Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 05 Desember 2016

Petr Cech: BIG PETE

DISUSUN OLEH; RIO ALDYANSYAH
1.    Petr Čech Tinggi badannya sekitar 196 cm, panggilan lainnya adalah Cechino atau Big Pete. lahir di Plezen, Cekoslowakia, 20 Mei 1982 umur 34 tahun adalah seorang pemain sepak bola dan profesional asal Republik Ceko yang bermain pada posisi penjaga gawang untuk Arsenal dan tim nasional Republik Ceko.Cech memiliki seorang istri yang juga berkewarganegaraan Ceko yakni Martina Čechová yang menikah pada Juni 2003, atas pernikahannya itu Cech saat ini telah di karuniai anak pertamanya yakni Adela yang lahir 23 Januari 2008 dan anak keduanya Damian lahir pada bukan Juni 2009.

2.    Sepakbola bukan satu-satunya olahraga yang digeluti Cech semasa kecil. Pria asal Republik Ceska itu sebelumnya bermain hoki es sebagai penjaga gawang. Saat mulai bermain sepakbola, Cech justru berperan sebagai gelandang atau sayap kiri. Pada setiap pertandingan bebas di akhir latihan, Petr Cech kerap bermain sebagai penjaga gawang. Peran itu dia jalani karena ingin melihat perbedaan bermain di bawah gawang besar dan gawang kecil di hoki es. Pelatih Petr Cech saat itu kerap melihat dia bermain sebagai penjaga gawang. Suatu ketika, penjaga gawang tim Cech tidak hadir pada suatu pertandingan. Sang pelatih kemudian meminta anak asuhanna untuk menjadi penjaga gawang. Tidak ada seorangpun, termasuk Petr Cech. yang ingin di dalam posisi itu. "Dia menunjuk saya dan berkata, 'Saya pernah melihat kamu beberapa kali di gawang dan kamu lumayan bagus, kamu harus coba. Petr Cech menerima penujukan itu, tapi dengan syarat hanya satu pertandingan. Keesokan harinya, ketia Cech datang untuk mengikuti latihan, pelatih penjaga gawang menarik dia. Pelatih kepala menolak dan tetap memainkan Petr Cech di posisi aslinya. " Ketika saya umur 10 tahun, kaki saya patah dan pemulihannya membutuhkan waktu panjang. Saya tidak bisa berlari dan saya kesakitan untuk beberapa lama". Petr Cech kemudian berganti posisi menjadi penjaga gawang. Cech kemudian menikmati peran itu karena merasa sama saja dengan bermain di possisi non-penjaga gawang. "Peristiwa itu menghadiri perbedaan terbesar dalam hidup saya karena momen itu menentukan saya untuk tetap di bawah mistar gawang," kata Cech.

3.    Bakat Cech sebagai seorang kiper memang sudah terlhiat sejak ia masih berumur 7 tahun, kala itu ia bermain utuk klub FC Viktoria Plezen sebagai salah satu klub kecil di Ceko, ia pun menghasbiskan waktu anak-anaknya sebagai seorang penjaga klub tersebut sampai tahun1999. Akhirnya, ketika baru menginjak remaja, 17 tahun) cech memulai karir remaja nya do llub FK Chmel Blsany, dan pernah bermain selama 27 kali. Bakat Cech dilirik oleh Sparta Praha yang saat itu merupakan salah satu klub besar liga Ceko, akhirnya tahun 2001 kala cech berumur 20 tahun ia direkrut klub tersebut, dan juga sempat bermain selama 27 kali. Ia dibeli dari klub Liga Prancis Rennes pada tahun 2004 seharga 6 Juta Pounds, walaupun hanya 2 tahun disana (2002-2004) Cech berhasil melewati 70 laga, skill Cech pun semakin berkembar, dan kriteria fisik sebaga kipper juga sangat proporsional, dan akjhirnya Chelsea FC, klub besar liga Inggris ini merekrut Cech untuk menjadi Kiper inti di Skuad The Blues itu. Setelah 11 tahun membela Chelsea, Petr Cech memilih untuk bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2015 setelah musim lalu kehilangan tempat sebagai kiper utama Chelsea. Di Arsenal, Cech mendapatkan kontrak jangka panjang dan diyakini akan menjadi kiper nomor satu di The Gunners.Cech mampu menciptakan rekor baru di Premiership yakni 1.025 menit tanpa kebobolan. Namun catatan itu telah berhasil dipatahkan oleh kiper Manchester United, Edwin van der Sar. Čech memperkuat timnas Republik Ceko sejak tahun 2002. Ia tergabung dalam skuat Republik Ceko pada putaran final FIFA 2006, Euro 2008 dan Euro 2012. Hingga bulan Mei 2012, Čech telah mencatatkan 89 kali penampilan untuk timnas Republik Ceko.

4.    Čech adalah salah satu penjaga gawang terbaik di dunia. Ia terpilih sebagai Penjaga Gawang Terbaik Liga Champions UEFA musim kompetisi 2004-05, 2006-07, dan 2007-08. Ia adalah pemegang rekor jumlah pertandingan paling sedikit untuk tak kebobolan paling banyak di Liga Primer Inggris, dengan 100 kali tak kebobolan dalam 180 kali penampilan. Ia terpilih sebagai salah satu dari Penjaga Gawang Terbaik Dunia menurut International Federation of Football History x& Statistics pada tahun 2016 Ia turut andil dalam mengantarkan Chelsea F.C. merebut 2 gelar juara Liga Utama Inggris yaitu pada tahun 2005 dan 2006 kemudian Piala Carling pada tahun 2005.

5.    Čech diharuskan menggunakan helm pengaman yang biasa digunakan para pemain rugby dalam setiap latihan dan pertandingan sepak bola sejak bulan Januari 2007. Hal tersebut disebabkan struktur tulang tengkoraknya yang lemah akibat cedera retak tulang tengkorak yang ia alami setelah kepalanya terkena hantaman lutut kanan Stephen Hunt saat Chelsea bertemu Reading pada 14 Oktober 2006.

6.    Petr Cech dikatakan sebagai salah satu terbaik kiper terbaik di dunia, Dia layak diakui karena dia sudah membuktikan dengan beberapa penghargaan yang dia sudah peroleh salama dia menjadi penjaga gawang professional.

 Daftarpusaka:
https://id.wikipedia.org/wiki/Petr_%C4%8Cech
http://www.bola.net/profile/petr_cech/
http://www.tribunnews.com/superball/2015/08/02/kisah-petr-cech-jadi-kiper-kelas-dunia-berawal-dari-patah-kaki
bolapojok.info/profil-bintang/petr-cech-biografi-lengkap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar