Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 22 November 2017

Ir. H. Joko Widodo : Pemimpin Gaya Blusukan Tanpa Pencitraan

Ir. H. Joko Widodo: Pemimpin Gaya Blusukan Tanpa Pencitraan

Disusun Oleh : Yuniar Permatasari






1.    Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961. Ia merupakan anak yang sempat hidup sederhana bersama orang tuanya di Surakarta.Dengan kesulitan yang dialami, Jokowi kecil terpaksa berdagang, mengojek payung, dan penjadi kuli panggul untuk membiayai keperluan sekolah dan uang jajannya.

2. Jokowi lahir dari pasangan orang tua yang bernama Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomihardjo.Beliau menikah dengan Iriana, wanita kelahiran Solo 1 Oktober 1963 yang merupakan cinta pertama dan terakhirnya.Dari pernikahannya dengan Iriana, Jokowi dikaruniahi tiga orang anak yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangerap. Selain dikenal sebagai sosok penyanyang untuk keluarganya, Jokowi juga dikenal sebagai penggemar berat music heavy metal. Ia bahkan menyebut dirinya sebagai penggemar berat band metal Metallica.

3.    Lahir dari keluarga sederhana tak membuat Jokowi minder dan takut untuk bermimpi tinggi. Pendidikan Jokowi dimulai dari SD Negeri 111 Tirtoyoso. Setelah lulus,Jokowi melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri 1 Surakarta dan kemudian lanjut ke SMA Negeri 6 Surakarta. Tidak putus sampai disitu saja, Jokowi melanjutkan pendidikan tertinggi dengan masuk Universitas Gajah Mada dengan jurusan kehutanan.Setelah mendapat gelar dari Universitas asal Yogyakarta tersebut, beliau merantau kerja di Aceh. Dimana beliau bekerja disalah satu BUMN. Setelah mendapat pengalaman, beliau kembali ke Surakarta dengan bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan CV Roda Jati. Selanjutnya pada tahun 1998 Jokowi mulai berbisnis dengan modal dan pengalaman yang dimiliki. Dimana beliau akhirnya berhasil mengembangkan bisnisnya di bidang mebel, pencapaiannya adalah menjadi eksportir mebel di Surakarta. Sebagai pengusaha furniture yang dikenal luas di Eropa, dari pertemanannya dengan orang Francis bernama Micl Romaknan itulah sapaan akrab "Jokowi" tersemat dalam dirinya.
           
4.   Setelah sukses di dunia bisnis, tahun 2005 Jokowi memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Dimana beliau mencalonkan sebagai walikota Solo bersama PDI Perjuangan. Pada pencalonan tersebut, beliau berhasil maju sebagai walikota Solo walaupun banyak yang meragukan kemampuannya karena basiknya yang seorang pengusaha mebel. Namun tanpa disangka selama kepemimpinan Jokowi bersama wakil walikota Solo yaitu F.X Hadi Rudyatmo, kota Solo mengalami kemajuan yang pesat. Dimana kota Solo menjadi tuan rumah berbagai acara penting sekelas duniadan memiliki tata kota yang lebih maju dibandingkan sebelumnya.Hal-hal yang dicapai sejak menjabat sebagai walikota Solo adalahMembangun pasar tradisional baru - termasuk pasar barang antik dan pasar peralatan rumah, membangun 7-km city walk dengan 3-meter lebar trotoar pejalan kaki sepanjang jalan utama Surakarta,revitalisasi Balekambang dan taman Sriwedari, peraturan ketat tentang menebang pohon di sepanjang jalan-jalan utama kota, rebranding Surakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa dan pariwisata di bawah tagline The Spirit of Java, mempromosikan kota sebagai pusat pertemuan, insentif, konvensi dan pameran (MICE), melarang anggota keluarganya dari penawaran untuk proyek kota, program asuransi kesehatan untuk semua penduduk.Transportasi umum dalam bentuk bis tingkat, dan Solo Techno Park, yang membantu mendukung proyek mobil Esemka Indonesia.

5.    Karena prestasinya mengubah Solo menjadi kota yang maju dan lebih baik, pada tahun 2012 Beliau dicalonkan sebagai gubernur Jakarta diusung oleh partai PDI Perjuangan. Dimana beliau bertanding di pemilihan gubernur Jakarta bersama Basuki Cahaya Purnama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ahok. Beliau yang merupakan sosok wong cilik atau rakyat kecil berupaya menjadikan Jakarta lebih baik dan lebih suka blusukan dalam setiap kampanyenya. Hingga akhirnya Beliau berhasil menjadi orang nomor satu di Jakarta pada saat itu.

6.    Program-program Jokowi yang ia janjikan mulai dilaksanakan untuk menuntaskan masalah-masalah di Jakarta yang sudah sangat kompleks. Untuk masalah macet,Jokowi membuat kebijakan untuk mempercepat pembangunan sarana transportasi masal seperti MRT dan monorel serta memperbanyak armada Transjakarta. Untuk masalah banjir, Jokowi juga bergerak cepat dengan merelokasi daerah-daerah resapan banjir dan memperbaharui serta memperbanyak taman dan hutan kota. Jokowi juga mengeluarkan Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Seperti di Surakarta, Jokowi juga bermaksud untuk menjadikan Jakarta sebagai kota festival. Total sebanyak 97 festival diadakan selama tahun 2013 di Jakarta, seperti Jakarta Night Festival, Pesta rakyat, Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan lain sebagainya.
           
7.    Belum genap satu periode menjadi Gubernur Jakarta, beliau harus kembali bergelut dalam kegiatan kampanye dan Pemilu dalam pencalonan dirinya sebagai presiden. Jokowi menjalani banyak perjuangan untuk menang sebagai Presiden ke tujuh. Perjuangannya membuahkan hasil dimana pada tanggal 20 Oktober seorang pengusaha mebel akhirnya dilantik secara resmi sebagai Presiden ke tujuh menggantikan kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.Gaya kepemimpinan Presiden Jokowi memang dikenal masyarakat dengan gaya blusukan. Selain itu gayanya yang sederhana dalam kehidupan juga dalam cara bicaranya menjadikan banyak rakyatnya yang mengagumi. Dimana selama masa kepemimpinan Jokowi menjadi Presiden banyak keputusan yang diambilnya. Dimana salah satunya adalah upaya pembangunan kemajuan Indonesia secara adil dan merata hingga pelosok negeri.

8.   Tidak ada penghargaan yang paling indah selain penghargaan dari mayarakat yang merasa teradili oleh kepemimpinan Jokowi. Tapi ada beberapa pengharagaan dan kehormatan yang Jokowi peroleh atas kepemimpinannya tersebut, diantaranya:
2008: Jokowi terdaftar oleh majalah Tempo sebagai salah satu dari 'Top 10 Walikota Indonesia  2008.
2011:  Ia dianugerahi Bintang Jasa Utama oleh Presiden Susilo Bambang  Yudhoyono.
2012: Jokowi menerima tempat ke-3 Penghargaan Walikota Se-dunia untuk "Mengubah sebuah kota penuh kejahatan menjadi pusat regional untuk seni    dan budaya dan kota yang menarik bagi wisatawan. Ia tercatat sebagai salah satu dari "The Leading Global Thinkers of 2013”.
2013:  Di Foreign Policy (majalah). Pada Februari 2013 ia dinominasikan sebagai walikota   global bulan tersebut oleh The City Mayors Foundation yang berbasis di    London 
2014: Jokowi masuk daftar Fortune (majalah) sebagai salah satu '50  pemimpin terhebat di   Dunia               

9.    Jokowi mempunyai kepemimpinan yang bisa dipercaya, jujur, dan bersih. Beliau mempunyai karakter mau mendengarkan apa yang dikehendaki masyarakat, dan yang terpenting dia mau melaksanakan dengan serius apa yang dikehendaki masyarakat itu. Strategi komunikasi pencitraan paling ampuh di era keterbukaan informasi adalah kerja nyata untuk rakyat. Tanpa mau terjun langsung ke rakyat, pencitraan politik hampir pasti tidak ada artinya. Jokowi adalah bukti.








Daftar Pustaka:
            Biografi Singkat Jokowi | www.zonasiswa.com
            http://www.biograficom.com/biografi-jokowi/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar