Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 27 November 2017

Andrea Hirata – Sang Pemimpi yang Mendunia

Disusun oleh : Elika Natasari | XI Akuntansi 2

1.    Andrea Hirata terlahir dengan nama Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun lahir pada 24 Oktober 1982 di GantungBelitung TimurBangka Belitung. Andrea tumbuh dalam keluarga miskin yang berempat tinggal tidak jauh dari pertambangan timah milik pemerintah yaitu PN Timah (Sekarang PT Timah Tbk.). Semasa kecil, orang tua Andrea Hirata mengubah nama Andrea yang lahir Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun hingga 7 kali hingga akhirnya ia diberi nama Andrea Hirata dengan nama lengkap Andrea Hirata Seman Said Harun sewaktu menginjak masa remaja.
2.    Andrea Hirata sendiri merupakan anak keempat dari pasangan Seman Said Harunayah dan NA Masturah. Ia dilahirkan di sebuah desa yang termasuk desa miskin dan letaknya yang cukup terpelosok di pulau Belitung. Tinggal di sebuah desa dengan segala keterbatasan memang cukup mempengaruhi pribadi Andrea sedari kecil. Ia mengaku lebih banyak mendapatkan motivasi dari keadaan di sekelilingnya yang banyak memperlihatkan keperihatinan.
3.    Andrea Hirata menempuh pendidikan Sekolah Dasarnya di SD Muhammadiyah (Yang ia ceritakan dalam novel Laskar Pelangi), kondisi sekolah tersebut sangat mengenaskan bahkan hampir roboh namun disekolah itu Andrea bertemu dengan Laskar Pelangi yaitu sebutan untuk para sahabatnya. Setelah menamatkan pendidkan dikampung halamannya hingga SMA, Ia yang berkeinginan kuat untuk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi dan juga menjadi penulis, Ia merantau ke Jakarta. Dengan penuh perjuangan, Andrea berhasil masuk ke Universitas Indonesia di Fakultas Ekonomi, setelah lulus dari UI, Andrea kemudian mendapatkan beasiswa Uni ropa untuk studi Master of Science di Université de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom.
Tesis Andrea dalam bidang ekonomi telekomunikasi mendapatkan pengahrgaan dari kedua Universitas tersebut dan Ia pun lulus dengan nilai cumlaude.
4.    Andrea Hirata adalah seorang penulis novel yang karyanya diangkat ke layar lebar teater musikal.
5.    Begitu banyak penghargaan yang Andrea Hirata terima. Beberapa di antaranya adalah penghargaan dari Khatulistiwa Literaly Award (KLA) pada tahun 2007, Aisyiyah Award, Paramadina Award, Netpac Critics Award, dan lain sebagainya. Beberapa novel yang sudah dibuat oleh Andrea Hirata adalah Laskar Pelangi (2005), Sang Pemimpi (2006), Edensor (2007), Maryamah Karpov, Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas (2010), Sebelas Patriot (2011), Laskar Pelangi Song Book (2012), Ayah(2015), dll.
6.    Sebelum berada di keadaan sekarang, pria yang memiliki nama asli Aqil Barraq Badruddin ini adalah anak yang lahir di sebuah keluarga yang status ekonominya memprihatinkan. Bahkan karena sang ayah hanya pekerja rendahan maka ia pun disekolahkan di SD Muhammadiyah yang bentuk gedungnya lebih mirip seperti kandang hewan ternak. Namun semua keterbatasan yang ia rasakan sejak kecil sampai remaja membuat dirinya terpacu untuk menggapai impiannya yakni sebagai penulis.
7.   
8.    Andrea Hirata adalah seorang pemimpi yang mempunyai tekad yang luar biasa, sehingga dia bisa seperti sekarang ini. Sudah sepantasnya semua orang di penjuru dunia menghargai semua karya-karyanya, dan menjadikannya sebagai sosok yang menginspirasi banyak orang dalam hal impian,dll.



Daftar Pustaka :
Diakses pada November 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar