Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 23 November 2017

Bob Sadino - Pengusaha Sukses dan Motivator Indonesia



Disusun Oleh :NovitaKurniyawati


  1. Bob Sadino atau Bambang Mustari Sadino lahir pada tanggal 9 Maret 1993 di Tanjungkarang, Lampung. Lahir dari keluarga yang serba berkecukupan, sebagai anak terakhir dari lima bersaudara. Lahir dari keluarga berkecukupan tidak membuat Bob Sadino tumbuh menjadi anak manja. 
  2. Orang tuanya meninggal saat ia berusia 19 tahun, ia dipercaya untuk mewarisi seluruh warisan dari kedua orang tuanya karena selain sebagai anak bungsu di keluarganya, saudara-saudaranya sudah dinilai telah mapan secara ekonomi sehingga warisan dari orang tuanya diberikan kepada Bob Sadino. Ia memiliki istri bernama Soelami Soejoed.
  3. Bob Sadinopernah bersekolah SD di Yogyakarta pada tahun 1947, SMP di Jakarta pada tahun 1950 dan SMA di Jakarta padatahun 1953. Dengan warisan dari orang tuanya, Bob Sadino memanfaatkan setengahnya untuk berkeliling ke beberapa Negara diantaranya Belanda, Hamburg dan Amsterdam, ia tinggal di Belanda selama kurang lebih sembilan tahun. . Keputusan ini diambil karena Bob merasa saudaranya telah hidup lebih mapan dibanding dirinya.Di sana, ia bekerja di Djakarta Lylod yang bertempat di kota Amsterdam.
  4. Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha yang mengenyam kesuksesan dari dunia bisnis di Indonesia. Berbisnis dalam bidang peternakan dan pangan membuatnya menjadi salah satu pengusaha sukses yang dikenal oleh masyarakat lebih khususnya para pengusaha di Indonesia. Suka dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek menjadi ciri khas yang unik dari beliau.
  5. Pada tahun 1970, Bob Sadino mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Kem Chicks, supermarket yang menyediakan beragam produk pangan impor untuk masyarakat Jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu permintaan akan daging dan sosis semakin meningkat, maka tahun 1975 ia mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Kem Food, pelopor industry daging olahan di Indonesia. Kem Food memproduksi berbagai jenis daging olahan seperti Sosis, Burger, dan Baso.
  6. Selain  orang pertama yang memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia. Namanya Kem Fam, sebuah ladang sayur yang didirikan oleh Bob Sadino dengan sistem hidroponik.
  7. Tidak hanya dibilang sebagai pengusaha sukses Indonesia, Bob Sadino juga merupakan seorang inspirasi Indonesia, ia tidak jarang tampil di layar televisi untuk memberikan motivasi kepada para pengusaha di Indonesia dan berbagi pengalaman suka-dukanya yang ia alami selama menjadi pengusaha.
  8. Berasal dari keluarga yang berkecukupan bukan faktor yang membuat Bob Sadino dikenal sebagai pengusaha sukses di Indonesia. Mengalami berbagai pengalaman kegagalan dalam dunia bisnis akhirnya menuntunnya menjadi salah satu pengusaha sukses yang ada di Indonesia.
  9. Semenjak meninggalnya Soelami Soejoed istrinya, kesehatan Bob Sadino terus menurun. Sempat dirawat intensif selama dua Minggu di Rumah Sakit Pondok Indah, namun pada 19 Januari, ia meninggal dunia karena sakit. Meninggal karena penyakit komplikasi. Awalnya cuma flu karena faktor usia jadi sembuhnya lama. Kemudian merembet ke yang lain, jadinya komplikasi, selain itu ia juga sempat menderita pernafasan yang kronis, ungkap Saman Syarief, keponakan Bob Sadino.
  10. Bob Sadino memiliki penampilan yang sederhana walaupun ia sudah menjad imilyader, ia menerapkan ilmu praktik yang didapatkan dalam perjalanan bisnisnya sehingga dapat mengevaluasi dan memperbaiki setiap kesalahan yang terjadi. Keluwesan, kesederhanaan dan rasa kekeluargaan yang dimiliki Bob Sadino merupakan modal untuk meraih kesuksesan hingga saat ini.






Daftar Pustaka


Diakses pada tanggal 15 November 2017





Tidak ada komentar:

Posting Komentar