Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 12 Mei 2016

KEBAKARAN HUTAN

 KEBAKARAN HUTAN
DISUSUN OLEH : TIA MONIKA




Pernyataan Umum :


Kebakaran hutan merupakan salah satu penyebab terjadinya degradasi lahan yang dapat mempengaruhi kualitas tanah dan menurunkan kesuburan tanah. Penyebab kebakaran hutan di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu yang pertama adalah kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor alam. yang kedua kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor manusia baik tanpa disengaja maupun disengaja.


Urutan Sebab Akibat :


  1. Penyebab kebakaran hutan karena factor alam atau secara resmi dipicu oleh sambaran petir, lelehan lahar gunung api, gesekan antara pepohonan yang kemudian menimbulkan percikan api dan karena suhu pada musim kemarau yang sangat panas. Kebakaran hutan yang diakibatkan oleh petir dan gesekan pohon jarang terjadi di Indonesia apalagi pada hutan hujan tropis.
  2. Faktor manusia merupakan penyebab kebakaran hutan di sejumlah Provinsi. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh ketidaksengajaan manusia bisa terjadi semisal karena puntung rokok yang dibuang sembarangan atau lupa untuk mematikan api di area hutan, api unggun di hutan yang lupa dimatikan atau tidak benar-benar mati saat ditinggalkan, pembakaran sampah, dan berbagai kelalaian lainnya. Kebakaran jenis ini kerap terjadi di hutan-hutan pada gunung-gunung yang kerap dikunjungi pecinta alam (pendakian gunung).
  3.  Faktor manusia lainnya yang menjadi penyebab kebakaran hutan adalah pembukaan lahan baru atau membersihkan lahan pertanian dengan membakarnya dan tindakan vandalism. Pembukaan lahan dengan cara membakar hutan kerap menjadi hal yang paling sering dilakukan oleh baik oleh perorangan maupun perusahaan.
  4.  Dampak dari terjadinya kebakaran hutan adalah menyebabkan kegundulan hutan, dapat menyebabkan tersebarnya emisi gas CO2 ke atmosfer, menyebabkan musnahnya satwa dan tumbuhan yang hidup di dalam hutan, kekeringan mengancam karena berkurangnya sumber air, meningkatnya penderita infeksi saluran nafas dan kanker paru-paru terutama untuk yang berusia lanjut dan anak-anak dan api yang menjalar dapat memusnahkan tenda sekitarnya misalnya rumah.
  5.  Beberapa cara atau upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan kembali adalah memuat peta tentang daerah yang rawan terjadinya kebakaran, memantau keadaan dan tanda-tanda kebakaran, memberikan penyuluhan tentang pentingnya hutan, melarang pembukaan lahan dengan membakar hutan, dan tidak membuang puntung rokok sembarangan.

sumber : http://jokowarino.id/penyebab-dan-dampak-akibat-kebakaran-hutan/  dan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar