Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 23 November 2017

Lesti Andryani - Pemenang Dangdut Academy1 Tahun 2014

Disusun oleh : Dewi Ayu Rahmawati


1.     Lesti Andryani atau nama panggilan sama teman sekolahnya Lesti jenong, lahir di Bandung Jawa Barat dan besar di Cianjur, 4 Agustus 1999. Sejak usia empat tahun, Lesti sudah belajar menyanyi lagu-lagu tradisional Sunda (Sinden) . Meski tak tahu bakatnya diturunkan dari siapa, menyanyi adalah kesehariannya. Lahir dari ayah bernama Endang Mulyana dan ibu Sukartini, Lesti adalah seorang gadis biasa yang hidup sederhana di desa, yang dipandang sebelah mata oleh tetangganya. Meskipun dia lahir dari keluarga sederhana tetapi tidak menyurutkan semangatnya untuk berjuang demi meraih cita-cita menjadi seorang bintang penyanyi dangdut profesional di Indonesia, berkat kegigihanya dalam mengolah vokal Lesti berhasil meraih prestasi sebagai pemenang di ajang pencarian bakat DAcademy dangdut yang tayang di indosiar.
2.     Lesti bersekolah di SMP Negeri 1 Cibinong, Cianjur dan di SMA Ki Hajar Dewantara, Tangerang. Sejak dia mengikuti audisi dangdut academy dia memilih untuk mengejar cita-citanya menjadi seorang penyanyi dangdut sedangkan pendidikannya di nomer duakan.
3.     Pada usia 14 tahun, waktu masih duduk di bangku kelas 2 SMP di Cianjur, Lesti mengikuti audisi D'Academy di Bandung dan dia akhirnya mendapatkan Golden Ticket untuk langsung mengikuti konser nominasi di studio Indosiar. Endang pun mengucap syukur karena Lesti mampu melewati setiap babak dalam kontes tersebut. Sejak berangkat ke Jakarta, dia tak menyimpan harapan muluk-muluk. Tak terbersit di benaknya bahwa kehidupannya akan berubah drastis. Bisa pentas di atas panggung besar dengan pakaian mewah nan gemerlap, dielu-elukan penonton dengan berbagai atribut dukungan bagi dirinya merupakan hal-hal yang tidak pernah terbayang sebelumnya. Setelah melalui babak demi babak di panggung D'Academy, akhirnya Lesti dinobatkan menjadi  juara 1 di konser kemenangan setelah mengalahkan pesaingnya Nur Aty dari Selayar. Mengungkapkan kebahagiaannya, Lesti tak menyangka dirinya dinobatkan sebagai bintang dangdut masa depan. Pasalnya, ketika mengikuti audisi dia melihat banyak peserta yang jauh lebih dewasa dengan talenta yang menurutnya lebih baik darinya. Di panggung konser kemenangan itu, Lesti menerima hadiah uang tunai senilai 100 juta dan sebuah mobil.
4.     Di malam itu pula, Lesti berkesempatan merilis single terbarunya yang berjudul "Kejora" ciptaan Nur Bayan dan seketika riuhnya eforia para pendukungnya menggema. Mereka menyuarakan kemenangannya. Di balik luapan rasa bahagianya, ada sepotong harapan mulia di hati Lesti. Hadiah uang tunai yang diperolehnya sedianya akan digunakan untuk keperluan keluarga dan pengobatan sang ayah, Endang Mulyana, yang menderita kanker sejak Lesti berusia 2 tahun. Setelah menjadi juara, Lesti juga membintangi beberapa judul film televisi di Indosiar dan SCTV beberapa di antaranya, yaitu FTV berjudul Merpati tak pernah Galau dan Senandung Cinta Kejora bahkan beberapa penghargaan. Salah satu diantaranya asosiasi SCTV Music Awards kategori Lagu Dangdut Paling Ngetop dengan nominasi Kejora pada tahun 2015, asosiasi Indonesian Dangdut Awards kategori Lagu Dangdut Terpopuler dengan nominasi Zapin Melayu pada tahun 2016. Di tahun 2017, Lesti kembali menorehkan prestasi di industri musik dangdut Indonesia. Anugerah Musik Indonesia menganugerahi Lesti sebagai Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik. Setahun setelahnya, Lesti memenangkan juara kedua Dangdut Academy Asia yang diikuti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.
5.     Nama Lesti kian memuncak sejak d ia dinobatkan sebagai pemenang di D’Academy indosiar sesi pertama, kemenangan itu juga membawa banyak perubahan untuk keluarga Lesti di kampung halamanya. Lesti sekarang juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang terbilang lumayan besar sehingga dia sekarang bisa merenovasi rumah "gubuk"nya di Cianjur dan membeli rumah baru di Tangerang Selatan. Rumah baru tersebut dibeli sebagai tempat tinggalnya bersama keluarga kecilnya selama berkarir di Jakarta. Dari hasil bernyanyi dangdut Lesti juga membantu perekonomian orang tuanya yang keseharian hanya berjualan mie ayam. Meskipun sekarang Lesti udah jadi bintang yang bersinar dan dikenal banyak orang sampai ke luar negeri tapi tak pernah melupakan perjuangan kehidupan yang pernah dilaluinya pada waktu masih susah dulu.
6.     Lesti Andryani memiliki sifat pekerja keras dan gigih dalam menggapai mimpi dan cita-citanya menjadi seorang penyanyi dangdut terkenal dan profesional.

Daftar Pustaka
diakses pada 15 November 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar