Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Baden Powel : Bapak Pandu Dunia

Disusun Oleh : Farhan Raka Syaputra








1.    Robert Stephenson Smyth Baden Powell, yang dikenal dengan panggilan akrab BP oleh para pandu. BP lahir pada 22 Februari 1857 di London, Inggris. Masa kecil BP sangat menyenangkan, masa liburan banyak dihabiskannya dengan melakukan ekspedisi pelayaran atau bermain kano dengan saudara-saudaranya. Dia juga pandai bermain piano dan biola, mampu melukis dengan baik serta gemar bermain peran.
2.    Dia anak dari seorang guru besar geometri di Universitas Oxford yang bernama Prof. Domine Baden-Powell. Pada tanggal 11 Juni 1860 ayahnya meninggal ketika BP berusia 3 tahun, ia telah jadi seorang anak yatim. Sehingga dari sejak usia masih sangat muda, BP dituntut untuk dapat hidup mandiri. BP dibesarkan oleh ibunya yang bernama Henrietta Grace Smyth, seorang wanita yang berketatapan bahwa anak-anaknya harus berhasil.
3.    Sejak kecil baden powelldikenal anak yang cerdas, gembira, dan lucu sehingga banyak disukai oleh teman temannya. Disamping itu Baden Powell pun pandai bermain musik ( piano dan blog ), teater,  berenang, berlayar, berkemah, mengarang, dan menggambar. Setamat sekolah di Rose Hill School, Tunbridge Wells, Robert Stephenson ( Baden Powell ) mendapat beasiswa untuk sekolah di Charterhouse.
4.    Setelah dewasa, Baden Powell bergabung dalam ketentaraan Inggris. Beliau sering ditugaskan di luar Inggris seperti bergabung dengan 13th Hussars di India (1876), Dinas khusus di afrika (1895), memimpin pasukan Dragoon V (1897),memimpin resimen di Zulu afrika selatan (1880), Kepala Staff di RhodesiaSelatan (Zimbabwe) tahun 1896, memimpin the mafeking cadet corps di mafeking,Afrika Selatan (1899-1900).
5.    Pengalaman tersebut ditulis dalam buku berjudul ‘’Aids to scouting’’ pada tahun 1899. Buku tersebut laris . melihatnya pengguna buku aids to scouting  baden powell melakukan perkemahan ddi BrownSea island dengan 22 orang lelaki . setelah itu terbitlah buku Scouting for Boys.Semasa hidupnya baden powell mendapatkan gelar kehormatan, termasuk gelar Lord dari raja George pada tahun 1929. Baden powell pun akhirnya aktif menulis beberapa buku seperti, Scouting for boys, The Handbook for the Girl Guides or How Girl Can help to build up the empire (ditulis bersama Agnes Baden Powell ; 1992), The Wolf Cubs Handbook (1916), Aids to scoutmastership (1919), Rovering to success(1922), Scouting Round the Worl (1935),dll.
6.    Ia juga pernah mempertahankan kota Mafeking dari serangan bangsa boer selama 127 hari , meskipun dikepung dia tetap mempertahankannya, The Mafeking cadet corp, hanyalah pasukan pembawa pesan yang tidak berpengalaman menghadapi musuh.
7.    Pada tahun 1931-an Baden powell mulai sakit saktan, dan pada tanggal 8 januari 1941 baden powell pun meninggal dan dimakamkan di St Peter, Nyeri. 

Sumber:
http://www.biografiku.com/2010/07/biografi-robert-baden-powell-bapak.html

http://pramukamadya.blogspot.co.id/2013/09/biografi-robert-stephenson-smyth-baden.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar