Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Mei 2017

Eksplanasi kemiskinan


Disusun oleh : Risty Nanda Amanda Dewi
  

Pernyataan umum

Kemiskinan adalah adalah keadaan dimana seseorang tidak mampu untuk selalu memenuhi kebutuhan mereka, baik kebutuhan dasar maupun kebutuhan pokok seperti sandang pangan dan papan. Indonesia termasuk ke dalam urutan negara – negara dunia yang tingkat pengangguran dan kemiskinannya 8,25%. Umumnya masyarakat miskin biasa tinggal di gubuk, kolong jembatan, bantaran kali.

Urutan Sebab Akibat

Kemiskinan terjadi karena beberapa faktor, salah satunya yaitu keterbatasan kelengkapan pendidikan yang menyebabkan susah untuk mencari pekerjaan, serta mengelola uang dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Struktur sosial juga menjadi faktor penyebabnya kemiskinan, yaitu akibat dari perilaku konsumtif, pilihan, atau, kemampuan dari si miskin yang menggunakan keuangan tidak mengukur pemasukan. Dan juga Perilaku gengsi, sehingga masyarakat lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan, dan juga lapangan pekerjaan yang tidak mencukupi.

Akibatnya keuangan cepat habis dan tidak ada sisa yang cukup untuk masa depan.Iri hati melihat orang lain mempunyai apa yang ia tidak punyai sehingga membuatnya mengeluarkan uang tanpa pikir panjang untuk membeli hal yang diinginkannya.Jika tidak ada kemauan untuk menghemat atau mengatur pengeluaran maka semakin dekat dengan status dan keadaan miskin.




Daftar Pustaka



http://faraditawaidianto.blogspot.co.id/2016/02/contoh-teks-eksplanasi-tentang.html?m=1

http://www.yuksinau.com/2016/10/contoh-teks-eksplanasi-sosial-beserta-strukturnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar