Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 13 Mei 2016

Gerhana Matahari



Di susun oleh : Lili Nur Indah Sari




Pernyataan umum :

Gerhana matahari adalah fenomena yang terjadi ketka posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari. Sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih keci, bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari matahari sepenuhnya karena bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Jenis-jenis pada gerhana matahari yaitu terdapat 4 jenis antara lain gerhana total, terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Gerhana sebagian yaitu apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari, gerhana cincin yaitu apabila piringan bulan hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Dan terakhir adalah gerhana hibrida bergeser antara gerhana total dan cincin.

Urutan sebab-akibat :

Gerhana matahari terjadi ketika bumi sebagai planet pengiring berukuran jauh lebih kecildari matahari dan juga bulan. Keduanya akan membentuk bayang-bayang planet atau bayang satelit alam yang mengiringi planet dengan bentuk kerucut atau bayang-bayang umbra.
Pada saat terjadi gerhana matahari benda langit pembentuk bayang-bayang adalah bulan yang menghalangi sinar matahari tiba di bumi. Makin dekat dengan kawasan umbra, makin besar sorot cahaya matahari yang tertutup oleh bulan. Penampakan piringan matahari dan bulan dari sudut pandang pengamat saat matahari dan bulan pada titik terdekat dan terjauhnya.
Melihat gerhana matahari secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari matahari) dapat membahayakan, karena dapat mengakibatkan kerusakan permanen retina mata akibat radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan.

Upaya atau solusi :

Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Menggunakan kacamata untuk menyaksikan gerhana tidak aman karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata.


                     http://gerhana-indonesia.id/id/mengenal-gerhana-matahari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar