Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 22 November 2017

Wirda Mansur - Sang Penghapal Qur`an yang Mendunia

Wirda Mansur - Sang Penghapal Qur`an yang Mendunia
(Disusun oleh : Anisa Arifah)



1.  Wirda Salamah Ulya atau lebih dikenal dengan Wirda Mansur lahir pada 29 November 2001 di Jakarta, Indonesia. Dia adalah anak pertama dari lima bersaudara. Sejak kecil dia memang sudah menghapal Qur’an. Saat usianya baru 7 tahun dia pernah bermimpi bertemu dengan Rasulullah, sekitar jam dua dini hari iya tiba-tiba masuk ke kamar ayahnya dan membangunkannya. Dia menceritakan kepada ayahnya bahwa ia dimarahin oleh Rasulullah karena hanya mau menghapal satu sampai lima belas jus, kenapa tidak semuanya saja tiga puluh jus. Ayahnya seketika tertegun, kemudian dia mengajak ayahnya ke kamarnya. Dia menunjukkan kertas yang isinya syair, ia pun bilang kepada ayahnya bahwa itu dari Rasulullah tapi jangan dikasih tahu yang lain. Ayahnya pun tetegun lagi dan mengucapkan Subhanallah. 

2.  Wirda Mansur lahir dari keluarga Betawi yang berkecukupan dari pasangan Yusuf Mansur dan Siti Maemunah, dia sangat dimanja orang tuanya. Kedua orang tuanya memang selalu mengajarkan pendidikan agama islam ke anak-anaknya termasuk Wirda. Dia popular semenjak sang ayah mengajaknya tampil untuk menjadi penghapal Qur’an di TV atau acara off air lainnya.

3.  Wirda pernah bersekolah sampai tingkat SMP. Namun, setelah itu dia berhenti sekolah dan memilih belajar dengan sistem home schooling demi menghapal Al-Qur’an karna merasa kurang waktunya untuk hafalan.

4.  Selain belajar dan menghapal Al-Qur’an, Wirda juga aktif menjadi pengajar Al-Qur’an. Bahkan karena kemampuannya menghapal kitab suci umat Islam tersebut, dia berkesempatan untuk mengajar di luar negeri. Dia merasa beruntung karena ketika dia masuk di dunia Al-Qur’an, dia bisa keliling luar negeri tanpa keluar biaya sama sekali. Beberapa Negara yang sudah dia datangi untuk mengajar para remaja yaitu, mulai dari Hongkong, Korea, Singapura, Bahrain, Qatar, hingga America Serikat.

5.  Wirda kini menetap dan melanjutkan SMA nya di New York, Amerika Serikat. Setelah itu, dia akan bersekolah di Al Mamoor, sekolah Mesir yang ada di New York. Sengaja orangtuanya memilih sekolah tersebut karena alasan agar nyambung Qur’an nya dan disana ada muahafidzah atau guru tahfidz. Wirda memilih melanjutkan sekolah di luar negeri karena memang cita-citanya dari SMP, dia pun bercita-cita menjadi Menteri Luar Negeri.

6.   Keberangkatan Wirda ke New York atas kerjasama dengan Nusantara Foundation dan Imam Shamsi Ali, seorang tokoh muslim Indonesia di New York. Ayahnya memang melarang jika hanya sekolah SMU dan tidak ada muatan dakwah. Disaat libur nanti ayahnya ingin dia bisa keliling negara-negara bagian untuk mengajar tahfidz.

7.  Selain sekolah Wirda juga menjadi duta Quran di negeri Paman Sam itu. Selain itu dia juga memiliki kemampuan lain seperti menjadi penyanyi, host, ikut gabung bisnis PayTren milik ayahnya, dan menjadi selebgam atau selebritis instagram.

8.  Ketika menghafal Al-Qur’an Wirda mempunyai cara tersendiri yaitu satu ayat dibacanya berulang-ulang hingga seribu kali, dia pun mengakui kesulitan dan rintangan yang dialaminya. Bahkan dia sempat putus asa namun tetap bertahan untuk menghafal. Motivasinya dalam menghapal adalah orangtua, karena dia berfikir dia tidak punya jaminan untuk dirinya sendiri di akhirat, bagaimana dia mau menjamin orangtua dan keluarganya.

9.  Wirda Mansur memiliki sifat pekerja keras, hal tersebut dibuktikan dengan usahanya yang selalu mau belajar dan menghapal Qur’an dengan berbagai kesulitan dan rintangan yang dihadapi. Sudah sepantasnya sosok Wirda menjadi idola dan contoh yang baik untuk semua para remaja maupun kalangan yang lainnya.














     Sumber :§  http://www.katalebay.xyz/2016/10/biodata-wirda-salamah-ulya-putri-ust.html. (diakses pada tanggal 14 November 2017)
§  https://m.dream.co.id/your-story/cerita-wirda-yusuf-mansur-mimpi-bertemu-rasulullah-1604257.html (diakses pada tanggal 19 November 2017)
§  https://m.detik.com/wolipop/read/2016/04/11/130500/3184875/1634/wirda-mansur-putri-yusuf-mansur-yang-berhenti-ke-sekolah-demi-hafal-al-quran (diakses pada tanggal 19 November 2017)
§  https://m.detik.com/news/berita/3029585/jadi-duta-quran-wirda-yusuf-mansur-terbang-ke-new-york (diakses pada tanggal 19 November 2017)
§  Buku Paket Bahasa Indonesia (diakses pada 19 November 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar