Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 26 November 2017

Bae Suzy : National First Love

Bae Suzy : National First Love
Di susun oleh Fitria Ningsih ( XI Akuntansi 2)




1.    Bae Soo Ji atau lebih dikenal dengan Bae Suzy dan biasa dipanggil Suzy merupakan aktor, penyanyi, penari, MC, serta model yang lahir di Gwangju, Korea Selatan pada 10 Oktober 1994. Wanita berwajah cantik asal Korea Selatan ini juga merupakan anggota dari grup wanita Miss A.

2.   Suzy merupakan anak ke 2 dari 3 bersaudara dari pasangan Bae Wan-young dan Jeong Hyun-sook, dan memiliki kakak perempuan yang bernama Bae Su Bin dan adik laki-laki yang bernama Bae Sang Moon. Suzy juga pernah mengenyam pendidikannya di School of Performing Arts Seoul.

3.    Sebelum memulai debutnya, Suzy adalah seorang model pertokoan belanja online. Ditahun 2009, Suzy mengikuti audisi Superstar K Mnet dan berhasil melewati babak penyisihan namun sayangnya ia di eliminasi. Tetapi sejak ia mengikuti audisi itu, pihak agensi JYP Entertainment tertarik padanya dan segera menjadikannya peserta training. Menghabisi waktu pelatihan selama 1 tahun, akhirnya Suzy bersama ketiga wanita lainnya yang bernama Fei, Jia, dan Min untuk debut di Tiongkok sebagai grup wanita baru bernama Miss A pada bulan Juli  2010 dengan lagu “Bad Girl Good Girl”. Di bulan Oktober, dia terpilih menjadi MC di program musik MBC “Show! Music Core” bersama dengan Onew, Minho, dan Jiyeon. Selain di Music Core, Suzy juga pernah menjadi MC di SBS Inkigayo dan M!Countdown.

4.  Di tahun 2011, Suzy mulai terjun ke dunia akting dengan membintangi beberapa serial drama salah satunya adalah “Dream High”, ia berperan sebagai Go Hyemi yang menjadi awal debutnya di seni peran. Dan ditahun 2017, Suzy beradu akting dengan Lee Jong Suk dengan serial drama terbarunya yang berjudul “While You Were sleeping”. Dan masih banyak drama lainnya yang dibintangi oleh Suzy. Tidak hanya drama, film layar lebar Suzy yang pertama berjudul “Architecture 101” membuat aktris dan penyanyi asal Korea Selatan ini semakin tenar. Film “Architecture 101” ini juga membuat Suzy mendapatkan julukan sebagai “National First Love”. Julukan tersebut didapatkannya dari kesuksesannya mencuri perhatian publik.

5.   Selain tampil gemilang sebagai aktris dalam setiap perannya, Suzy pun populer sebagai bintang iklan. Personil Miss A itu berhasil mengalahkan iklan-iklan yang dikantongi tiap member Girl’s Generation. Ia sudah membintangi 15 iklan berbeda sepanjang 2012 dan mengantongi 500 juta Won (Rp. 4 miliar) untuk sekali pemotretan iklan. Dari prestasinya tersebut, ia mendapatkan gelar Ratu Iklan 2012.

6.    Pada tanggal 7 Januari 2016, Suzy dan Baekhyun (EXO) merilis single kolaborasi berjudul “Dream”. Lagu tersebut meraih all-kill diberbagai tangga lagu Korea Selatan. Meski tanpa promosi di program musik mingguan, lagu tersebut meraih posisi pertama di Inkigayo dan Music Bank. Suzy dan Baekhyun pertama kali membawakan lagu “Dream” saat tampil di MAMA 2016 pada awal bulan Desember 2016 lalu. Setelah hampir 7 tahun debut bersama dengan Miss A, akhirnya Suzy resmi debut solo dengan mengeluarkan album mini pertama berjudul “Yes? No?”. Album mini tersebut resmi diluncurkan pada tanggal 24 Januari 2017, dengan lagu andalannya “Yes No Maybe”.

7.   Meskipun umurnya yang masih muda, berbagai penghargaan dan nominasi bergengsipun pernah diraihnya seperti di ajang 47th Baeksang Arts Awards dalam kategori Best New Actress, Famale Popularity Award, Mnet 20’s Choice Awards kategori Hot New Star, Korea Drama Awards kategori Best Rookie Actress dan Best Couple bersama Kim Soo Hyun yang diraihnya pada tahun 2011.

8.    Kerja keras yang disebut-sebut sebagai kunci keberhasilan bahkan pernah membuat Suzy mengalami cedera kaki saat konser di Beijing, tetapi ia masih dapat berdiri diatas panggung meskipun kakinya berdarah hanya untuk tidak mengecewakan penggemarnya. Setelah konser berlangsung, Suzy segera dilarikan ke rumah sakit demi mendapatkan perawatan medis.

9.  Bae Suzy merupakan sosok wanita muda yang patut dicontoh dalam kegigihannya untuk menggapai cita-cita sebagai aktor. Segudang prestasi ia raih, tak luput dari kerja keras yang selama ini ia lakukan menjadi tokoh publik.













DAFTAR PUSTAKA

Diakses pada 18 November 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar