Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 24 November 2017

Chelsea Islan - Seniman Muda Berkarya

Disusun oleh: Yolanda Alfrida Ariestiani
  1. Chelsea Islan lahir pada 2 Juni 1995 di Washington DC, Amerika Serikat. Ia mempunyai nama lengkap Chelsea Elizabeth Islan, namun lebih akrab dipanggil dengan nama Chelsea Islan. Sejak usia dini, Chelsea memang sudah tertarik dengan pertunjukan teater. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar Mentari International School Jakarta, ia memang gemar mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berbau kesenian. Tak hanya itu, menyimpan kanvas untuk dilukis juga menjadi bagian kesukaannya ketika masih kanak-kanak. Sejak kecil ia telah mengenal Jepang melalui film-film animasi di televisi dan negeri Jepang menyisakan kenangan indah yang menghiasi memori masa kecilnya. Chelsea semasa kecil adalah gadis tomboy yang menyukai olahraga yang rata-rata disukai para lelaki. Ia suka bermain futsal, gokart dan taekwondo. Masa kecilnya mempengaruhi kebiasaannya hingga kini, salah satunya adalah hobinya yang suka membaca. 
  2. Chelsea lahir dari pasangan Indra Budianto dan Samantha Barbara. Ia lahir sebagai anak pertama dari dua bersaudara, Arindra Budianto merupakan adiknya. Ayahnya bekerja sebagai arsitek sedangkan ibunya bekerja dibidang advertising. 
  3. Chelsea menginjak pendidikan Sekolah Dasar di Sekolah Dasar Mentari International School Jakarta. Chelsea pada saat kelas 4 SD ia telah ditawari bermain sinetron, tetapi ajakan tersebut ditolak karena pada saat itu ia dan keluarga lebih memilih pendidikan dibandingkan bermain sinetron. Pendidikan terakhir Chelsea yaitu di SMA Bina Nusantara. Untuk mendalami akting dan fokus didunia peran ia rela menunda sementara keinginannya untuk melanutkan sekolah ke perguruan tinggi.
  4. Chelsea mengawali karir sebagai model dalam sebuah video klip yang dibuat oleh grup band Peterpan. Nama besar Peterpan kala itu membuat Chelsea semakin dikenal oleh masyarakat luas. Ia mengawali karir dalam perfilman lewat film “Refrain” bersama dengan Maudy Ayunda dan Afgan. Walaupun bukan merupakan pemeran utama namun actingnya dipuji banyak orang. Karena hal tersebut namanya semakin meroket dan pada tahun 2014 dia kembali bermain dalam film “Street Society”. Film ini merupakan film Indonesia yang bergenre aksi otomotif yang didistribusikan oleh Ewis Picture dan disutradarai oleh Awi Suryadi dengan Marcel Chandrawinata. Dalam film ini ia berperan sebagai Karina, seorang DJ cantik dan berbakat. Masih pada tahun yang sama ia juga bermain dalam film berjudul “Merry Riana”, dalam film tersebut Chelsea bermain sebagai pemeran utama bersama Dion Wiyoko. Film “Merry Riana: Mimpi sejuta dolar” ini ditonton oleh salah satu orang penting yaitu mantan Presiden Indonesia BJ Habibie. Menurut Chelsea, hal itu menjadi kado Natal terindah bagi dirinya. Pada tahun 2015 Chelsea juga membintangi dua film yaitu “Dibalik 98” dan “Guru Bangsa: Tjokroaminoto”. Tidak hanya bermain dalam film, ia juga bermain untuk serial TV “Tetangga Masa Gitu?” adalah komedi situasi yang menampilkan kehidupan sehari-hari dua pasangan suami istri. Ia berperan sebagai Bintang, seorang wanita cantik istri dari Bastian.
  5. Pilihan Chelsea untuk menunda melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi ini tidak mengecewakan. Ia berhasil meraih sejumlah penghargaan diusia yang muda. Ia bukan hanya cantik dan menawan, namun juga memiliki kemampuan berakting yang cukup luar biasa. Lewat film “Social Society”, Chelsea sempat masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik dari Piala Maya 2014. Perannya dalam film “Dibalik 98” ini telah menggiring Chelsea dalam tiga nominasi sekaligus di antaranya Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Pemeran Utama Wanita Terfavorit pada Indonesian Movie Awards 2015 dan Pemeran Utama Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2015. Selain sejumlah nominasi, ia justru dinobatkan penghargaan lain. Chelsea dianugerahi sebagai pemenang Actress of the Year, Indonesian Choice Awards 2015 dan 2016. Perannya dalam film “Rudy Habibie” ini pun kembali diganjar penghargaan Pemeran Utama Wanita Terpuji di Festival Film Bandung 2016. Tak hanya itu penghargaan yang diperoleh Chelsea. Perannya di “Rudy Habibie” ini juga masuk dalam Indonesian Box Office Movie Awards. Dan juga film “3 Srikandi” melalui Piala Maya 2016 ia mendapatkan penghargaan sebagai aktris pendukung terpilih.
  6. Chelsea pernah digosipkan menjalin percintaan dengan Deva Mahendra lawan mainnya di serial televisi “Tetangga Masa Gitu?”. Tapi, seiring berjalannya waktu hubungan keduanya terungkap ternyata selama ini mereka hanya berteman. Lalu, muncul kedekatan antara Chelsea dengan Chicco Jerikho tapi lagi-lagi itu hanya isapan jempol belaka karena diketahui Chicco telah memiliki kekasih. Dan kini, kabar terbaru Chelsea dikabarkan menjalin hubungan percintaan dengan Bastial Steel. Walaupun belum ada bantahan, tapi sepertinya hubungan mereka juga hanya sebatas teman belaka.
  7. Chelsea merupakan tipikal perempuan yang serius dan tidak bisa melucu. Ia memiliki jiwa sosial yang tinggi seperti keikutsertaannya dalam organisasi love pink untuk dukungan moral pada penderita kanker. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar