Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 30 November 2017

Dr. Zakir Naik - Dokter sekaligus Penceramah Internasional Muslim dari India

Disusun Oleh : Ari Gunawan


1. Dr. Zakir Naik memiliki nama asli Zakir Abdul Karim Naik. Ia lahir di kota Mumbai (Bombay pada waktu itu), India, pada tanggal 10 Oktober 1965. Ia merupakan keturunan Konkani, yakni komunitas dengan Konkani sebagai bahasa ibu, terletak di pesisir barat India.

2. Ayah Dr. Zakir Naik bernama Abdul Karim Naik. Ia juga memiliki istri bernama Farhat Naik dan dua orang anak yang bernama Fariq Zakir Naik dan Rushda Naik.

3. Zakir Naik memulai pendidikannya dengan bersekolah di St. Peter’s High School (ICSE) di kota kelahirannya yaitu Mumbai. Dari sana ia kemudian masuk di Khishinchand Chellaram College dan kemudian ke Topiwala National Medical College, di sekolah tersebut, ia banyak mempelajari mengenai ilmu kesehatan. Hingga kemudian ia melanjutkan kuliahnya di University of Mumbai, India dengan masuk di jurusan kedokteran.

4. Secara profesi, ia adalah seorang dokter medis di kota Mumbai. Akan tetapi, sejak tahun 1991 ia mengambil keputusan dengan berhenti sebagai dokter medis dan kemudian beralih menjadi seorang pendakwah Islam. Ia menyatakan bahwa tujuannya ialah antara lain untuk berbicara mengenai Islam kepada non-muslim dan mengklarifikasikan segala macam kesalahpahaman tentang agama Islam itu sendiri., terutama labeling “terroris” dan “radikalisme”. Ia juga sebagai pembicara mengenai agama Islam sebagai agama yang sesuai dengan secara fakta ialah agama yang masuk akal dan cocok dengan ilmu sains modern untuk bisa meyakinkan non-muslim tentang kebenaran agama tersebut. Selain itu, Dr. Zakir Naik juga sebagai pendiri dan presiden Islamic Research Foundation (IRF), sebuah organisasi nirlaba Islam yang khusus dalam penelitian Islam dan perbandingan agama yang juga memiliki dan menyiarkan jaringan saluran TV gratis Peace TV dari Mumbai, India.

5. Saat masih menjadi mahasiswa Dr. Zakir Naik memperoleh gelar “Sarjana Kedokteran dan Bedah” (Bachelor of Medicine and Surgery, MBBS) dari Maharashtra waktu kuliah di University of Mumbai. Kemudian ketika ia menjadi penceramah salah satu kemampuan yang dimilikinya adalah ingatannya yang sangat kuat (hafalan) tentang al-qur’an dan hadits bukhori muslim. Selain itu ia juga memiliki hafalan kuat terhadap kitab-kitab agama lain seperti kitab weda, tripitaka, bhagavad gita. Bahkan dalam videonya di youtube, Dr. Zakir Naik terkadang mengoreksi kutipan dalam kitab Injil atau Bibel yang biasa diajukan oleh penonton yang menghadiri ketika sesi bertanya. Dalam hal ini beliau memiliki pengetahuan atau hafalan yang baik terhadap kitab Injil. Bahkan surat kabar Indian Express memasukkan nama Dr. Zakir Naik ke dalam daftar 100 orang India terkuat 2009. Ia juga masuk dalam daftar nama 10 guru spiritual terbaik di India, ia menjadi satu-satunya muslim dalam daftar tersebut. Ia juga banyak menulis artikel mengenai Islam yang di publikasikan di banyak majalah di India salah satunya adalah Islamic Voice.

6. Dr. Zakir Naik sempat melakukan debat publik dengan Willian Campbell dengan topik “Islam dan Kristen dalam ilmu pengetahuan”. Dalam debatnya keduanya membicarakan mengenai kesalahan-kesalahan ilmiah yang terdapat dalam kitab suci. Dr. Zakir Naik juga pernah menantang Sri Paus untuk melakukan debat publik namun sampai sekarang belum ada respon dari vatikan mengenai debat yang diinginkan Dr. Zakir Naik.

7. Thomas Blom Hansen, seorang sosiolog yang memegang posisi akademik di berbagai universitas telah menulis bahwa gaya Naik mengabadikan Qur’an dan Hadits dalam berbagai bahasa dan berpergian ke berbagai negara untuk membicarakan Islam bersama para teolog telah menjadikannya sangat terkenal di lingkungan Muslim dan non-Muslim. Meskipun ia biasa berbicara kepada ratusan hadirin dan kadang ribuan hadirin justru rekaman video dan DVD ceramahnya yang banyak di distribusikan. Perkataannya biasa direkam dalam bahasa Inggris untuk disiarkan pada akhir pekan di sejumlah jaringan TV kabel di lingkungan Muslim Mumbai dan di saluran Peace TV which he co-promotes. Topik yang ia bicarakan mencangkup : “Islam dan Ilmu Pengetahuan Modern”,”Islam dan Kristen”, dan “Islam dan Sekularisme”, diantara yang lain. Karena hafalannya yang kuat tentang Al-Qur’an dan Hadits serta kitab-kitab lainnya (Weda, Tripitaka, Bhagavad Gita, Injil atau Bibel). Dari itulah Dr. Zakir Naik telah mengislamkan banyak orang yang mengikuti ceramahnya dengan dakwah yang dibawakannya.

Daftar Pustaka : 
http://www.infobiografi.com/biografi-dan-profil-lengkap-dr-zakir-naik/ diakses pada November 2017.
https://id.wikipedia.org/wiki/Zakir_Naik  diakses pada November 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar