Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 23 November 2017

Recep Tayyip Erdoğan – Pemimpin Muslim Pemberani yang Berpengaruh di Dunia

Disusun Oleh: Ayuni Rahmawati – XI Akuntansi 2


  1. Recep Tayyip Erdoğan lahir pada tanggal 26 Februari 1954 di Istanbul, Turki  tetapi dibesarkan di Rize, pesisir Laut Hitam dan kembali ke Istanbul pada usia sekitar 13 tahun dalam sebuah keluarga kelas menengah. Ayahnya adalah seorang pelaut yang bertugas sebagai penjaga pantai di Angkatan Laut dan berasal dari Rize yang bernama Ahmet Erdoğan dan ibunya bernama Tenzile Erdoğan. Beliau memiliki seorang istri bernama Emine Gülbaran dan juga 4 orang anak yang bernama Ahmet Burak Erdoğan, Necmettin Bilal Erdoğan, Esra Erdoğan, Sümeyye Erdoğan.
  1. Berkat hobinya yaitu bermain bola, ia pernah menjadi pemain sepak bola semi profesional pada usia 16 tahun namun berhenti dan lebih memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan angkutan di Istanbul. Masa sekolahnya ia habiskan untuk belajar di sekolah agama, Sekolah Imam Hatip dan melanjutkan ke Universitas Marmara untuk belajar ekonomi dan bisnis.
  1. Karier politik Recep Tayyip Erdoğan sendiri dimulai ketika ia mulai bergabung dengan Partai Islam yang bernama Milli Selâmet Partisi, namun partai tersebut bubar sebab terjadi kudeta militer pada tahun 1980 yang mengakibatkan semua partai yang ada di Turki dibubarkan. Setelah stabilitas politik di Turki sudah mulai pulih kemudian Recep Tayyip Erdoğan menjadi ketua partai kesejahteraan yang didirikan oleh para bekas anggota partai Milli Selâmet Partisi. Akhirnya, setelah mengalami berbagai kendala Erdoğan terpilih menjadi walikota Istanbul Raya melalui partainya. Beberapa keberhasilannya dalam merancang tata kota Istanbul seperti mengurangi pengangguran, memberikan air bersih bagi warga Istanbul, memerangi prostitusi dan sebagainya membuat tokoh bermarga Erdoğan ini semakin terkenal.
  1. Saat Erdoğan menjadi walikota, beliau pernah dipenjara pada 12 Desember 1997 selama beberapa bulan karena puisinya dianggap mengkhianati asas sekularisme negara dan menjadi sumber perpecahan kelompok dan agama. Puisi yang dibacakan merupakan bait puisi dari penyair Ziya Gokalp yang menurut pengadilan dianggap sebagai bentuk provokasi terhadap rakyat untuk membangkitkan rasa keberagamaan keyakinan tertentu. Tapi pada waktu itu beliau justru mendapat simpati dari rakyat banyak karena karakternya yang berani menegakkan kebenaran.
  1. Setelah masa tahanannya habis, Erdoğan mendirikan partai AKP (Adalet ve Kalkinma Partisi) atau Partai Keadilan Pembangunan pada tahun 2001 yang berhaluan islam yang kemudian menjadi partai terbesar di negara bekas kekhalifahan Ottoman tersebut. Dengan begitu, dia dapat memenangkan pemilihan umum sebagai Perdana Menteri Turki tahun 2003 yang melambungkan namanya menjadi salah satu pemimpin terbaik dunia.
  1. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa keberhasilan pembangunan yang dilakukannya, seperti menjadikan Turki berhasil masuk sebagai negara dengan ekonomi terkuat di dunia ke urutan 16 yang sebelumya berada di urutan 111 dunia, kemudian menekan tingkat pengangguran menjadi 2% dari 35% yang diimbangi dengan kenaikan gaji hampir 300% untuk pegawai, mengembalikan kebiasaan pengajaran Al Quran dan Hadits di sekolah-sekolah negeri Turki, dan keberhasilan lainnya yang membuat Turki disegani sebagai salah satu negara terkuat di Eropa.
  1. Ketika masa jabatannya selesai pada tanggal 28 Agustus 2014, Recep Tayyip Erdoğan kemudian mencalonkan diri sebagai Presiden Turki yang ke-12 dengan dukungan partai AKP dan hasilnya Erdoğan terpilih sebagai Presiden Turki pada tanggal 10 Agustus 2014. The Royal Islamic Strategic Studies Centre bahkan memasukkan namanya sebagai tokoh muslim paling berpengaruh nomor dua di dunia pada tahun 2010 dan juga majalah Time sebagai tokoh populer tahun 2011.
  1. Berbagai keberhasilan pembangunan Recep Tayyip Erdoğan dalam memimpin Turki membuatnya pantas mendapat gelar sebagai tokoh muslim berpengaruh di dunia. Beliau bukan hanya pemimpin yang hebat dalam berargumen namun juga pemimpin yang berani untuk mengungkapkan kebenaran walaupun dia tahu akan ada banyak risiko yang dihadapi.

DAFTAR PUSTAKA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar