Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Cho Kyuhyun : Prince of Ballad



Disusun oleh : Hasmawati

 
    1. Cho Kyu Hyun atau yang lebih dikenal Kyuhyun lahir pada 3 Februari 1988 di Seoul, Korea Selatan. Kyuhyun merupakan putra pasangan konglomerat di Seoul. Ayahnya bekerja sebagai chairman di sebuah asosiasi dan memiliki lembaga pendidikan di Taiwan. Ia juga mempunyai kakak perempuan yang dua tahun lebih tua darinya.
  
     2. Semasa di sekolah Kyuhyun memiliki prestasi yang sangat baik. Bahkan ia pernah meraih medali emas dalam olimpiade Matematika. Dalam hal musik, ia pandai bermain klarinet dan piano. Namun, dibalik semua itu, Kyuhyun memiliki hobi yang bertolak belakang dengan kegemarannya mengerjakan soal Matematika, yakni bermain game. Ia bahkan dikabarkan memiliki kemampuan bermain game setara dengan para pemain game profesional. Kemampuannya ini diakui oleh salah satu  gamer profesional Seo Kyung Jeong.

3. Kyuhyun bersekolah di Sekolah Menengah Shinchung, Sekolah Perguruan Tinggi Yumkwang, dan menyelesaikan kuliah di Universitas Kyunghee jurusan Past-Modern Music. Kyuhyun dikenal setelah menjadi juara III dalam kontes menyanyi Chin Chin Singing Competition pada tahun 2005. 

4. Kyuhyun direkrut menjadi personil Super Junior pada Agustus 2006. Karena masuk sebagai personil di tengah perjalanan karir Super Junior, maka Kyuhyun tidak mengalami masa trainee seperti personil lainnya. Ia langsung muncul di single terbaru Super Junior “U” (2006). Kyuhyun menjadi bagian di beberapa sub-grup Super Junior antara lain Super Junior K.R.Y, SM The Ballad dan Super Junior M.
  
5. Keinginan Kyuhyun untuk terjun ke dunia musik awalnya tidak direstui oleh orang tuanya. Namun, ia tetap bersikukuh dengan keputusannya. Ia diberi kesempatan oleh kedua orang tuanya dengan syarat jika punya prestasi yang baik di dunia pendidikan. Kesempatan itu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Kyuhyun dengan menembus bangku Universitas Kyunghee. Tidak hanya ditentang orang tua, keberadaannya di Super Junior juga ditentang para fans dan member Super Junior. Saat pertama kali Kyuhyun bergabung, diadakan sebuah voting, 10 dari  12 member menyatakan tidak setuju. Kyuhyun juga mendapat pelakuan yang kurang baik selama 6 bulan pertama. Tapi Kyuhyun berhasil melewati semua itu dan menunjukkan pada semua orang bahwa ia pantas berada di sana.
  
 6. Selain sebagai personil Super Junior, Kyuhyun juga memiliki bakat dalam bidang acting. Hal ini ia tunjukkan dalam drama musikal yang berjudul “The Three Musketeers” pada Desember 2010 lalu. Pada tahun 2012, Kyuhyun bermain dalam drama musikal “Catch Me If You Can”. Sementara tahun 2014, Kyuhyun bermain dalam 3 musikal berbeda, yakni “The Moon Embracing The Sun”, “Singin’ In The Rain”, dan “The Days”. Kyuhyun kembali mengukuhkan eksistensinya di bidang musikal dengan ikut serta dalam produksi musikal populer Robin Hood dan Werther pada tahun 2015. Dan kini di tahun 2016, Kyuhyun bermain lagi dalam musikal “Mozart” yang merupakan musikal terakhirnya sebelum memasuki camp militer. Bahkan baru-baru ini Kyuhyun mencoba terjun ke dunia perfilman dengan debut menjadi seorang aktor dalam serial web drama “Boong Soon: A Cyborg in Love” atau “Bongsun, A Woman Who Dies When She Loves”. Kyuhyun mendapat peran utama pria sebagai seorang Kim Joo Sung, si jenius programmer sekaligus menjabat sebagai ketua Tim Riset dari perusahaan BS Electronics. Namun, sayangnya ia mengidap penyakit Alzheimer.

7. Setelah 8 tahun debut bersama Super Junior, Kyuhyun akhirnya didebutkan sebagai solois. Pada 13 November 2014, Kyuhyun resmi mengeluarkan sebuah mini album berjudul “At Gwanghwamun” dan pada 15 Oktober 2015 Kyuhyun mengeluarkan mini album yang berjudul “Fall, Once Again”. Dan kini di tahun 2016, Kyuhyun kembali mengeluarkan mini album yang berjudul “Waiting, Still”.
  
8. Kyuhyun menempati posisi kedua dalam IQ tertinggi dalam Super Junior yang posisi pertamanya diduduki oleh Kibum yang memiliki IQ 138. Kyuhyun juga pernah berhasil meraih Musical Rising Awards dalam acara Golden Ticket. Selain itu, mini album Kyuhyun yang berjudul “At Gwanghwamun” sukses besar, di mana berhasil mencapai All Kill dalam berbagai situs download termasuk iTunes. Kyuhyun sendiri memulai penampilan perdananya di panggung musik sebagai solois pada 14 November 2014 di KBS Music Bank. Selama masa promosi mini albumnya ini, Kyuhyun berhasil memenangkan 5 trophi dalam beberapa acara musik korea. Sebagai rasa syukurnya, Kyuhyun mengadakan mini konser di 3 lokasi yang berbeda.

9. Pada tanggal 19 April 2007 dini hari, 4 anggota Super Junior bersama 2 orang manajer mengalami kecelakaan mobil yang mengakibatkan mereka harus dibawa ke rumah sakit. Kecelakaan serius tersebut terjadi ketika Kyuhyun, Leeteuk, Eunhyuk, dan Shindong kembali dari siaran Super Junior Kiss the Radio. Mobil mereka terbalik dan Kyuhyun yang pada saat itu duduk  di belakang kursi pengemudi, mengalami luka-luka yang paling parah. Kyuhyun mengalami patah tulang pinggul yang membuat paru-parunya robek dikarenakan patahan tulang pinggul tersebut, patah tulang rusuk, luka-luka di wajah, juga memar-memar. Ia mengalami koma selama 4 hari. Ia berada di ICU selama 6 hari dan menjalani  2 kali operasi sebelum dipindahkan ke ruang perawatan normal. Pada tanggal 5 Juli 2007, setelah 78 hari menjalani perawatan, Kyuhyun diperbolehkan keluar dari rumah sakit. Namun hanya 5 bulan setelah kejadian itu, Kyuhyun bisa kembali berdiri di atas panggung. Bahkan ia berpartisipasi dalam pembuatan album Super Junior “Don’t Don’t”.

     10. Pada sebuah acara di China, Hankyung mengatakan bahwa tubuh Kyuhyun masih lemah dan belum bisa banyak menari, bahkan saat menyanyi nada tinggi, Kyuhyun harus menahan sakit di perutnya. Kyuhyun memiliki penyakit pneumothorax sejak kuliah, yakni penyakit kolaps paru-paru. Hal ini menyebabkan dada Kyuhyun sering sakit jika kelelahan. Kyuhyun juga menderita sindrom infeksi pada telinga tengah, sehingga pendengarannya sedikit terganggu.

     11. Cho Kyuhyun memiliki sifat pekerja keras yang luar biasa. Kerja kerasnya dalam meniti karir dari yang awalnya ditentang oleh banyak pihak hingga menjadi idol yang terkenal seperti sekarang patut kita contoh, bahwa setiap kerja keras pasti akan membuahkan hasil di kemudian hari. Sudah sepantasnya ia dijadikan idola oleh banyak orang di penjuru dunia.

Daftar Pustaka :

Diakses pada 28 November 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar