Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 23 November 2017

CRISTIANO RONALDO : RAJA TRIK LAPANGAN HIJAU

Disusun oleh : Aila Nurul Fikriyah


  1. Cristiano Ronaldo lahir di Funchal, Portugal. pada tanggal 5 Februari 1985. Dia adalah anak dari Maria Dolores dos Santos Aveiro dan José Dinis Aveiro, Dia juga memiliki kakak laki-laki bernama Hugo, dan dua kakak perempuan, Elma dan Liliana Cátia. Salah satu dari kakak Cristiano Ronaldo Bekerja sebagai penyanyi dengan nama panggung Ronalda di Portugal. Ayahnya merupakan pengurus kebun yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai asisten perlengkapan klub bola, hal tersebutlah yang membuat Ronaldo kecil mulai tertarik dengan sepakbola.
  2. Cristiano Ronaldo mulai bermain sepakbola ketika usianya masih berumur tiga tahun. Dia pertama bermain bola dengan tim amatir Andorinha ketika masih berusia 8 tahun. Dan pada tahun 1995, reputasi Cristiano Ronaldo sebagai pemain bola mulai berkembang. Dan pada tahun 2003, ia memulai karir internasionalnya dengan membela tim nasional Portugal. 
  3. Pada usia 16 tahun, Cristiano Ronaldo bergabung dengan The Sporting Academia yang menjadi langkah awal karir Ronaldo. Pertandingan pertama bersama timnya membawa Cristiano Ronaldo berhasil mencetak dua gol di pertandingan tersebut dengan melawan Manchester United dengan skor akhir Sporting 3-1 MU.
  4. Akibat kalah dari Sporting membuat Cristiano Ronaldo didatangkan dari Sporting Lisbon ke Manchester United, ia menandatangani kontrak dengan harga £12.24 juta. Karir pertama pemain nomor punggung tujuh di Manchester United adalah saat melawan Bolton Wanderers ia berhasil membawa kemenangan Manchester United  dengan skor akhir 4-0.
  5. Pada juni 2009 dia pergi meninggalkan Manchester United dan bergabung dengan Real Madrid. Karir pertama Ronaldo di Real Madrid dibawah asuhan Jose Mourinho terjadi pada liga melawan Shamrock pada 21 juli 2009. Ia menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mencetak 40 skor di La Liga secara berturut-turut.
  6. Selain terkenal sebagai pemain sepak bola Cristiano Ronaldo juga terkenal sebagai bintang iklan. Dia tercatat sebagai model pakaian dalam pria dan jeans merk ternama seperti : Emporio Armani,Coca-Cola, Castrol, Konami, Banco Espirito Santo, Motorola, Jacob & Co.
  7. Selama bergabung dengan Klub Manchester United  ia telah banyak meraih penghargaan seperti : Premier League, FA Cup, Football League Cup, FA Community Shield, UEFA (Union of European Football Associations) Champions League, dan FIFA Club World Cup.  Namun tidak hanya di Manchester United ia meraih penghargaan tetapi juga saat berada di Real Madrid seperti : La Liga, Copa del Rey, Supercopa de España, UEFA (Union of European Football Associations) Champions League, FIFA Club World Cup, dan UEFA (Union of European Football Associations) Champions League.
  8. Pada bulan September 2005 Ayahnya meninggal karena kerusakan hati akibat alkohol pada usia 52. Kemudian Pada musim ketiga di inggris Ronaldo pernah dilarang bermain akibat dari hukuman "Gestur gerakan tubuh" yang dianggap melecehkan. Pada Oktober 2005, ia menerima pencemaran nama baik karena sebuah artikel Daily Mirror yang melaporkan dia mabuk berat di sebuah klub malam saat pulih dari cedera. Dan Ia pun mendapatkan kritikan tajam seusai menggelar pesta untuk ulang tahun ke 30 tahunnya karena pada saat itu real madrid baru saja mengalami kalah.
  9. Namun dari semua masalahnya itu ia pun terkenal baik hati karena ia ikut aktif dalam kegiatan social yang ada salah satunya adalah ketika tsunami Aceh pada Desember 2004, ia merupakan orang yang membantu Martunis seorang bocah Aceh yang saat itu  selamat setelah 19 hari terdampar akibat tsunami. kemudian pada 26 Maret 2008, Cristiano Ronaldo menggalang dana untuk program pemulihan fisik korban konflik Afghanistan. Karena kepedulianya terhadap anak anak ia dinobatkan sebagai Duta LSM Save the Children Pada Januari 2012, selanjutnya ia  dinobatkan sebagai Duta Forum Peduli Mangrove Bali Indonesia oleh pemerintah Indonesia,  yang diwakili oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan Pada 26 Juni 2013.
  10. Cristiano Ronaldo memiliki sikap yang professional dalam bermain sepak bola dan ia juga memiliki nilai social yang tinggi. sudah sepantasnya sosok  Cristiano Ronaldo menjadi panutan karena sikapnya  professional dalam sepak bola ia juga harus memiliki nilai social kepada masyarakat.

Daftar pustaka 

http://barwanda.blogspot.co.id/2013/04/profil-biodata-cristiano-ronaldo-atau.html diakses pada 20 November 2017
https://id.wikipedia.org/wiki/Cristiano_Ronaldo di akses pada 14 November 2017
http://www.infobiografi.com/biografi-dan-profil-lengkap-cristiano-ronaldo/ diakses pada 14 November 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar