Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 02 Desember 2016

Hasri Ainun Besari : WANITA HEBAT INDONESIA



Disusun oleh : Emilia Puspita Sari
 


1)    Hasri Ainun Habibie yang memiliki nama asli Hasri Ainun Besari. Nama Hasri Ainun berasal dari bahasa Arab yang berarti seorang anak yang memiliki mata yang indah. Ia dilahirkan pada tanggal 11 Agustus 1937 Semarang, Jawa Tengah. Ketika remaja Ainun senang sekali berenang dan membuat kulitnya sawo matang.
2)    Hasri Ainun ialah anak keempat dari delapan bersaudara, ayahnya bernama H. Mohammad Besari sedangkan ibunya bernama Sadarmi. Pada tanggal 12 Mei 1962, Ainun disunting oleh BJ. Habibie. Dari pernikahannya Ainun dikarunia dua orang putra; Ilham Akbar danThareq Kemal dan enam orang cucu.
3)    Ainun menyelesaikan pendidikan dasarnya di Bandung. Ia melanjutkan pendidikan di SLTP dan SLTA yang berada di ibukota yang sama. Setelah menamatkan pendidkan di SLTA. Ia pergi ke Jakarta dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia, Ainun mengambil Fakultas Kedokteran dan lulus sebagai dokter pada tahun 1961.
4)    Dengan berbekal ijazah kedokteran dari Fakultas Kedokteran ia diterima bekerja dibagian perawatan anak-anak dirumah sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.
5)    Ainun memiliki kepedulian untuk sesama yang tinggi. Ia mendirikan dan terlibat dalam beberapa yayasan, seperti Bank Mata untuk Penyantun Mata Tunanetra Indonesia (PPMTI)  Ketika suaminya tidak lagi menjadi penjabat. Ainun pernah menjabat Wakil Ketua Dewan Pendiri Yayasan SDM Iptek, selain itu Ainun mendirikan Yayasan Beasiswa Orbit (yayasan amal abadi-orang tua bimbingan terpadu) dengan cabang seluruh Indonesia. Atas dedikasinya, pemerintah memberikan penghargaan tertinggi seperti, Bintang Mahaputra Adipura, Mahaputera Utama pada tanggal 12 Agustus 1982 serta Bintang Mahaputra Adipradana pada tanggal 6 Agustus 1998 penghargaan tersebut ialah penghargaan yang diberikan kepada warga yang memiliki peran besar terhadap Negara.
6)    Ainun bekerja hanya setahun saja dirumah sakit Cipto Mangunkusumo, sampai tahun 1962. Karena setelah Ainun menikah dengan Habibie ia harus ikut dengan suaminya ke Jerman dan meninggalkan pekerjaannya.
7)    Pada tanggal 24 Maret 2010, Ainun masuk kerumah sakit Ludwig-maximilians-universitat klinikum Grohadern, Munchen, Jerman. Ia telah menjalani Sembilan kali operasi dan empat kali dari Sembilan kali operasi merupakan operasi utama. Sisanya operasi eksplorasi. Pukul 17.05 waktu Jerman, hari sabtu tanggal 22 Mei 2010, Hasri Ainun Besari wafat pada usia 72 tahun. Pada tanggal 24 Mei 2010 jenajahnya diberangkatkan dari Jerman dan tiba di Jakarta pada tanggal 25 Mei 2010 dan dimakamkan diTaman Makam Pahlawan Kalibata.
8)    Hasri Ainun Besari memiliki sifat kepedulian sosial yang tinggi, ia perempuan dan ibu yang luar biasa untuk ank-anaknya. Sudah sepantasnya pemerintah memberikan penghargaan yang tinggi untuk dirinya karna semua keterlibatan dan dedikasinya untuk Negara Indonesia.

Sumber  :
http://www.kompasiana.com/sehatihsan/revisi-biografi-ibu-bangsa-hasri-ainun-habibie_54fd653ea33311791550fe10
https://id-id.facebook.com/notes/titikduacom-inspirasi-dan-motivasi-hidup/cinta-ainun-dan-habibie-sudah-bersemi-sejak-mereka-masih-remaja/199832593379058/
https://id.wikipedia.org/wiki/Hasri_Ainun_Besari 
Diakses pada tanggal  20 November 2016.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar