Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 26 November 2017

Gita Gutawa - Gadis Multi Talents & Berbakat

Gita Gutawa - Gadis Multi Talents & Berbakat
Disusun oleh : Novi Handayani


1.  Aluna Sagita Gutawa yang kerap disapa Gita Gutawa merupakan sosok aktris dan penulis lagu yang lahir di Jakarta pada tanggal 11 Agustus 1993
2.  Putri dari pasangan Erwin Gutawa, seorang komponis ternama, dan Lutfi Andriani. Sebagai anak pertama, Gita suka menyaksikan pertunjukan musik ayahnya. Oleh sebab itu, ia didaftarkan di sebuah kursus piano klasik, dan kemudian dikirim untuk mengikuti kursus vokal dalam rangka mengembangkan suara soprannya. Gita mendapat dukungan penuh dari ayahnya, yang turut membantu membimbingnya. Dalam konser Dekade Chrisye – yang seringkali berkolaborasi dengan ayahnya – ia diundang untuk tampil di atas panggung. Gita kemudian mengatakan bahwa Chrisye adalah salah seorang idolanya.
3.    Saat menempuh pendidikan di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, ia terpilih sebagai siswa terbaik selama lima tahun berturut-turut. Setelah terkenal, Gita tetap bersekolah di SMP Al-Izhar, bukannya bersekolah rumah seperti kebanyakan artis remaja Indonesia lainnya. Gita menganggap bahwa "menghadiri sekolah biasa lebih menarik", mempunyai banyak teman dan punya kesempatan untuk bersosialisasi. Setamat SMP, Gita melanjutkan ke SMA Bina Nusantara. Pada tahun 2009, Gita dipilih oleh Sampoerna Foundation;– yang dijalankan oleh perusahaan investasi Sampoerna Strategic – sebagai duta muda pertama yang ikut berperan secara langsung dalam pengambilan keputusan perusahaan. Tindakan pertama yang dilakukan Gita salah satunya adalah dengan berjanji bahwa sebagian hasil penjualan Harmoni Cinta akan digunakannya untuk menyekolahkan anak-anak Indonesia yang hidup dalam kemiskinan; setiap penjualan dua puluh album cukup untuk menyekolahkan satu anak.
4.    Pada tahun 2004, Gita didekati oleh manajer ADA Band, yang kebetulan mendengarnya sedang berlatih bernyanyi di sebelah studio band tersebut. Gita lalu diminta untuk berduet dengan vokalis ADA Band, Donny. Meskipun saat itu Gita hanya menjadikan bernyanyi sebagai hobi, namun ia tetap menerima tawaran tersebut. Lagu duetnya yang berjudul "Yang Terbaik Bagimu" disertakan dalam album ADA Band tahun 2005, Surga Cinta. Album ini terjual sebanyak 800.000 kopi. Setelah berduet dengan beberapa penyanyi lainnya, termasuk penyanyi religi Haddad Alwi, Gita ditawari untuk merekam album solo oleh Sony Music Indonesia.
Setelah kesuksesan album Gita Gutawa, Gita mulai ditawari untuk tampil di sejumlah iklan televisi. Ia juga ditawari untuk bermain dalam beberapa judul sinetron, termasuk Ajari Aku Cinta, yang menggunakan lagunya berjudul "Bukan Permainan" sebagai lagu tema. Gita menerima tawaran tersebut, menganggapnya sebagai promosi untuk peran utama. Ia kemudian juga membintangi sekuel sinetron tersebut, Ajari Lagi Aku Cinta.
Dalam sebuah wawancara dengan Jakarta Globe pada tahun 2011, Gita berkata bahwa ia akan tetap melanjutkan kegiatan bernyanyi sebagai hobi meskipun hal itu sudah menjadi kariernya. Gita seringkali memperoleh inspirasi dari pengalamannya sendiri, serta dari teman-temannya. Ketika ia mendapat inspirasi, ia akan segera menulis lirik lagu dan mengerjakan melodinya.
5.    Album debut Gita diterima dengan baik oleh masyarakat dan kritikus musik Indonesia. Album tersebut mendapat sertifikat triple platinum dan memenangkan empat penghargaan musik nasional; Penyanyi Terbaik dan Album Terbaik SCTV Awards 2007, serta Pendatang Baru Terbaik dan Album Terbaik Anugerah Musik Indonesia 2008. Juliani Harsianti dari The Jakarta Post menggambarkan Gita "memiliki suara yang jernih dan gaya yang segar" dalam album tersebut.
Tahun 2007 | SCTV Awards - Sebagai Penyanyi Ngetop
Tahun 2008 | International Nile Child Song Festival - Grand Prize
Tahun 2008 | SCTV Awards - Album Terbaik
Tahun 2008 | Anugerah Musik Indonesia - Artis Pendatang Baru Terbaik
Tahun 2008 | Anugerah Musik Indonesia - Album Terbaik
Tahun 2009 | Indonesia Kids Choice Awards - Penyanyi Wanita Terfavorit
Tahun 2010 | Indonesia Kids Choice Awards - Penyanyi Wanita Terfavorit 
Pada saat melalukan wawancara dengan Jakarta Globe pada tahun 2011, Gita berkata bahwa ia akan tetap melanjutkan kegiatan bernyanyi sebagai hobi meskipun hal tersebut sudah menjadi kariernya. Gita seringkali memperoleh inspirasi dari pengalamannya sendiri, serta dari teman-temannya.
6.    Gita Gutawa mengaku sangat konsen dengan permasalahan anak, apalagi setelah ia terlibat dalam acara sosial Voice Of Children. Gita sangat sedih setelah mendengar kekerasan terhadap anak belakangan ini, terutama mengenai peristiwa anak perempuan dibawah umur yang ditemukan meninggal di dalam kardus.
Keprihatinan Gita ini dipaparkan olehnya saat ditemui di Shangrila Residence. Jln. Jendral Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220, Indonesia. Rabu (7/10).
"Pastinya sedih, penginnya aku ramai ramai melawan kejadian seperti itu. Mudah mudahan kedepannya dengan disorot dan adanya peristiwa ini, orang-orang akan berpikir bahwa anak anak harus dijaga," ujar Gita.
Melihat kekerasan pada anak, Gita sendiri mengaku pernah mengalaminya. Salah satunya kasus bully yang pernah menimpanya saat di sekolah.
"Pengalaman seperti itu tidak yah. Tapi dulu pernah mengalami di-bully di sekolah, 80 persen anak di Indonesia pasti pernah mengalami bully di sekolah. Bully sebenarnya bentuk kekerasan juga yang kadang tidak disadari oleh kita, tapi itu sebenarnya sama seperti kekerasan fisik," Ketus Gita.
Tapi Gita tidak mau mengungkapkan moment-moment saat ia mengalai bully di sekolah dari teman-temannya, baginya itu menjadi pengalaman sendiri yang tidak harus diumbar ke publik.
"Aku tidak mau menjelaskan pengalaman bully seperti apa, tapi aku pernah dibully di sekolah. Alhamdulillah mungkin masih banyak yang di-bully lebih parah dari aku, tapi aku tidak mau menjelaskan bully-nya seperti apa, yang pasti aku yakin bully itu salah. Tradisi mem-bully harus dihilangkan," tegasnya.
7.    Gita Gutawa merilis album barunya yang bertajuk 'Gita Puja Indonesia', di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).Gita menjelaskan bahwa album barunya merupakan persembahannya untuk Indonesia dan juga untuk generasi muda agar selalu mengingat lagu nasional.
"Semoga saja album baru aku bemanfaat bagi generasi muda dan juga Indonesia. Itu sih harapannya," kata Gita Gutawa.

Diakses pada November 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar