Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 04 Desember 2016

Lewis Carl Davidson Hamilton - Sang Penakluk F1



      Lewis Carl Davidson Hamilton – Sang Penakluk F1                   Disusun oleh : Achmad Rizal Al Firdausi

        



     1.Lewis Carl Davidson Hamilton yang populer dengan nama Lewis Hamilton adalah pembalap pertama Formula 1 yang berkulit gelap. Dia lahir pada tanggal 07 Januari 1985 di Stevenage, Hertfordshire, Inggris. Ia merupakan putra tunggal dari pasangan Anthony dan Carmen. Pada saat usianya dua tahun kedua orang tuanya bercerai dikarenakan suatu masalah. Setelah itu, Lewis tinggal bersama sang ibu, dan di usianya yang ke dua belas tahun  ia pindah ke tempat sang ayah yaitu Anthony Hamilton. Pada usianya yang genap lima tahun Anthony menghadiahkannya sebuah mobil remote control, dan saat itu juga Lewis jatuh cinta kepada balap mobil. 

      2.Sang ayah berprofesi sebagai juru tulis di British Rail di King’s Cross. Setelah bekerja sang ayah melanjutkannya dengan mengambil sekolah malam. Kemudian, sang ibu bekerja sebagai ibu rumah tangga serta mengurus adiknya yang masih kecil bernama Nicholas.

    3.Lewis Hamilton pernah mengeyam pendidikan sekolah dasar di Peartree School, sekitar 182 meter dari rumahnya di Peartree Way. Setelah lulus ia melanjutkan penddikan menengahnya ke John Henry Newman Catholic School yang merupakan salah satu sekolah terbaik yang terletak di Stevenage. Di sekolah itu, Lewis sekelas dengan Ashley Young. Selain sekelas, Lewis dan Ashley juga ikut membela tim sepak bola yang ada di sekolah mereka. Namun, ia dan Ashley tidak pernah menjadi teman dekat karena tidak mempunyai waktu untuk saling mengenal satu sama lain. Kemudian, setelah lulus dalam ujian GCSE (General Sertificate of Secondary Education), Lewis mengambil A level syarat untuk masuk perguruan tinggi di Cambridge College of Arts and Science antara 2001-2002. Kemudian, lulus dengan hasil yang memuaskan.

     4.Lewis Hamilton berkarier sebagai pembalap Formula 1. Karirnya di formula one adalah hasil perjalanan panjang step by step yang ia lalui. Tahun 2007 sampai 2012, ia tergabung dengan team Mclaren yang merupakan team impiannya dulu. Lewis menjadi pembalap paling muda serta menjadi pembalap pertama berkulit hitam. Sebenarnya, Lewis merupakan campuran dari kulit hitam (ayah) dan kulit putih (ibu). Lewis begitu memukau di tahun pertama, ia berhasil finish di urutan kedua dengan selisih satu poin di belakang Kimi Raikkonen tahun berikutnya, Lewis menghadiahkan gelar juara dunia untuk timnya. Muda, semangat dan ambisius adalah Lewis Hamilton.
                                                                                     
     

     5.Prestasi yang pernah ia raih selama menjadi seorang pembalap antara lain :
v Pembalap termuda yang memenangkan kejuaraan formula one sebelum dipatahkan oleh Sebastian Vettel dua tahun kemudian.
v   Menjadi juara dunia di tahun 2014 bersama Mercedes.
v   Mendapat penghargaan sebagai BBC Sports Personality of The Year dari BBC.
v  Menjadi juara dunia di tahun 2015 serta menjadi pembalap asal Inggris yang pertama kali menjuarai gelar juara dunia F1 secara berturut – turut.
v Menjadi pembalap Inggris yang memenangkan juara F1 terbanyak setelah Jackie Stewart. Total kemenangan yang telah diraihnya ialah 47 kemenangan dengan 94 podium.
v  Lulus dari karting dan berpindah ke single-seaters, mampu menduduki posisi ke-3 Formula Renault series (2002)
v  Menjuarai Formula Renault dengan rekor sepuluh kali kemenangan, sembilan kali lap tercepat dan menempati 11 kali posisi pole (2003)
v  Debut mengikuti Formula Three Euroseries (2004)
v  Mendominasi Formula Three Euroseries dengan 15 kali
v  kemenangan, 10 kali lap tercepat dan 13 kali posisi pole (2005)
v  Menjuarai GP2 championship di balapan pertamanya (2006)
v  Debut kejuaraan dunia bersama tim Vodafone McLaren Mercedes dan berhasil menduduki juara ke-2 (2007)
v  Juara dunia Formula 1 dengan tim Vodafone McLaren (2008)
v  Juara ke-5 Kejuaraan Dunia Formula 1 dengan tim Vodafone McLaren (2009)
v  Juara ke-4 Kejuaraan Dunia Formula 1 dengan tim Vodafone McLaren (2010)
v  Juara ke-5 Kejuaraan Dunia Formula 1 dengan tim Vodafone McLaren (2011)
       

       
                                                                                                                                   
      6.Di dalam perjalanan kariernya, Lewis Hamilton melewati banyak  permasalahan yang selalu menghadangnya. Tetapi, selalu ia hadapi dengan tekun, bekerja keras, dan pantang menyerah. Permasalahan itu mulai muncul pada saat ia ingin memulai karir membalapnya dengan menjajal gokar elektrik khusus anak-anak. Permasalahan pun mulai timbul pada saat ia bersekolah karena ia tidak dapat menikmati waktu sekolah dengan tenang dikarenakan oleh aktivitas membalapnya. Semua permasalahan itu dijadikannya sebagai motifasi untuk terus melaju ke depan dengan semangat juang dan tekat yang tinggi.


    7.Lewis Hamilton memiliki sifat pantang menyerah, bekerja keras, dan tekun dalam menggapai impiannya sebagai pembalap yang hebat dan tangguh. Sehingga layak untuk dijadikan panutan bagi kita dalam meraih dan mempejuangkan impian dan cita-cita yang kita inginkan menjadi nyata bukan hanya sekedar mimpi.  Selain itu, jadikan impian itu sebagai tujuan hidup agar menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa serta sesama.

      

    Sumber :
 http://profil.merdeka.com/mancanegara/1/lewis-carl-davidson-hamilton.
 http://databio.net/profil-dan-biodata-lewis-hamilton-pembalap-f1-penuh prestasi

Diakses 22 November 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar