Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 12 Mei 2016

Media Sosial

Disusun Oleh : Indriyani Utami


1)    Pernyataan Umum
Ø  Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan salah satu bentuk media sosial. Banyak manfaat media sosial seperti belajar, bekerja, rekreasi, bisnis, istirahat, dan marketing dapat dilakukan melalui media sosial. Namun sebenarnya media sosial juga banyak digunakan untuk kejahatan. Dari beberapa kasus yang sudah dialami di dunia, banyak sekali kejahatan yang pernah dialami manusia dengan menggunakan media sosial. Meskipun media dirasa canggih namun tetap membuat efek yang sangat berbahaya pula bagi pengguna.

2)    Urutan Sebab Akibat
Ø  Dampak Positif Media Sosial

Sosial media dapat membantu kita dalam belajar. Kita dapat berkumpul dengan sebuah komunitas tanpa harus keluar dari rumah. Melalui media sosial, kita bisa mendapatkan ilmu baru. Informasi yang didapat pun up to date dari waktu ke waktu. Selain untuk pembelajaran, sosial media juga penting dalam dunia bisnis. Kita bisa memasarkan produk melalui media sosial.kita juga bisa menjaring banyak customer melalui sosial media. Facebook, twitter, google+, telah membuktikan betapa pentingnya sosial media dalam dunia bisnis. Sosial media juga memegang peranan penting dalam sebuah pekerjaan. Sosial media juga memegang peranan penting dalam sebuah pekerjaan. Kita bisa mengumumkan perubahan jadwal kerja dari sosial media. Keuntungan menggunakan sosial media adalah, gratis, up to date, dan mudah. Kita tidak perlu melakukan sms ke banyak orang, atau menelfon banyak orang saat ada perubahan jadwal kerja. Kita bisa melakukannya lewat sosial media.

3)    Urutan Sebab Akibat
Ø  Dampak Negatif Media Sosial

Media sosial juga mempunyai sisi negatif seperti membuat gaya belajar remaja saat ini menjadi sangat rentan terdistraksi. Ketika sedang berada di kelas, banyak sekali siswa yang tidak memperhatikan penjelasan sang guru dan lebih memilih menikmati dunia maya dan mengeluhkan sulitnya pelajaran yang sedang dijelaskan. Ada pula kasus seorang remaja yang dilaporkan hilang oleh orang tuanya yang ternyata pergi dari rumah bersama teman yang baru dikenalnya melalui facebook. Selain itu, ada sebuah dampak yang banyak menjadi perdebatan dan bahan penelitian banyak pihak yaitu dampak radiasi. Beberapa peneliti meyakini radiasi smartphone sangat tinggidan oenggunaannya memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dalam sebuah penelitian dinyatakan, media sosial berhubungan dengan kepribadian introvert. Semakin introvert seseorang maka dia akan semakin aktif di media sosial sebagai pelampiasan. Oleh karena itu, peran orang tua saat ini sangat dibutuhkan. Jangan sampai anak-anak kita menjadi lebih akrab dengan media sosial dibandingkan orang tuanya. Remaja tampak baik di depan orang tua, namun ternyata sangat hiperaktif di sosial media.




Daftar Pustaka :
http://www.suaramerdeka.com
(Diakses pada tanggal 27 April 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar