Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 08 Desember 2016

Lionel Messi - King Of The Football



Disusun Oleh : Apri Chelia Sakinah


  1. Lionel Andreas Messi atau lebih dikenal sebagai Lionel Messi, ia memiliki julukan diantaranya Si Kutu alias La Pulga, El Messiah (Penyelamat), dan King Leo. Julukan Si Kutu sendiri, diperolehnya dari kakaknya Rodrigo. Hal ini karena postur tubuhnya  yang lebih kecil daripada kawan-kawannya. Messi lahir pada 24 Juni 1987 di Rosario Santa fe Province, Argentina. Sejak usia 5 tahun Messi telah bermain untuk sebuah klub bola asuhan Ayahnya, Grandiola. Lalu pada usia 8 tahun ia memutuskan pindah ke Newell's Old Boys.
  2. Messi merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara, Ayahnya yang bekerja sebagai pekerja pabrik baja bernama Jorge Horacio Messi dan Ibunya yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga bernama Celia Maria. Messi mempunyai 2 kakak laki-laki yaitu Rodrigo dan Matias dan ia pun mempunyai 1 adik perempuan yang bernama Maria Soll.
  3. Sejak usia 5 tahun Messi sudah bermain disebuah klub bola asuhan Ayahnya, Grandiola. Setelah 3 tahun bermain dikub tersebut Messi pun memutuskan pindah ke Newell's Old Boys di usianya yang ke-8 tahun. Tumbuh dan berkembang sebagai anak yang  lincah pada usi 11 tahun Messi didiagnosa mengalami kekurangan hormon pertumbuhan, karena keuangan keluarga yang buruk membuat orang tuanya tidak dapat membayar terapi hormon sebesar 500.000 poundsterling (9 miliar) setiap bulannya. Untuk itu Ayahnya mencari klub bola yang mampu membiayai  pengobatan putranya tersebut, dan beremulah ia dengan Carles Rexach, Direktur klub sepak bola Barcelona (1996). Klub tersebut pun menawari Messi agar pindah ke Spanyol untuk bergabung bersama klu Catalan plus membiayai seluruh biaya terapinya.
  4.  Messi mengawali karir sepak bola profesional pertamanya bersama Barcelona setelah sebelumnya sempat bergabung dengan tim junior Newel's Old Boys. Debutnya bersama Barcelona adalah 2004-2005 dan mencatat rekor sebagai pemain yang paling muda  yang bermain dan mencetak gol di La Liga. Pada musim pertamanya di Barcelona, Messi turut mengantar El Barca menjuarai La Liga, dan musim berikutnya meraih gelar ganda yaitu La Liga dan Liga Champions. Pada musim 2006-2007 Messi mencetak hatrrik ke gawang Real Madrid pada pertandingan 'El Clasio' dan mencetak 24 gol dalam 26 pertandingan. Messi mengalami cidera otot pada paha kanan saat melawan Chelsea di Liga Champions, Maret 2006. Dia pun tak lagi main sampai kompetisi berakhir. setahun setelah cidera, penerus Ronaldinho ini comeback gemilang di laga derby melawan musuh bebuyutan Barcelona, Real Madrid. Musim2011-2012 bisa dibilang masa sebagai masa keemasan Messi, ia tealh mencetak 232 gol sepanajang karirnya mengalahkan pemegang rekor sebelumnya Cesar Rodriguez. Pada tanggal 2 November 2012, Messi menjadi seorang ayah untuk pertama kalinya setelah kelahiran anaknya Thiago, dari seorang istri yang cantik dan juga berasal  dari kampung halamannya Rosario yang bernama Macarena Lemos. Selain karirnya di Barcelona , Messi menunjukan talentannya dalam membela Tim Nasional  sepak bola Argentina sejak tahun 2005 hingga sekarang.
  5. Prestasi yang ia raih yaitu berhasil  mendapatkan penghargaan menjadi Pemain Terbaik Didunia di FIFA Ballon d'Or tahum 2009-2011, Pemain Terbaik UEFA 2011 ( Best player in Europa Award) dan Man of the Match di final Liga Champions 2011. Kemenangannya juga dicapai saat 3 kali memenangkan penghargaan Sepatu Emas yang biasa diberikan untuk pemain terbaik dikancah Eropa. Messi juga mengoleksi penghargaan dari UEFA diantarnya 4 kali Top Skore di Liga Champions (2009-2012). Sedangkan kontribusinya untuk Barclona yakni mengantarkan klub menang 6 trofi La Liga Spanyol, 2 Copa del Rey, 5 gelar juara  Super Copa, serta 4 piala La Liga Champions. Di Tim Nasional Argentina, Messi memenangi gelar juara Piala Dunia Junior 2005 dan pada 2008 menjuarai Olimpiade di Bejing. Bersama Tango Senior, Messi melakoni debutnya pada 17 Agustus 2005 dan menjadi pemain termuda saat berusia 18 tahun 54 hari yang berlaga di Piala Dunia 2006. Tak hanya itu Messi juga Mendirikan Leo Messi Foundation, sebuah badan amal yang mendukung aksesperawatan pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak yang tidak mampu. Ia pun menjadi Duta UNICEF ditujukan untuk mendukung hak-hak anak, ia pun didukung oleh Barcelona.
  6. Bakatnya yang menarik perhatian dunia ewaktu bermain di Tim Nasional sepak bola Argentina Piala Dunia Remaja dan Barcelona  pada tahun 2005. Tubuhnya yang pendek dan gerakannya yang lincah serta bakatnya yang begitu luar biasa membuat dirinya mendapatkan banyak penghargaan. Ia pun dapat dikatakan sebagai pemain bola terbaik saat ini karena bakat dan skill yang ia miliki serta penghargaan yang telah ia dapatkan.

Daftar Pustaka 
biografiku.com
http://www.bola.net/profile/lionel_messi/
http://www.wowkeren.com/seleb/lionel_messi/bio.html#sthash.qlSfopBL.dpuf 

Diakses  Pada Desember 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar