Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 11 Mei 2016

"GERHANA MATAHARI"
Disusun Oleh : Tri Wahyu Lestari

 

1) Pengertian atau pernyataan umum
        Gerhana matahari adalah suatu peristiwa alam yang terjadi keyika posisi bulan berada tepat di antara posisi matahari dan bumi. Posisi bulan yang berada tepat diantara matahari dan bumi tersebut membuat sebagian atau seluruh cahaya matahari tertutup olrh bulan, inilah yang disebut gerhana matahari. Gerhana matahari terbagi menjadi 4 jenis, yaitu : Gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari hibrida.
2) Penggolongan, sebab akibat, dan dampak
        Gehana matahari berlangsung lebih singkat daripada gerhana bulan. Gerhana bulan bisa berlangsung sampai 3 jam lebih sedangkan gerhana matahari kurang dari 10 menit saja. Hal itu terjadi karena ukuran bulan lebih kecil dari bumi, sehingga akan lebih cepat keluatdari bayang-bayang bulan. Gerhana matahari terbagi menjadi :
1. Gerhana Matahari Total
  Gerhana ini terjadi ketika sinar matahari yang menuju bumi terhalang sepenuhnya oleh bayang-bayang bulan. Kondisi seperti ini jarang terjadi dan jangan memaksakan diri untuk melihat gerhan ini dengan mata telanjang karena sangat berbahaya dan mengakibatkan kebutaan.
2. Gerhana Matahari Sebagian
  Gerhana ini terjadi sinar matahari menuju bumi tertutupi olrh bayang-bayang penumbra bulan. Saat gerhana ini berlangsunh akan terlihat sebagian dari cakram matahari tertutupi oleh cakram bulan.
3. Gerhana Matahari Cincin
  Gerhana ini terjadi ketika buki mengalami umbra bulan yaitu ketika bulan berada pada titik terjauh dari bumi. Gerhana ini ditandai dengan adanya garis cahaya membentuk lingkaran cincin yang memiliki lubang hitam ditengahnya.
4. Gerhana Matahari Hibrida
  Gerhana ini bergerak antara gerhana total dan cincin
 Saat titik tertentu dipermukaan bumi, gerhana ini muncul sebagi gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang terjadi.
        Dampak yang ditimbulkan akibat melihat secara langsung ke bagian cincin terang matahari atau yang disebut dengan fotosfer adalah kerusakan permanen pada mata meskipun hanya melihat dalm beberapa detik saja. Kerusakan tersebut terjadi pada retina karena terdapat radiaai tinggi yang dipancarkan dari fotosfer yang tidak terlihat.






sumber :
www.kopi-ireng.com/2015/10/proses-terjadinya-gerhana-matahari.html?m=1

www.softilmu.com/2015/10/Pengertian-Macam-Macam-Jenis-Proses-Terjadinya-Gerhana-Adalah.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar