Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 16 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS "GRAVITASI BUMI"

TEKS EKSPLANASI “GRAVITASI BUMI”
DISUSUN OLEH : NOURA NOVALINA




PERNYATAAN UMUM :

Gravitasi adalah gaya tarik – menarik yang terjadi antara semua partikel yang memiliki masa di alam semesta. Bumi yang memiliki massa sangat besar dapat menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar pula untuk menarik benda – benda disekitarnya, termasuk mahkluk hidup dan benda – benda yang ada dibumi, apapun yang ada diatmosfer akan ditarik oleh bumi, yang kemudian dikenal sebagai fenomena benda jatuh. Ada dua perbedaan dalam hal gravitasi antara gravitasi bumi dan medan gravitasi. Medan gravitasi didefinisikan sebagai ruang di sekitar obyek dengan massa dimana benda massa lainnya dalam ruang yang akan mengalami gaya gravitasi.

URUTAN SEBAB – AKIBAT

                Pada umumnya gravitasi bumi berasal dari pusat bumi, dan syarat terjadinya gravitasi bumi harus ada 2 benda yang memiliki massa, begitu pula besarnya gaya atau gaya tarik benda tergantung pada massa benda dan jarak benda satu kebenda lainnya. Selain itu penyebab gravitasi bumi karena adanya sesuatu yang berada di sekeliling bumi mempunyai massa. Dengan demikian, fenomena tersebut mengakibatkan benda – benda disekeliling kita tidak melayang karena memiliki gaya gravitasi bumi.

                Selain itu akibat gravitasi bumi sangat penting yakni untuk menjaga kestabilan kehidupan bumi, membuat segala benda memiliki berat. Oleh karena itu gravitasi bumi sangat berguna bagi kehidupan dimuka bumi, membuat segala benda yang berada di bumi berada pada tempatnya, dan sangat penting bagi ilmu penerbangan karena ilmu penerbangan dan semua perangkat penerbangan dibuat dengan cara menghitung gaya gravitasi dengan gaya yang harus dihasilkan agar pesawat dapat melayang. Sehingga kita harus mensyukuri ciptaan Tuhan dan terus menjaga atau merawat

SUMBER :
http://manfaat.co.id/manfaat-gaya-gravitasi
http;//www.dosenpendidikan.com/pengertian-gravitasi-bumi-menurut-hukum-newton/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar