Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 22 November 2017

Gita Gutawa - Sang Penyanyi Bersuara Sopran

Disusun Oleh : Julian Safitri

1. Aluna Sagita Gutawa lahir di Jakarta, 11 Agustus 1993, lebih dikenal dengan nama Gita Gutawa, adalah seorang penyanyi sopran, aktris, dan penulis lagu berkebangsaan Indonesia. Gutawa terlahir dengan nama Aluna Sagita Gutawa – Aluna Sagita berarti "irama lagu". Sejak kecil ia sudah dikenalkan dengan dunia musik oleh kedua orang tuanya. Ia didaftarkan di sebuah tempat kursus piano klasik, tidak hanya piano saja, Gita Gutawa juga mengikuti kursus vokal untuk mengembangkan suara soprannya agar lebih baik. Sejak kecil Gita Gutawa juga sudah akrab dengan dunia musik. Gita Gutawa suka dengan musik, oleh karena itu ia suka melihat pertunjukkan ayahnya sendiri. Selain itu, Gita Gutawa juga didukung oleh ayahnya dalam dunia musik.

2. Ia adalah putri dari komponis ternama Erwin Gutawa dan Lutfi Andriani. Erwin merupakan anak dari pasangan Sunda yaitu Gutawa Sumapraja dan Sariati Kodiat. Erwin menikah dengan Lutfi Andriani. Mereka di karuniai dua anak, Aluna Sagita Gutawa dan Aura Aria (Rara Gutawa).

3. Sejak duduk di bangku kelas 2 SD Gita Gutawa sudah mulai belajar bermain piano klasik di Yayasan Musik Jakarta. Di samping itu ia juga mempelajari piano, jazz dan gitar. Sementara dari sisi vokal, Gita berguru pada Aida Swenchen (PSAI) dan Catharina Leimena. Gita mendapat dukungan penuh dari ayahnya, yang juga turut membantu membimbingnya dalam dunia musik. Dalam konser Dekade Chrisye, yang seringkali berkolaborasi dengan ayahnya, ia diundang untuk tampil di atas panggung. Gita kemudian mengatakan bahwa Chrisye adalah salah seorang idolanya. Saat memasuki Sekolah Menengah Pertama Gita bersekolah di SMP Al-Izhar, tidak seperti artis pada umumnya yang lebih bersekolah di rumah karena kesibukannya. Gita menganggap bahwa "menghadiri sekolah biasa lebih menarik", mempunyai banyak teman, dan punya kesempatan untuk bersosialisasi. Saat menempuh pendidikan di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, ia terpilih sebagai siswa terbaik selama lima tahun berturut-turut. Setelah lulus dari SMP, Gita melanjutkan ke SMA Bina Nusantara. Pada tahun 2009, Gita dipilih oleh Sampoerna Foundation, yang dijalankan oleh perusahaan investasi Sampoerna Strategic, sebagai duta muda pertama yang ikut berperan secara langsung dalam pengambilan keputusan perusahaan.

4. Bakat Gita Gutawa di bidang vocal (menyanyi) ditemukan pada tahun 2004 saat ia sedang berlatih vokal, dan kebetulan saat ia berlatih, manager ADA Band mendengarnya di sebelah studio band tersebut, kemudian manager tersebut meminta kepada Gita untuk berduet dengan vokalis grup musik ADA Band.  Lagu duetnya bersama vokalis ADA Band adalah "Yang Terbaik Bagimu" disertakan dalam album ADA Band tahun 2005, Surga Cinta. Album ini terjual sebanyak 800.000 kopi. Setelah berduet dengan beberapa penyanyi lainnya, termasuk penyanyi religi Haddad Alwi,Gita ditawari untuk merekam album solo oleh Sony Music Indonesia. Setelah masa produksi selama satu tahun, album debut Gita yang bertajuk Gita Gutawa dirilis pada Februari 2007. Album ini diproduseri oleh ayahnya sendiri dan memuat lagu-lagu yang ditulis oleh Glenn Fredly dan Melly Goeslaw. Dengan penerimaan yang baik, album ini terjual sebanyak 150.000 kopi dalam waktu empat bulan dan berhasil meraih sertifikat triple platinum. Kesuksesan album ini, membuat jadwal Gita mulai dibanjiri oleh permintaan untuk tampil di media dan membintangi iklan. Hal ini menyebabkan ibu Gita bertindak sebagai manajernya, dan tetap menjadi manajer Gita hingga masa kehamilannya. Setelah itu, kerabat Gita yang lainnya menggantikan posisi ibunya sebagai manajer, namun ibunya tetap menjadwalkan penampilan media dan sesi rekaman Gita. Gita mulai bernyanyi di beberapa festival musik. Kemampuannya dalam bernyayi tak perlu diragukan lagi, sebab pada tahun 2008, ia berhasil menjuarai Festival Lagu Internasional Nile Children ke-6 di Kairo, Mesir. Ia menyanyikan dua buah lagu yang berjudul "Alunan Sebua Lagu", dan "To Be One".
Gita mulai memproduksi album kedua, yaitu Harmoni Cinta, pada bulan Juni 2008. Kemudian, Gita memainkan peran yang lebih besar dalam produksi album ini daripada album debutnya dengan turut serta memilih konsep album dan daftar lagu, ia akhirnya menulis lima dari dua belas lagu yang terdapat dalam album tersebut. Album ini dirilis pada bulan Mei 2009 dan laris di pasaran. Pada albumnya yang kedua, ia melibatkan beberapa pencipta lagu terkenal seperti Yovie Widianto, Melly Goeslaw, Dewiq, serta Maia Estianti. Dalam album keduanya ini Gita juga menyanyikan kembali lagu Aku Cinta Dia, sebuah tembang lawas yang pernah dipopulerkan oleh almarhum Musisi, Pencipta Lagu Chrisye. Tindakan pertama yang dilakukan Gita salah satunya adalah dengan berjanji bahwa sebagian hasil dari penjualan album Harmoni Cinta akan digunakannya untuk menyekolahkan anak-anak Indonesia yang hidup dalam kemiskinan, setiap penjualan dua puluh album cukup untuk menyekolahkan satu anak. Melalui Sampoerna Foundation. Pada tahun 2009 Gita terpilih menjadi Duta Pendidikan Sampoerna Foundation. Gita juga terpilih sebagai Duta Budaya Indonesia untuk tampil di Seoul pada Juni 2009, dengan memperkenalkan berbagai budaya Indonesia. Di acara tersebut Gita membawakan tarian Bali selain sebuah lagu dari album keduanya: Remember. Pada bulan Agustus pada tahun yang sama, Gita merilis biografinya yang berjudul Kotak Musik Gita Gutawa. Meski tidak menulis sendiri, namun Gita ingin berbagi pengalamannya selama menggeluti dunia musik dengan para penggemarnya. Sejak merilis album debutnya, ia telah menelurkan dua album, yakni Harmoni Cinta pada tahun 2009 dan album religi Balada Shalawat pada tahun 2010. Saat rekaman album ketiga Balada Shalawat, Gita dilatih oleh seorang ustad terkait dengan pengucapan bahasa Arab yang benar yang digunakan dalam beberap lirik lagu tersebut. Album ini dirilis pada bulan Ramadhan, dan keuntungannya disumbangkan kepada rakyat miskin di Indonesia. Gita juga menjajal dunia akting lewat serial sinetron pendek Ajari Aku Cinta. Dari berakting di depan layar kaca, kini Gita mulai merambah dunia layar lebar. Akhir 2009, ia mulai syuting film Love In Perth. Tak hanya mahir berakting di depan layar lebar, namun Gita juga melebarkan sayapnya dengan berakting di belakang layar. Ia dipercaya menjadi pengisi suara dalam film animasi pertama di Indonesia, Meraih Mimpi karya produser Nia Dinata.

5. Penghargaan yang ia dapat pada berawal pada tahun 2007 | SCTV Awards - Sebagai Penyanyi Ngetop, kedua pada tahun 2008 | International Nile Child Song Festival - Grand Prize, ketiga pada tahun 2008 | SCTV Awards - Album Terbaik, keempat pada tahun 2008 | Anugerah Musik Indonesia - Artis Pendatang Baru Terbaik, kelima pada tahun 2008 | Anugerah Musik Indonesia - Album Terbaik, keenam pada tahun 2009 | Indonesia Kids Choice Awards - Penyanyi Wanita Terfavorit, ketujuh pada tahun 2010 | Indonesia Kids Choice Awards - Penyanyi Wanita Terfavorit, ketujuh pada tahun 2017 | Teater Garuda-TMII – Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards).

6. Gita gutawa mengaku sangat konsen dengan permasalahan anak, apalagi setelah ia terlibat dalam acara sosial Voice Of Children. Gita Gutawa sangat sedih setelah mendengar kekerasan terhadap anak belakangan ini, terutama mengenai peristiwa anak perempuan dibawah umur yang ditemukan meninggal di dalam kardus. Melihat kekerasan pada anak, Gita sendiri mengaku pernah mengalami di-bully di sekolah. Tapi Gita tidak mau mengungkapkan moment-moment saat ia mengalami bully di sekolah dari teman-temannya. Baginya itu menjadi pengalaman sendiri yang tidak harus diumbar ke publik.

7. Gita Gutawa banyak sekali menginspirasi anak muda Indonesia, terutama ia membentuk DARR (Di Atas Rata-Rata), yaitu proyek independen garapan Gita bersama ayahnya yang kini telah menghasilkan dua generasi. Sebanyak 13 anak terpilih pada 2013, sedangkan pada 2015 terpilih tujuh anak dengan berbagai macam genre, seperti jazz, klasik, rock, dan tradisional. Dengan adanya bakat yang dimiliki oleh Gita dari sejak kecil, kini usahanya tidak sia-sia. Ia baru saja di nobatkan sebagai pencipta lagu anak-anak, dan penghargaan ini diberikan untuk proyek DARR. Semua ini dilakukan untuk menginspirasi anak-anak agar tergerak untuk berkarya, khususnya bernyanyi.b

Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Gita_Gutawa
http://www.biografipedia.com/2015/07/biografi-gita-gutawa-aktris-indonesia.html
https://id.m.wikipedia.org/w/index.php?title=Erwin_Gutawa&action=edit&section=2
https://www.google.co.id/amp/s/merahputih.com/post/amp/gita-gutawa-ternyata-pernah-mengalami-bully-saat-di-sekolah diakses pada November 2017




Tidak ada komentar:

Posting Komentar