Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 23 November 2017

ZAYN MALIK – MUSISI MULTITALENTA ASAL BRADFORD



Disusun oleh : Vebby Ardiyana





(1)Zayn Jawaad Malik atau yang terkenal dengan sebutan Zayn Malik ini dilahirkan pada tanggal 12 Januari 1993 di Lane Baildon, Inggris.Semasa kecilnya ia tinggal di East Browling Bradford. Zayn memulai pendidikannya di Lower Fields Primary School dan melanjutkan ke Tong High School. Sebelumnya, Zayn sudah beberapa kali pindah sekolah karena merasa tidak cocok dengan lingkungan sekolahnya yang dulu. Dan saat di sekolah Tong High School inilah ia mulai merasakan kecocokan, dan di sekolah ini Zayn mengembangkan bakatnya, lalu dapat mengikuti The X Factor. Saat mengikuti The X Factor, kakeknya Walter meninggal dunia. Zayn memiliki tato di dadanya dengan nama kakeknya dalam bahasa Arab.


(2)Zayn mempunyai 3 saudara kandung yaitu kakak perempuan bernama Doniya Elisha Malik, adiknya bernama Waliyha dan Safaa. Ia terlahir dari pasangan Yasser dan Tricia Malik. Ayahnya berdarah Inggris Pakistan dan ibunya berdarah Inggris yang dibesarkan dengan agama kristen, dan masuk islam ketika sudah menikah.



(3)Malik dibesarkan di East Bowling, di sebelah selatan pusat kota Bradford. Dia menempuh pendidikan di Lower Fields Primary School dan Tong High School, di Bradford. Malik telah menyatakan dia mulai bangga dengan penampilannya setelah pindah sekolah di usia 12, dan ketika remaja ia mengambil kelas seni dan tampil di produksi sekolah. Dia tumbuh dengan mendengarkan rekaman ayahnya, seperti R&B, hip hop, reggae dan juga musik Bollywood. Dia mulai menulis lagu rap ketika masih di sekolah, dan tampil untuk pertama kali ketika penyanyi Jay Sean mengunjungi sekolahnya. Malik juga mengikuti Tinju selama dua tahun dari umur 15-17. Sebelum karier musiknya, ia awalnya berencana untuk mempunyai karier sebagai guru Bahasa Inggris.



(4)Pada 2010, Malik mengikuti audisi sebagai peserta solo untuk The X Factor seri ketujuh dari kompetisi bernyanyi televisi Inggris The X Factor. Dia menyanyikan "Let Me Lovely You" dari Mario sebagai lagu audisinya dan diterima ke babak selanjutnya. Saat audisi The X Factor, Malik mengungkapkan motivasinya mengikuti acara itu adalah untuk mencari pengalaman. Ia gagal untuk maju di kategori "Boys" ke tahap rumah juri, tapi setelah saran dari Nicole Scherzinger dan Simon Cowell, ia disatukan bersama dengan Harry Styles, Niall Horan, Liam Payne, dan Louis Tomlinson, untuk membentuk grup yang kemudian dikenal sebagai One Direction. Grup ini secara cepat mendapatkan popularitas di Inggris, selesai di posisi ketiga dan dikontrak oleh Cowell £2 juta dari Syco Music.

Malik pun memutuskan untuk keluar dari One Direction pada 25 Maret 2015. Pada bulan Juli 2015 Malik mengumumkan bahwa dia telah menandatangani sebuah kontrak rekaman dengan RCA Records dan segera mengeluarkan single pertamanya yang berjudul “Pillowtalk” dan mengeluarkan album yang berjudul “Mind Of Mine”. Malik pernah mengalami ansietas atau kecemasan berlebihan sejak dirinya memutuskan menjadi penyanyi solo sehingga ia pernah membatalkan penampilannya di "Capital Summertime Ball". Ia pun merasa benar-benar menyesal karena telah mengecewakan ribuan orang yang telah menunggunya di acara tersebut. 

(5)Mind of Mine memulai debutnya di nomor satu di sejumlah negara, termasuk Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, Norwegia, Swedia, dan Amerika Serikat, di mana ia menjadi artis solo pria Inggris pertama yang debut di nomor satu dengan album perdananya. Malik memulai debutnya di puncak tangga lagu AS Billboard 200 menghasilkan 157.000 unit setara album di minggu pertama, dengan 112.000 berasal dari penjualan album murni. Malik juga merupakan artis pria Inggris pertama yang debut di nomor satu di Inggris dan AS, dan artis ketiga yang debut di nomor satu pada kedua Billboard  200 dan Hot 100 dengan entri debut di setiap tangga lagu (bersama dengan Lauryn Hill dan Clay Aiken). Malik juga menduduki puncak tangga lagu Billboard Artist 100, menggantikan Justin Bieber di puncak, dan melampaui puncak nomor dua One Direction di tangga lagu. Selama 2 tahun bersolo karir (2015-2017)  Malik telah meraih banyak penghargaan salah satunya “Best Solo Breakout” dan “Choice Summer Male Star”

(6)Zayn mengakui bahwa motivasinya mengikuti audisi THE X FACTOR itu adalah untuk mencari pengalaman. Zayn merupakan seorang perokok berat, dan ia berusaha untuk berhenti merokok walaupun sangat sulit. Kesuksesan Zayn justru dapat memperbaiki nama baik Islam di dunia barat



Daftar pustaka:
https://id.wikipedia.org/wiki/Zayn_Malik(diakses pada 15 November 2017)
(diakses pada 15 November 2017)
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar