Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 11 Mei 2016

GERHANA BULAN
Disusun oleh : Aprilia Nur Indriyani


  

*Pernyataan Umum
Gerhana bulan adalah peristiwa ketika Matahari-Bumi-Bulan terletak pada satu garis lurus di bidang tata surya sehingga bayangan bumi menutupi sebagian atau keseluruhan bulan. Gerhana bulan juga tergolong menjadi 3 yaitu gerhana bulan total. Gerhana bulan sebagian,dan gerhana bulan penumbra.


*Urutan sebab-akibat
            Penyebab terjadinya gerhana bulan yaitu saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi
            Gerhana bulan juga muncul bila bulan sedang beroposissi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5 % maka tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 titik potong yang disebut node. Gerhana bulan akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut. Maka seharusnya jika terjadi gerhana bulan akan diikuti gerhana matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari dengan bumi.
            Akibat yang ditimbulkan dari gerhana bulan tersebut terkadang pasang surut air laut karena turunnya naiknya air laut adalah pengaruh gaya gravitasi dari bulan dan matahari. Meskipun penyebab utamanya pasang surut air laut adalah pengaruh gaya gravitasi bulan. Tepatnya pada saat bulan berada di tempat yang jaraknya paling dekat dengan bumi.
           



Sumber : arifroziqin.com/2014

                 www.pelajaran sekolah.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar