Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 12 Mei 2016

MEDIA SOSIAL

Disusun oleh: Muji rahayu
 




1) Pernyataan Umum: 

  • Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah Dunia Online, dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, Skype, Google Plus, Yahoo Messenger, hingga pesan instan seperti Line, Whatsapp, WeChat, dan BBM. Pesatnya perkembangan Dunia Online ini mulai dilirik sebagai Peluang Emas oleh para pembisnis. Kemudian dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran yang dinilai sangat efektif, karena cepat dan murah. Banyak lini usaha berbondong-bondong membuat akun Media Sosial. Promo hadiah dan undian pun melibatkan Media Sosial. Semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua, telah terhinggap penyakit Jejaring Sosial/Media Sosial. Tidak lain adalah Dunia OnlineMedia Sosial mempunyai dampak positif dan negatif juga. 

 

2) Sebab-Akibat:

  • Pengaruh Negatif 

    Pengaruh negatif Internet (khususnya Jejaring Sosial/Media Sosial) ini merambah
    semua lini, salah satunya pengaruh buruk terhadap kecerdasan (Intelegensi), juga berdampak pada penalaran kritis karena hampir semua informasi telah tersedia sehingga para remaja menjadi kurang terampil dan cenderung untuk berkonsentrasi hanya pada satu hal untuk jangka waktu yang lama menyulitkan remaja untuk memecahkan masalah yang membutuhkan waktu pendek dan kompleks. Selain itu, masih ada sebuah dampak yang banyak menjadi perdebatan dan bahan penelitian banyak pihak, yaitu dampak radiasi yang memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh.
    Pengaruh negatif lainnya dari Jejaring Sosial/Media Sosial terhadap remaja: Hilangnya privasi,Cyber-Bullying,Stranger-Danger, Cyber-Stalking.

3) Sebab-Akibat:

  • Pengaruh Positif

Pengaruh positif Internet ini memberikan informasi tentang masalah kesehatan yang dapat mendukung perkembangan fisiknya juga memberikan dukungan terhadap gaya hidup yang sehat dan pencegahan terhadap penyakit. Bila orang dewasa menggunakan internet cenderung melakukan interaksi yang pertama kali dengan internet karena alesan pekerjaan, maka umumnya remaja memulainya karena alesan bermain. Namun dari bermain dapat pula dikembangkan kemampuan kreatif, interaksi yang baik dengan teman yang lain, mengembangkan komunikasi, bahkan memperkaya kemampuan berbahasa karena besarnya kemungkinan untuk melakukan kontak dengan remaja dari belahan bumi yang berbeda. Bagi remaja, Jejaring Sosial/Media Sosial juga bisa sebagai battling depression, yaitu media untuk membantu mengatasi depresi.

4) Sebab-Akibat:

  • Upaya/ Solusi/ Penanggulangan 

    Masih banyak lagi pengaruh negatif dari Jerjaring Sosila/Media Sosial terhadap perkembangan remaja, Namun ada Upaya/ Solusi/ Penanggulangannya yaitu dari sisi Orang Tua. Alangkah lebih baik apabila peran orang tua masa kini pun juga tidak sebatas sebagai pengawas anak, namun juga lebih jauh menjadi sosok yang
    memahami anak. Sebagai orang tua haruslah bisa mengontrol anak-anaknya agar bisa memperlakukan dunia internet dengan baik. Sebab, jika situs Jerjaring Sosial/Media Sosial bisa diarahkan dengan baik dan benar, manfaatnya pun akan ada. Dengan kata lain, Jejarig Sosial/Media Sosial pun memiliki dampak yang positif bagi remaja.

    Sumber:
    http://www.eep-khunaefi.net/pengaruh-jejaring-sosial-terhadap-remaja.html

    http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/21/234195/Pengaruh-Media-Sosial-bagi-Remaja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar