Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 23 November 2017

Eka Gustiwana - Vlogger Sukses Pelopor Video Speech Composing di Indonesia

Disusun oleh : Annastasya Hana Pertiwi (XI-AP1)




1. Eka Gustiwana atau lengkapnya Eka Gustiwana Putra lahir di Jakarta, 1 Agustus 1989. Dia adalah seorang muda kreatif yang menciptakan berbagai karya video dengan teknik speech composing yang juga dikenal sebagai jawara YouTube Indonesia.

2. Nama ayah dari Eka Gustiwana adalah Pompi Suradi Mansyah dan nama ibunya Sukarni Sofia. Eka merupakan anak sulung yang mempunyai adik perempuan bernama Novia Dwijana Putri. Eka Gustiwana adalah seorang penulis lagu, produser rekaman dan komposer ucapan pertama di Indonesia.

3. Perjalanan musiknya bermula dari ayahnya yang memperkenalkan gitar dan digital audio workstation pada usia 11 tahun. Kemudian hari, ia lebih memilih kibor dan piano sebagai alat musik utamanya saat masih tergabung dalam grup band Warnahati sekitar tahun 2008-2010 yang kini berganti nama menjadi deVan.

4. Eka menempuh pendidikan sekolah dasarnya di SD Dharma Satria, kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Dharma Satria. Setelah lulus SMP, Eka melanjutkan pendidikannya ke sekolah menengah atas di SMA Dharma Satria.

5. Kondisi ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan Eka Gustiwana untuk berkuliah membuat ia ingin bekerja namun pilihan pekerjaannya tidak sesuai dengan keinginan orangtuanya. Eka Gustiwana meyakini bahwa kesuksesannya ada di dalam dunia musik.

6. Eka Gustiwana yang kini dikenal sebagai sosok kreatif lewat berbagai karyanya di dunia maya ini memang memiliki kecintaan akan musik dari semenjak ia SMP. Ketika lulus dari tingkat SMA, ia memilih jalur musik sebagai ladang ia mencari pengalaman dan bekerja. Keputusannya ini sempat tidak mendapat dukungan dari kedua orangtua yang menginginkan Eka Gustiwana untuk bekerja kantoran saja.

7. Dari studio yang dibangun di salah satu kamar di rumahnya itulah kiprah Eka sebagai komposer musik dimulai. Karena belum punya nama, pada awalnya dia menawarkan jasa membuat musik kepada teman-teman secara gratis. Istilahnya project thank you. Bagi Eka masalah bayaran tidak begitu penting, yang penting bisa dapat portofolio dan dapat pengalaman.

8. Popularitas Eka di YouTube meroket. Dia kini merupakan salah satu YouTuber Indonesia paling laris dengan jumlah subscriber mencapai lebih dari 660.000. Dulu Eka melihat YouTube semata-mata sebagai sarana hiburan. Tapi sekarang dia telah menyadari potensi yang dihadirkan oleh situs tersebut, termasuk kemungkinan memperoleh pendapatan dari YouTube di masa depan.

9. Pada tahun 2010 ia mengikuti lomba jingle Dunia Fantasi dan meraih juara pertama. Selanjutnya, tahun 2011, ia memenangkan lomba pembuatan Mars Kereta Api Indonesia dalam perayaan HUT ke-66 PT Kereta Api Indonesia (Persero). Dalam lomba tersebut ia mendapatkan hadiah sebesar Rp100 juta. Selain artis Nikita Willy, ia pun ikut berkarya untuk lagu dari Maudy Ayunda dan 1 grup band deVan. pada tahun 2012. Tahun 2012 jingle buatan Eka menang sebagai runner-up untuk kompetisi Jingle Bank ICBC.

10. Setidaknya sudah ada 50 karya speech composing yang dihasilkan oleh Eka Gustiwana yang telah dibuat dan tercatat di akun YouTube milikinya. Selain aktif di belakang layar, Eka belakangan juga mencoba tampil di depan kamera lewat rilis single, yaitu yang pertama berjudul Jantung Berdebar dan yang kedua berjudul I'm OK. Kedua single tersebut merupakan hasil dari duet dengan penyanyi Nadya Rafika yang juga ditayangkan di YouTube. Sampai saat ini Eka masih aktif di bidang musik dan mengunggah karyanya lewat YouTube.

11. Dalam meraih apa yang diimpikan janganlah pantang menyerah, teruslah bekerja dengan ulet dan jangan merasa cepat puas dengan hasil sekarang. Ditengah kesuksesannya, ia tetap rendah hati dengan memberikan saran kepada para rekan sesama pemusik yang ingin sukses seperti dirinya agar tetap percaya diri dalam mempromosikan karya-karya mereka melalui media internet seperti YouTube.

12. Menurut Eka Gustiwana setiap karya yang menjadi viral ketika menghasilkan sesuatu yang baik dan menginspirasi, namun kalau tidak banyak yang menyukai, maka perlu belajar dari kesalahan. Ia menyampaikan juga bahwa ada media Soundcloud yang dapat menolong dalam pembuatan vlogger agar menghasilkan karya yang lebih baik. Prinsip hidup dari Eka Gustiwana Putra adalah hidup hanya sekali jadi jangan pernah berhenti berimajinasi.





Daftar Pustaka :
diakses pada 17 November 2017
diakses pada 17 November 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar