Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 27 November 2017

FATIMAH AZ ZAHRA : Ratu Wanita Sholeha di Surga


Disusun oleh  : Silva Hardiyani Putri

1.    Fatimah Binti Nabi Muhammad SAW lahir pada 20 jumadil akhir di Mekkah, yaitu lima tahun sebelum Nabi di angkat menjadi Rasul. Fatimah mendapat  julukan Az zahra karena beliau tidak pernah haid dan pada saat melahirkan nifasnya hanya sebentar, selain itu beliau mendapat julukan Az zahra karena ketika beliau melaksanakan shalat sunnah terpancarlah cahaya dari dirinya. Fatimah Az-Zahra memiliki kepribadian yang sabar,dan penyayang karena tidak pernah melihat atau dilihat lelaki yang bukan mahromnya. Rasullullah sering sekali menyebutkan nama Fatimah, salah satunya adalah ketika Rasulullah pernah berkata " Fatimah merupakan bidadari yang menyerupai manusia". Fatimah adalah putri ke -4 dari Nabi Muhammad SAW dan Khadijah binti Khuwalid, Ketika ibu nya meninggal, Fatimah lah yang mengurus atau merawat Ayahnya. Suami Fatimah bernama Ali Bin Abi Thalib. Fatimah mempunyai 5 anak , yaitu Hasan ,Husain, Muhsin, Zainab dan Ummu Kultsum. Muhsin sudah meninggal sejak kecil..

2. Semasa hidupnya Fatimah selalu menemani Ayahnya, Fatimah pernah ikut bersama Rasul ketika ingin merebut Mekkah, beliau juga pernah melaksanakan ibadah Haji Waqad bersama Ayahnya.Fatimah sangat menyayangi Rasul, pernah suatu ketika Fatimah melihat Ayahnya terluka sepulang dari perang Uhud, pipi Fatimah penuh dengan airmata. Beliau tak tega melihat Ayahnya terluka seperti itu, tanpa berfikir panjang Fatimah pun merawat lukanya hingga sembuh.

3.  Fatimah dikenal sebagai wanita yang dermawan, tidak pernah sekalipun beliau mengizinkan tamu melangkahkan kaki dari rumahnya tanpa membawa apapun. Pernah suatu ketika, Salman membawa seseorang yang baru masuk islam mengunjungi rumah Fatimah, sebelumnya Salman telah membawa orang itu ke berbagai rumah namun tidak ada yang bersedia memberinya makan. Akhirnya, Salman membawanya kerumah Fatimah, setelah sampai disana salman menjelaskan maksud dan tujuan dari kedatangannya, Fatimah yang mendengar merasa sedih karena di rumahnya sedang tidak ada makanan sedikitpun. Namun, Fatimah tak tega jika harus membiarkan tamu nya pergi dengan perut lapar, Fatimah pun memberikan kerudungnya kepada Salman untuk ditukar dengan jagung kepada orang yahudi. Sepulang dari sana, Salman memberikan jagung itu kepada Fatimah, lalu diolah menjadi Roti oleh Fatimah.

4.    Sebelum Fatimah menikah dengan Ali, Fatimah pernah dilamar oleh ke 2 sahabat Rasul yakni Abu bakar dan Ummar Bin Khattab, namun Rasul hanya diam. Hingga Akhirnya Ali datang dengan keraguannya untuk melamar Fatimah, tanpa disangka Fatimah menerima Lamaran Ali tersebut. Ali merasa bingung, mahar apa yang harus diberikan kepada Fatimah, Rasul pun memberikan Ali petunjuk. Dahulu, Rasul pernah memberikan Ali sebuah baju besi , Rasul meminta Ali untuk menjual baju pelindung dari besi itu dan hasil dari penjualannya digunakan untuk keperluan mahar. Akhirnya, pernikahan Fatimah dengan Ali berjalan lancar.

5.   Kehidupan perkawinan Fatimah sangat sederhana, Ali yang bekerja keras untuk menafkahi Fatimah serta Fatimah yang rajin , dan berbakti kepada Ali membuat pernikahan mereka nampak Romantis meskipun dipenuhi kesederhanaan.

6.    Setelah itu Rasul jatuh sakit dan meninggal dunia, Fatimah merasa sangat sedih. Namun, ketika Rasul membisikan kepada Fatimah bahwa Fatimah lah orang pertama yang akan menyusul Rasul Fatimah menjadi senang. benar, setelah 6 bulan kepergian Rasul Fatimah jatuh sakit dan meninggal dunia di usia ke 28 tahun tepatnya 13 Ramadhan 11 Hijriah, Fatimah di makamkan di Madina ( Jaat ul baqih)Da N

7.  Mengapa Fatimah  layak dijadikan sebagai idola? Karena Fatimah adalah putri Nabi yang memiliki kepribadian mulia. Selain anggun, lemah lembut beliau juga cerdas dan penyayang. Sungguh, ummi Fatimah adalah sebaik baiknya perhiasan dunia, Ratu wanita sholeha di Surga. Semoga saya pribadi bisa menjadi penerus ummi Fatimah yang cinta akan islam. Perang





Di adaptasi dari (http://artikelislamikoe.blogspot.co.id/2013/11/fatimah-az-zahra.html)

                                      https://id.wikipedia.org/wiki/Fatimah_az-Zahra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar