Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Maret 2020

SINAR YANG HILANG

Disusun oleh Shapna Dwi Nurrachma
Judul                        : Dan Hujan pun Berhenti
Penulis                     : Farida Susanty
Penerbit                   : PT Grasindo
Tahun Terbit             : Maret 2007
Tebal Buku               : 322 halaman

Leo Strada adalah seorang anak SMA yang baru saja dipukuli, tiba-tiba saja melihat seorang gadis yang sedang menggantungkan teru-teru bozu (penangkal hujan) di pohon sebelahnya. Saking herannya, Ia tanpa sadar bertanya pada gadis itu tentang apa yang sedang dilakukannya. Dan gadis itu berkata ia melakukannya untuk persiapan bunuh diri.
Sebenarnya Leo ingin melupakannya,dia terlalu peduli  untuk mengurusi orang lain. Setelah kepergian teman wanita pertamanya, Leo memutuskan kabur dari rumahnya karena keadaan dalam keluarganya yang berantakan, Leo sudah tidak peduli lagi pada apapun. Ia seperti seorang badut yang  tampak bahagia selalu, menutupi keantisosialannya yang tersembunyi dalam dirinya. Kebencian dan ketidakpercayaannya pada dunia.
Tapi ternyata Leo benar-benar tidak bisa mengabaikannya. Ia bertemu dengan gadis itu lagi di kamar mandi sekolahnya, saat gadis itu sedang mencoba bunuh diri. Leo awalnya enggan untuk menyelamatkan gadis itu. Tapi setelah percakapan singkat sebelum kematian gadis itu, ternyata sesuatu berjalan di luar rencananya. Gadis itu ternyata mirip dengan Irisnya yang merupakan pacarnya yang pertama, yang meninggal karena kecelakaan tragis.
Disadari atau tidak, di sanalah semuanya berubah. Di sanalah titik balik segala masalah Leo. Yang akan mengorek kembali masa lalunya, maupun masa lalu Spiza. Yang akan mengusik sisi-sisi mereka yang terdalam. Yang membenturkan secara brutal apa-apa yang selama ini mereka percayai. Menghasilkan hubungan "benci-terikat" yang kompleks, yang tidak bisa Leo hindari. Segala rasa sakit, rasa hangat, kasih sayang, kebencian, dan pengkhianatan, mewarnai penuh hubungan rapuh mereka. Baik antara Leo denganSpiza, maupun dengan orang-orang di sekitar mereka. Yang mengubah jalan hidup mereka selamanya.
Dan di atas segalanya, hanya satu yang bisa Leo pegang,yaitu dirinya dan Spiza, adalah orang-orang yang sama-sama tidak bahagia, dan sama-sama membenci hujan. Dan hanya itulah yang bisa mereka mengerti bersama, tanpa bisa dibagi pada dunia.
Novel ini mengajarkan bahwa bagaimanapun situasi yang sedang kita hadapi, susah maupun baik kita harus tetap menjalaninya dan jangan mudah berputus asa. Sehingga kita mendapat pesan, bahwa kita harus menjaga keluarga kita masing-masing agar tidak terjadi perselisihan dan terhindar dari pertengkaran yang mungkin akan terjadi.
Bahasa dalam novel ini  cukup sulit untuk dimengerti diawal ceritanya.
Terdapat kata-kata / bahasa jorok pada percakapan antar tokoh dalam cerita.
Novel ini layak dibaca oleh remaja. Novel ini sangat cocok dibaca oleh orang yang sedang berputus asa agar mereka terinspirasi untuk menjalani hidup dengan penuh semangat seperti Spiza dan Leo. Dengan membaca Novel ini, banyak pesan dan amanat yang boleh anda petik setelah anda membacanya. Mungkin , Novel ini dapat merubah cara pikir anda mengenai arti pentingnya kehidupan.


2 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    6b .

    BalasHapus