Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 22 November 2017

Reza Oktovian - Gamers Ganteng Idaman

Disusun oleh : Wa Ode Savira Della Nissa


  1. Artis ini dikenal dengan sebutan Reza Oktovian. Lahir pada tanggal 15 Oktober 1990 di Jakarta. Ia lahir premature, 7 bulan sudah lahir ke dunia ini, terus beratnya itu cuman 0,8 kg. Ia dilahirkan dengan kondisi tubuh yang premature, mengharuskannya menjalani proses inkubator, karena alat itulah yang membantunya untuk bertahan hidup. Lahir dengan berat badan yang rendah hanya sebesar botol air mineral 600ml, organ di tubuhnya pun belum berkembang dengan baik, maka ia divonis memiliki penyakit jantung. Penyakit yang dideritanya merupakan penyakit yang serius karena jantung adalah satu organ yang berperan dalam sistem peredaran darah manusia, membuatnya harus menjalani serangkaian proses medis di Rumah Sakit Harapan Kita selama dua tahun. Jantungnya sangat lemah sehingga membuat aktivitas seperti menangis, lari bahkan tertawa pun ia muntah.
  2. Tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan papa dan mama Reza, mereka memutuskan untuk bercerai ketika ia baru lahir. Perebutan hak asuh anak pun terjadi dan pengadilan memutuskan Reza tinggal bersama mamanya. Mamanya seorang guru tari Latin profesional dan seorang pekerja keras. Sewaktu Reza masih bayi ia selalu membawa Reza ketika ia berkerja. Reza diletakan diatas sofa panjang yang empuk. Uang dari hasil mengajarnya dipakai untuk membeli susu, popok, selimut agar Reza tetap hangat walaupun di tempat yang ber-AC, dan juga untuk membayar tunjangan rumah sakit. Sejak ia lahir, orang tuanya sudah berpisah dan ia tinggal bersama ibunya. Sejak kecil, Reza sudah sangat menggemari dunia game. Setiap pulang sekolah ia langsung bermain game favoritnya. Ibu Reza sendiri tidak sama dengan ibu lainnya yang kerap kali memarahi anaknya jika anaknya sering dan hobi bermain game. Ibu Reza malah sering memberikan Reza CD baru dengan game-game terbaru yang disukai Reza. Lalu, ibunda Reza memutuskan untuk pindah ke luar kota. Tetapi, Reza tidak menginginkan hal tersebut dan memilih untuk tetap tinggal di Jakarta. Karena tidak adanya kehadiran orang tua, maka dia harus memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Dia pun akhirnya terpaksa harus bertahan hidup sendiri. Berbagai macam pekerjaan sudah pernah ia lakukan dari mulai menjadi seorang kasir, penjaga warnet, berjualan kosmetik dari rumah ke rumah hingga menjadi tukang ojek. Hal ini tentu dilakukannya untuk bertahan hidup di Jakarta. Pribahasa yang cocok untukReza adalah, Buah jatuh tidak jauh dari pohonya. Karena bakat menari mamanya pun turun kepada Reza, di usia delapan tahun Reza sudah mahir menari dalam tarian Cha-Cha. Karena kehebatan itulah, sang mama memanggilnya "caca"sebagai nama kesayangannya.
  3. IQ nya sangat tinggi,mencapai 140 dan selalu ranking tiga besar di sekolah dasar. Dan tidak hanya memiliki keahlian dalam seni tari namun dalam bermain games Caca pun juaranya, melihat kondisi tubuhnya yang lemah mengharuskan Caca untuk lebih banyak beristirahat ketimbang mengikuti hobinya. Sehingga hari-harinya pun banyak dihabiskan dengan bermain games dan belajar, karena mamanya selalu membelikan Caca konsul-konsul games seperti sega, nitendo dan ps. Apapun akan dibelikan olehnya untuk membuat Caca bahagia. Mamanya benar-benar tidak pernah melarang Caca untuk bermain game biarpun sedang banyak PR atau ujian, dia tetap mengizinkannya "Karena dia tahu, kalau aku sudah bosan, aku akan belajar," ujar Caca. Dari situlah dapat dibayangkan bahwa Caca menjadi anak rumahan yang di kelilingi dengan berbagai jenis game dan Caca menyebut dirinya sebagai "anak rumahan garis keras.”
  4. Reza Oktovian adalah salah satu Youtuber paling sukses dari Indonesial. Ia adalah seorang Youtuber Gaming, Youtuber yang mengisi channelnya dengan video-video pada saat ia sedang bermain game. Reza Oktovian mulai dikenal oleh para netizen sejak beberapa tahun yang lalu. Saat ini, channel Youtubenya sudah memiliki 1.445.737 subscriber pada saat artikel ini ditulis. Selain itu, Reza juga sudah mengunggah 371 video di channel tersebut. Untuk bertahan hidup di Jakarta, yang tentunya Caca sendirian ia melakukan apapun mulai dari menjadi kasir warnet dengan gaji 8000 perjam, menjual kosmetik dari pintu ke pintu, menjual kaset DVD, hingga menjadi tukang ojek pun ia jalani. Ketika hasil dari kerja kerasnya sudah terkumpul, barulah Caca pergi dari rumah temannya karena rasa tidak enak sudah menumpang sekian lamanya, ia memilih untuk tinggal di sebuah kosan daerah pasar baru. Caca pun mulai beralih dari perusahaan game menjadi MC, Karena Caca dekat dengan Edho, otomatis ia mengenal teman-teman Edho yang lain, ada Zachri, Insu, dan Vic. Lalu mereka berempat, mengajak Caca untuk membuat saluran YouTube dengan nama"Happy Holiday Indonesia", saluran tersebut menjadi sorotan banyak orang karena aksi kegilaannya yang diunggah di YouTube seperti lomba berlari dengan helm yang terbakar, menggoreng pisang dengan tangan, mengoleskan obat jamur yang memerihkan kulit ke alat kelamin, dan menggetok kepala. Karena saluran ini lah Caca mulai dikenal bukan sebagai Caca, melainkan sebutan lamanya sebagai "Arap". Happy Holiday Indonesia juga berprestasi dalam mengharumkan nama Indonesia, satu videonya sangat begitu terkenal ketika Happy Holiday Indonesia mengadakan flashmob di bundaran HI karena video itulah, banyak orang-orang dari penjuru dunia yang mulai mengetahui Jakarta.
  5. Reza menekuni channel Youtube nya dan terus membuat video-video berkualitas. Namun, videonya ia buat pada saat malam hari karena siangnya dia isi dengan aktivitas lain.Salah satu prestasi yang patut dibanggakan dan sekaligus menjadi penambah semangat dia adalah pada saat dirinya masuk Youtube Rewind Indonesia tahun 2014. Youtube Rewind sendiri merupakan ajang yang mengumpulkan youtuber-youtuber terbaik, yang dulu hanya ada di luar negeri. Namun sekarang sudah ada di Indonesia dan jumlah subscriber channel Reza pada saat itu sudah mencapai 10.000 subscriber.Selain prestasi diatas, Reza juga pernah diundang ke Korea untuk mengisi acara Night Award TV Asia dan disana Reza mendapatkan penghargaan sebagai channel Youtube gaming yang paling populer di Indonesia.
  6. Suatu hari, mamanya memutuskan untuk pindah ke Palembang, dengan terpaksa Caca pun harus ikut pindah bersama sang mama, karena rumahnya di Mangga Besar sudah laku terjual. Tak lebih dari seminggu Caca merasa asing dan tidak terbiasa untuk tinggal disana. Ia meminta izin kepada mama untuk kembali pergi ke Jakarta, tapi sayang mama tak mengizinkannya. Caca sempat bertengkar dengan mamanya demi niat untuk kembali lagi ke Jakarta.Sampailah di Jakarta, tak ada tempat yang dituju akhirnya ia menginap di rumah teman dan menumpang selama enam bulan lamanya.
  7. Reza Oktavian memiliki sifat yang pantang menyerah, bekerja keras untuk bertahan hidup di Jakarta. Kerja kerasnya patut di hargai karena dia memulai kariernya dari nol sehingga menjadi Reza Oktavian yang sekarang.

Daftar Pustaka:
  1. https://selebyoutube.com/profil-lengkap-dan-biodata-reza-arap-oktovian/amp/ diakses pada tanggal 14 November 2017 
  2. https://youtu.be/RkeQCEeL4v8 diakses pada tanggal 14 November 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar