Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 04 Desember 2016

Tulus : Si Penyanyi Jazz Asal Bandung

Penulis : Siska Amelia


  1. Muhammad Tulus Rusyadi (lahir di bukit tinggi,sumatra barat,indonesia 20 agustus 1987,umur 29 tahun) adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu berkebangsaan indonesia yang berdomisili di bandung.
  2. sejak kecil ia sudah memiliki hobi bernyanyi. selain itu juga memiliki hobi yang unik yakni mengoleksi kaset. uang jajan yang ia peroleh,ia gunakan untuk membeli kaset musik. kegemarannya dalam mengoleksi kaset,membuatnya memilki musikualitas yang tinggi meskipun diakuinya tidak bisa menguasai instrumen musik.
  3. saaat sd, ia ingat guru les matematikanya saat itu gemar betul akan chrisye. tiap mengajar di rumah tulus,beliau bawa serta kaset chrisye  untuk dipasang . dari situlah tulus tumbuh jadi penggemar chrisye. selain itu, ada juga michael jackson. tiap mendapat nilai bagus di sekolah, tulus dapat hadiah kaset. dua yang paling diingat adalah album blood on the dance floor dan history milik michael jackson. lalu, ibunya yang penggemar broery marantika menularkan kesukaan yang sama pada tulus.
  4. tubuhnya yang bongsor,paling besar di antar teman-temannya. mereka memanggil tulus "kerbau","gapuak" (gemuk),"gajah","gajah bengkak". sebutan itu tidak datang setiap hari. tapi ada masa-masa ketika diucapkan ,dan "itu menempel diotak",katanya sekarang,giliran gajah yang menempel diotak para penggemar tulus.
  5. memasuki masa sma tulus muncil keinginan untuk menjadi seorang arsitek. pada saat yang sama keluarganya ingin tulus menjadi dokter. nilai pelajaran kimia tulus yang kurang baik memutu keinginan keluargannya. ia kemudian berhasil mausk jurusan arsitektur di unversitas katolik parahyangan,bandung yang santer akan keunggulannya dan punya seleksi masuk yang sangat ketat.
  6. tulus mengatakan baru paham soal membeli dan menikmati musik di masa kuliah. ia gemar akan amy winehouse,mark ronsone,macy gray,sampai frank sinatra. di masa kuliah juga ada seorang tman yang memuji suara tulus kemudian mengajarinya menulis lagu. sang teman memulai dengan memberi kord, dan tulus mengisi yang lainnya. "dis situ saya baru merasakan. gila menilis lagu itu seru banget", katanya. ia mulai merasa ada gejolak membuat karya,untuk meyampaikan banyak hal.
  7. tanpa latar belakang pendidikan musik,tulus menulis melodi dengan intuisi. untuk lirik lagu, ia ambil contoh dari pantun dan perumpaan itu tahun 2007. ia ingat ia mulai ketagihan menulis lagu.
  8. di masa kuliah pula tulus menemukan cara berfikir yang baru. ia mulai "berdamai" dengan sebutan "gajah" dari bertahun-tahun lalu. salah satu hal yang ia pelajari dari arsitektur adalah berfikir secara runut  dan ter struktur."kalau bisa  dijadikan indikator,itu adalah indikator kedewasaan saya. saya lebih memilih mana yang perlu saya pikirkan serta dengar, dan mana yang tidak. karena ternyata jauh lebih banyak hak positif di dunia ini untuk di kerjakan ketimbang hanya menghabiskan waktu memikirkan apa yang orang lain bilang tentang kita" katanya.
  9. di ujung kuliah,ia memulai mencari komunitas musik di bandung. dalam kata-katanya,ia mencari lahan untuk bisa menyanyi. di sebuah klub jazz, ia bernyanyi dan mendapat apresiasi. saat nyanyi,tulus merasa rileks,tenang,dan semua emosi bisa tersampaikan.itu memicunya untuk serius menjadi seorang penyanyi.
  10. album perdana tulus yang di produksi oleh ari 'aru' renaldi,dan didistribusikan oleh demajors di rilis oleh perusahaan rekamannya sendiri, TULUS co. pada tanggal 28 desember 2011,dimana tulis menciptakan seluruh lagu,berperan sebagai composer sekaligus koproduser album tersebut. kakak kandung tulus bertindak prosedur eksekutif. lau-lagunya seperti sewindu,teman hidup,kisah sebentar,tuan nona kesepian,dan jatuh cinta merajai chart-chart di radio di seluruh indonesia
  11. majalah roling stone indonesia menobatkan tulus sebagai editor's choice: rookie of the year tahun 2013.selain itu album perdananya pernah menduduki perungkat pertama chart rolling stone pada januari dan februari 2012 teman hidup sempat menduduki peringkat ke-1 deretan 20 kompas tv.
  12. tulus adalah orng yang bijaksana  dan berprestasi,ia juga orang yang pantang menyerah demi mencapai tujuannya.memang tulus patut dijadikan tauladan yang baik bagi para fansnya  maupun masyarakat indonesia 
  13. demikianlah tadi profil dan biodata  tulus penyanyi jazz sekaligus pencipta lagu yang berasal dari bandung. selama karirnya di dunia musik,tulus pernah mendapatkan beberapa penghargaan  salah satunya yaitu rookie of the year (2013) male single of the year (2014) dari net.


http://id.m.wikipedia.org/wiki/muhammad_tulus
http://biodatanet.com/profil-biodata-tulus-penyyanyi-jazz-asal-bandung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar