Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 10 Mei 2016

Badai Salju

Disusun oleh: Sherlin Kamilia


Badai salju adalah badai di mana sejumlah besar salju turun. Massa jenis salju lebih kecil daripada air yang dalam keadaan cair (likuid), dengan faktor sekitar 10 pada suhu yang sedikit di bawah titik beku dan bahkan lebih pada temperatur yang dingin. Badai salju yang terkenal adalah badai salju nemo atau nor’easter yang berkembang dari kombinasi antara dua wilayah bertekanan rendah, terutama sekali memengaruhi Amerika Serikat Timur Laut dan sebagian Kanada, yang menyebabkan turunnya hujan salju dan bertiupnya angin badai.

Badai salju terjadi akibat udara yang hangat dan basah bertemu dengan udara yang dingin. Massa udara yang hangat dan basah dan massa udara yang dingin tersebut dapat mencapai diameter 1.000 km atau lebih yang menyebabkan badai salju menerjang daerah sekitarnya. Badai salju yang memengaruhi Amerika Serikat Timur Laut sering mendapatkan uap air dari udara yang berpindah ke utara dari Teluk Meksiko dan udara yang dingin dari massa udara yang datang dari Arktik, sedangkan di Amerika Serikat Barat Laut, udara yang hangat dan basah dari Samudra Pasifik mendingin saat didorong ke atas oleh pegunungan.

Dampak yang ditimbulkan dari badai salju cukup beragam, mulai dari kemacetan lalu lintas, pembatalan atau penundaan jadwal keberangkatan pesawat dan kereta api, bahkan aliran listrik ratusan rumah yang terputus akibat timbunan salju yang semakin tebal tak mampu dihindari. Tak sedikit pula warga yang meninggal akibat badai salju yang menghantam mereka.

Cara mempersiapkan atau meminimalisir dampak negatif dari badai salju, antara lain:
  1. Amankan setiap barang-barang yang mudah dibawa angin di luar rumah, seperti sampah kaleng, kertas, furnitur, dan lain-lain.
  2. Tebang pohon mati dan buang cabang pohon mati untuk mengurangi kemungkinan batang pohon tersebut berubah menjadi proyektil terbang.
  3. Tutup semua jendela, bagian luar jendela, dan pinggir bingkai jendela. Selain mencegah dingin, tindakan tersebut juga mencegah pecahnya kaca. Tutupi jendela dengan tirai tebal sehingga dapat melindungi penghuni rumah apabila ada kaca pecah akibat badai salju.
  4. Pastikan memiliki cukup bahan bakar untuk memasak, energi untuk penerangan, tempat tidur, dan air.
  5. Periksa persiapan kotak pertolongan pertama, resep, lilin, dan makanan, apakah sudah cukup untuk beberapa hari jika Anda terputus dari dunia luar.
Sumber:
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Badai_salju
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Badai_musim_dingin
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Badai_Salju_Nemo
  4. https://m.tempo.co/read/news/2010/02/06/116223939/amerika-hadapi-badai-salju-terbesar-sepanjang-sejarah
  5. http://1darurat.blogspot.co.id/2016/01/apa-yang-harus-anda-persiapkan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar