Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 12 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI GUNUNG MELETUS

JUDUL : TEKS EKSPLANASI "GUNUNG MELETUS"

DISUSUN OLEH : TRI IRYANI




Pernyataan umum :
     Gunung meletus merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Magma adalah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu yang sangat tinggi, yakni diperkirakan lebih dari 1.000°C. Cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava. Suhu lava yang dikeluarkan bisa mencapai 700 – 1.200°C. Letusan gunung berapi yang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai sejauh radius 18 km atau lebih, sedangkan lavanya bisa membanjiri sampai sejauh radius 90 km. Dari letusan inilah gunung berapi terbentuk
      Tidak semua gunung berapi sering meletus. Gunung berapi yang sering meletus disebut gunung berapi aktif. Berbagai tipe gunung berapi – gung berapi kerucut/gunung berapi strato (strato vulcano), - gunung berapi perisai (shield volcano), dan gunung berapi maar.
Urutan sebab / akibat :
      Gunung berapi yang akan meletus dapat diketahui melalui beberapa tanda, yaitu: - suhu disekitar gunung naik, - mata air menjadi kering, - sering mengeluarkan suara gemuruh disertai getaran (gempa), tumbuh disekitar gunung layu, dan binatang disekitar gunung berimigrasi.
Urutan sebab / akibat :
     Letusan gunung berapi bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar sampai ribuan kilometer jauhnya dan bahkan bisa mempengaruhi putaran iklim di bumi ini. Hasil letusan gunung berapi berupa : - gas vulkanik, - lava dan aliran pasir serta batu panas, - lahar, - abu letusan , - dan awan panas (piroklastik).
Urutan sebab / akibat :
    Dampak abu letusan gunung berapi, yaitu : permasalahan pernafasan, kesulitan penglihatan, pencemaran sumber air bersih, menyebabkan badai listrik, mengganggu kerja mesin dan kendaraan bermotor, merusak atap, merusak lading, dan merusak infrastruktur tubuh.
      Awan panas bisa mengakibatkan luka bakar pada bagian tubuh yang terbuka seperti kepala, lengan, leher atau kaki dan juga menyebabkan sesak sampai tidak bernafas.
Urutan sebab / akibat :
        Akibat dari letusan gunung merapi, yaitu adanya : - lahar dan banjir bandang, - longsor dan hujan batu (material gunung merapi), - gempa bumi, - hujan abu dan hujan asam, dan tsunami.
Urutan sebab / akibat :

      Solusi dalam menghadapi letusna gunung meletus : ikuti perintah pengungsian yang diperintahkan oleh yang berwenang, hindari melewati searah dengan arah angin, apabila terjebak di dalam ruangan tutup seluruh jendela, apabila berada di ruang terbuka cari ruang perlindungan dan tutup mulut & hidung anda, hindari mengendarai kendaraan di daerah hujan abu, apabila anda punya penyakit pernapasan hindari dengan debu gunung merapi, tinggalah di dalam rumah sampai keadaan dinyatakan aman di luar rumah.

Sumber :
1. http://cesarhenri123.blogspot.co.id/2011/11/artikel-tentang-gunung-meletus_30.html
2. http://alampenuhbencana.blogspot.co.id/p/gunung-meletus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar