Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 04 Desember 2016

Muzammil Hasballah : Arsitektur Bersuara Merdu


MUZAMMIL HASBALLAH : ARSITEKTUR BERSUARA MERDU
Disusun Oleh Maulana Ikhsan



1.   Muzammil Hasballah, lahir 21 September 1993 di desa Paya Tijue, Gampong Lhang, Kecamatan Pidie, Sigli, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Ia merupakan anakbungsu dari tiga bersaudara dari pasangan Drs H. Hasballah Usman (alm) dan Dra Hj Hasnidar Sulaiman. Ayahnya terakhir kali menjabat Kepala SMA di Pidie. Sedangkan ibundanya guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang kini juga sudah pensiun.Sejak kecil Muzammil tampil apa adanya. Seperti halnya anak lain di usianya, dia juga senang bermain di sawah seperti mencari capung di sawah yang kemudian dibawanya pulang.

2.   Sejakkecil Muzammil sangat disiplin dengan waktu. Muzammil sangat pengertian dan disiplin dalam menjaga waktu apalagi hari mengajinya. Di usia 4 tahun Muzammil sudah belajar mengaji. Saat masih Taman Kanak-kanak (TK) dia sudah selesai/tamat membaca iqra. Sehingga saat masuk MIN Tijue, Muzammil sudah mampu membaca Al-quran. Setelah tamat MIN, Muzammil meneruskan pendidikan ke SMP YPPU Sigli dan kemudian masuk SMA 10 Fajar Harapan di Banda Aceh.

3.   Sejak MIN, SMP, dan SMA Muzammil selalu menjadi juara satu dan mendapat juara umum. Prestasi mulanya diraih waktu masih kelas V MIN ikut MTQ yang waktu itu hanya meraih juara harapan. Lalu ia beberapa kali ikut lomba tahfiz tidak diingat lagi. Ada di antaranya juara II tahfiz 10 juz tahun 2008. Bahkan pernah suatu hari saat Muzammil masih di MIN, Seorang ustaz memberitahukan kepada ibunya bahwa Muzammil sangat pintar mengaji dan suaranya merdu. Sehingga Muzammil kemudian belajar mengaji di Madrasah Ulumul Quran (MUQ) di Tijue. Siang harinya dia bersekolah di SMP YPPU Sigli, sedangkan malamnya mengaji di MUQ. Begitu terus menerus hingga akhirnya dia tidak pernah lepas dari kegiatan menghafal Al-quran.

4.   Selanjutnya, Muzammil melanjutkan sekolahnya ke Institut Teknologi Bandung sebagai Mahasiswa Arsitektur, Ia lulus tahun 2011. Berkat kedisiplinan dan kerja keras itulah, Muzammil tidak hanya berhasil meraih sarjana arsitektur dari kampus terkemuka di Tanah Air, melainkan juga berhasil memikat banyak pihak untuk mendengarkan suara merdunya dalam melantunkan ayat suci Al-quran.

5.  Orang-orang terpikat dengan suara merdu Muzammil. Asal mulanya Muzammil menjadi imam di Masjid Salman, Kompleks Institut Teknologi Bandung (ITB). Waktu itu ia masih kuliah semester satu. Selanjutnya, setelah pertama kali menjadi imam di masjid kampus, ia pun terus dikenal sampai masjid tempat tinggalnya juga membubuh inama Muzammil sebagai salah satu imam shalat tarawih. Aktifitasnya menjadi imam masjid membuat Muzammil tidak bisa pulang kampung lebih awal saat Ramadhan, karena sudah ada jadwal menjadi imam.

6. Selain pintar mengaji, Muzammil Hasballah aktif di media sosial. Follower Instagramnya kini mencapai 12 ribu, sementara subscribe YouTubenya sudah sekitar 1.700-an. Muzammil Hasballah sudah mulai mengunggah video dirinya menjadi imam salat sejak 2012. Namun, baru pada awal 2016 lalu, video unggahannya menggemparkan jagat maya. Karena memiliki suara yang merdu, ia mendapat banyak pujian dari netizen bahkan dari Imam Besar Masjidil Haram Syekh Adel Al kabani. Suara Muzzamil melantunkan ayat suci Al-Quran saat memimpin solat berjamaahlah yang menuai pujian.


Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar