Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 12 Mei 2016

BADAI SALJU


Oleh Afifah Nuraini


 ( Definisi Badai Salju )
Dimusim dingin terkadang terjadi badai salju. Badai salju adalah badai yang tercampur oleh kristal es yang diterbangkan angin kencang. Badai salju terjadi saat udara yang hangat dan basah bertemu dengan udara yang dingin. Ada satu jenis badai salju yang sering terjadi yaitu Badai Salju Nemo. Bencana badai salju dapat memberikan banyak kerugian.

( Jenis Badai Salju )
Salah satu jenis badai salju adalah Badai Salju Nemo. Badai Salju Nemo adalah badai musim dingin berkekuatan tinggi yang berkembang dari kombinasi antara dua wilayah bertekanan rendah, terutama sekali mempengaruhi Amerika Serikat Timur Laut dan sebagian Kanada, yang menyebabkan turunnya hujan salju dan bertiup angin badai.

( Penyebab Terjadinya Badai Salju )
Badai salju terjadi saat udara yang hangat dan basah bertemu dengan udara yang dingin. Massa udara yang hangat dan basah dan massa udara yang dingin tersebut dapat mencapai diameter 1000 km atau lebih. Badai salju yang memengaruhi Amerika Serikat Timur Laut sering mendapatkan uap air dari udara yang berpindah ke utara dari Teluk Meksiko dan udara yang dingin dari massa udara yang datang dari Arktik. Di Amerika Serikat Barat Laut, udara yang hangat dan basah dari Samudera Pasifik mendingin saat didorong ke atas oleh pegunungan. Banyak hal yang berbeda dapat memengaruhi gerakan, isi uap, dan suhu massa udara. Semua perbedaan tersebut memengaruhi jenis dan keparahan badai salju.

( Dampak Badai Salju )
Badai Salju Nemo dimulai di Texas dan bergerak ke Kanada dalam beberapa hari berikutnya. Akibat badai ini, Kanada mengalami tumpukan salju setebal enam sentimeter atau lebih. Di Amerika Serikat sendiri, badai ini telah mencurahkan salju setinggi hampir dua meter di California. Lebih dari 85 juta warga Amerika diperkirakan melakukan perjalanan sedikitnya 80 kilometer dari tempat tinggal mereka untuk menghindari badai. Badai juga mengakibatkan dibatalkannya lebih dari tiga ribu jadwal penerbangan sejak hari Natal. Di Washington DC, sekolah dan fasilitas publik ditutup, demikian pula badan-badan pemerintah federal yang menghentikan seluruh operasi dan memerintahkan seluruh pegawai yang tidak dalam posisi strategis untuk segera pulang.

( Solusi Menghadapi Badai Salju )
Biasanya badai salju datang dalam berbagai bentuk, dari badai guntur sederhana dengan hujan lebat sampai badai es dengan kondisi dingin. Di negara luar, rata-rata penduduk mengandalkan teknologi prediksi cuaca yang memiliki keakuratan tinggi. Hal ini sangat penting dalam menghadapi cuaca ekstrim. Teknologi ini dapat membuat kita memiliki waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan keadaan menghadapi kedatangan badai salju. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam merencanakan dan mempersiapkan kedatangan badai salju yaitu tebang pohon mati dan buang cabang pohon mati untuk mengurangi kemungkinan batang pohon tersebut berubah menjadi proyektil terbang. Dan tutup semua jendela, bagian luar jendela, dan pinggir bingkai jendela. Selain mencegah dingin, juga mencegah pecahnya kaca. Tutupi jendela dengan tirai tebal sehingga dapat melindungi penghuni rumah apabila ada kaca pecah akibat badai salju.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Badai_salju (Diakses pada 27 April 2016)
infokita-inform.blogspot.com/2014/02/pengertian-badai-dan-penyebab-badai.html (Diakses pada 8 Mei 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar