sebagai Favorite Male Artist Pop Rock, Favorite Album Pop Rock. Dalam ajang penghargaan bergengsi ASCAP Awards pada tahun 2012 Bieber meraih penghargaan Top Box Office Film, tahun 2013 dan 2014 Bieber meraih penghargaan sebagai Most Performed Songs dan masih banyak lagi penghargaan yang ia dapatkan di ajang penghargaan bergengsi. Karyanya ada 5 album yang terdapat puluhan lagu dalam setiap albumnya. Ia juga banyak menciptakan lagu atau menulis lagu, contohnya single Love Yourself yang ia ciptakan khusus untuk mantan kekasihnya Selena Gomez, Be Alright yang ia tulis saat berada di pesawat menuju World Tour  di Indonesia dan mulai merekamnya ketika pesawat sudah mendarat.
9. Bieber memiliki beberapa masalah dengan hukum di seluruh dunia sebelum penangkapan pertamanya pada tahun 2014, termasuk ketika ia dituduh mengemudi sembrono di lingkungannya pada tahun 2012 dan dibebankan Brasil dengan vandalisme pada tahun 2013. Salah satu tetangga Bieber di Calabasas, California menuduh Bieber melemparkan telur di rumahnya pada tanggal 9 Januari 2014 dan menyebabkan ribuan dolar kerusakan..Pada tanggal 23 Januari 2014, Bieber ditangkap di Miami Beach, Florida bersama dengan penyanyi Khalil, karena dicurigai mengemudi di bawah pengaruh (DUI), mengemudi dengan lebih dari enam bulan berakhir lisensi dan menolak menangkap tanpa kekerasan. Polisi mengatakan bahwa Bieber mengatakan kepada pihak berwenang ia mengkonsumsi alkohol, merokok ganja dan dibawa obat resep. Bieber memberikan jaminan $ 2.500. Sebuah laporan toksikologi menunjukkan bahwa Bieber telah mengkonsumsi THC (konstituen utama ganja) dan obat anti-kecemasan Xanax dalam sistem tubuhnya pada saat penangkapannya.
10. Pada tanggal 9 Juli 2014, Bieber didakwa dengan satu hitungan pelanggaran vandalisme di California untuk melempar telur di rumah tetangganya di Calabasas pada bulan Januari. Polisi sebelumnya mengklaim bahwa mereka memiliki rekaman video Bieber tos bersama teman-temannya setelah telur dilemparkan. Dengan Bieber memohon tidak ada sidang untuk biaya, yang Los Angeles County Superior Court menjatuhkan hukuman pada 9 Juli untuk membayar US $ 80.900 di restitusi, melayani dua tahun percobaan, lengkap dua belas minggu kemarahan manajemen dan lima hari pelayanan masyarakat seperti yang disebut jaksa penyelesaian yang sudah dinegosiasikan. Bieber telah pindah ke Beverly Hills, California setelah kejadian tersebut.
11. Pada tanggal 13 Agustus 2014, kasus DUI Januari diselesaikan dengan tawar-menawar. Bieber mengaku bersalah untuk melawan petugas tanpa kekerasan dan biaya yang lebih rendah dari mengemudi tanpa hati-hati dan perhatian. Bieber didenda $500 dan dihukum untuk menghadiri baik kursus manajemen kemarahan 12 jam dan program yang mengajarkan tentang dampak mengemudi dalam mabuk pada korban. Juga sebagai bagian dari tawar-menawar pembelaan, Bieber membuat sumbangan 50.000 dolar untuk Our Kids, organisasi amal anak-anak lokal.
12. Pada tanggal 1 September 2014, Bieber ditangkap dan didakwa dengan penyerangan dan mengemudi berbahaya dekat kampung halamannya di Stratford, Ontario setelah tabrakan antara minivan dan kendaraan Bieber pada 29 Agustus. Polisi Ontario menyatakan bahwa Bieber kemudian "terlibat dalam perkelahian fisik" dengan pengendara minivan. Bieber dirilis tak lama dan pengacaranya menyalahkan insiden itu pada "kehadiran yang tidak diinginkan dari paparazi". Pada tanggal 8 September, Toronto menjatuhkan tuduhan penyerangan terhadap Bieber awalnya dibesarkan pada tanggal 29 Januari untuk insiden dengan sopir limusin pada bulan Desember 2013. Pada November 2014, ia diperintahkan untuk muncul di Argentina dalam waktu 60 hari oleh pengadilan Buenos Aires untuk memberikan kesaksian pada serangan yang diduga pada fotografer pada tanggal 9 November 2013.
Isu-isu ini menyebabkan komentar bahwa gambar Bieber telah berubah dari "anak baik" menjadi "anak nakal"  dan dia juga dicap sebagai ""2014's most annoying celebrity".  Bieber juga digambarkan telah sering membuat "berita utama karena gaya hidupnya yang intens" pada tahun 2014.
13. Justin Bieber memiliki sifat rendah hati, sabar, pintar, dan pekerja keras. Walaupun ia sudah sukses namun ia tetap rendah hati. Ia adalah seorang yang sangat dermawan dan perhatian, ia menyisihkan uang hasil kerjanya di dunia Entertainment sebesar $100.000 atau yang setara dengan Rp. 892.000.000 untuk di sumbangkan ke SD Whitney di Las Vegas. Ia juga menyumbangkan uangnya sebesar $10.000 pada Bank Makanan di kota tempat ia di besarkan . ia sangatlah mencintai dan menghargai para penggemarnya. Ia menganggap bahwa penggemarnya adalah kekasihnya dan hanya miliknya dan akan selalu bersamanya. Ia juga sangat mencintai Hattersnya yang ia anggap sangat perhatian dengannya. Ia mengatakan “Aku akan membunuh mereka dengan Kebaikan”. Oleh Karenna itu Justin Bieber layak di jadikan tokoh idola karena sifatnya yang rendah hati, prestasi yang ia peroleh dan kepopulerannya yang mendunia.


Daftar Pustaka :
Diakses 21 November 2016

1 komentar:

  1. Tokoh yang diambil untuk biografi ini menarik dikalangan remaja, tetapi saran saya lebih di ringkas kembali untuk bagian jalan peristiwanya.

    BalasHapus