Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016


Radi penulis muda sukses Indonesia
disusun oleh: Agnes Djanus

1.       Raditya Dika adalah seorang penulis, pelawak, aktor, pemeran, model dan sutradara yang berasal dari Indonesia. Namun, dia lebih dikenal sebagai penulis buku jenaka. Ia menuliskan pengalamannya di suatu itu blog lalu dibukukan. Radit lahir di Jakarta pada tanggal 28 Desember 1984. Nama aslinya adalah Dika Angkasaputra Moerani, namun saat duduk di bangku kelas 4 SD dia mengganti namanya menjadi Raditya Dika.  Saat itu ia meminta izin kepada orang tuanya dari Dika Angkasaputra Moerani menjadi Raditya Dika. Namun nama Raditya Dika itu lah yang tertulis di ijazah SD, SMP, bahkan di KTP dan SIM juga menggunakan nama Raditya Dika.

2.       Pendidikan yang pernah Dika jalani yaitu dia pernah bersekolah di SMP Tarakanita 1, lalu melanjutkannya ke sekolah menengah atas SMU 70 Bulungan, lalu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di University of Adelaide dan Universitas Indonesia Jurusan ilm politik.

3.       Karya pertama yang mengangkat namanya adalah buku berjudul Kambing Jantan: Sebuah Catattan Harian Pelajar Bodoh (2005). Buku ini menceritakan kehidupan Raditya Dika ketika masih berkuliah di University of Adelaide, Australia. Buku ini ditampilkan dalam format buku harian. Seluruh cerita dalam karyanya tersebut berasal dari blog pribadinya. Setahun kemudian, yaitu pada tahun 2006, ia menerbitkan buku kedduanya yang berjudul “Cinta Brontosaurus” buku keduanya ini tidak jauh berbeda dengan bukunya yang pertama, cerita-cerita yang ada dalam buku ini berasal dari kisah keseharian Raditya. Namun, buku kedua ini menggunakan format cerita pendek (cerpen) yang bercerita mengenai pengalaman cinta Raditya yang tidak beruntung. Isi dari buku ini meliputi kisah dari sewaktu Dika mengirim surat cinta pertama ke teman SD, hingga pengamalan Dika memerhatikan kucing persianya yang jatuh cinta dengan kucing kampong tetangganya.
Novelnya yang laku dan mengundang banyak hperhatian masyarakat Indonesia membuat para produser tertarik untuk mengajaknya bermain film. Film pertama yang dimainkan adalah “Kambing Jantan: The Movie” sebuah film yang diangkat dari adaptasi novel pertamanya itu. Sukses dengan film pertamanya, Dika kembali mengangkat novelnya ke layar lebar. Tercatat ada 3 filmnya yang berjudul “Cinta Brontosaurus”, “Manusia Setengah Salmon”, “Marmut Merah Jambu” diambil semua dari juduk buku yang sama dan rata-rata menceritakan tentang kisah percintan Dika yang selalu  gagal.

4.       Dika mengawali keinginanya untuk membukukan catattan hariannya di blog pribadinya saat ia memenangkan Indonesia Blog Award. Dika juga pernah meraih Penghargaan bertajuk The Online Inspiring Award 2009 dari Indosat. Dari pengalaman  itu, ia mencetak tulisan-tulisannya ke dalam Blog lalu menawarkannya ke penerbit, yaitu GagasMedia.

5.       Menjadi penulis sukses bukan berarti tidak ada hambatan. Menurut Dika, hambatan bukan hanya dari industry buku, melainkan juga dari hal-hal yang bersifat diagonal. Artinya, lawan dari industri buku bisa jadi bukan industri buku lain tapi industri lain yang sebenarnya tidak berhubungan sama sekali seperti dunia hiburan, makanan, dan lain-lain. Bagi Dika hal ini memang lazim. Yang perlu dilakukan adalah terus berkreasi dan bertindak kreatif. Baginya, kompetisi yang ada adalah kunci untuk berinovasi. Tekanan competitor bisa menjadi motivasi untuk terus memberikan ide-ide baru dan menggali kemampuan.

6.       Karya tulisnya antaralain: Kambing jantan (2005), Cinta Brontosaurus (2006), Radikus Mankakus (2007), Babi Ngesot (2008), Marmut merah jambu (2010), Manusia Setengah Salmon (2011), Koala Kumal (2015). Dika juga pernah menulis beberapa skenario antaralain: Maling Kutang (2009), Cinta Brontosaurus (2013),Manusia Setengah Salmon (2013), Marmut Merah Jambu (2014).

7.       Dika dikenal sebagai orang yang cukup terbuka. Sebagai sosok penulis muda yang sukses diusianya, Dika sangat patut diteladani. Nah, sekian biografi tentang Raditya Dika semoga bermanfaat.
Sumber:
http://www.biografipedia.com/2015/07/biografi-raditya-dika-penulis-novel.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar