Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Mei 2017

PENGANGGURAN

Disusun Oleh : Siti Marisa Wati

Pernyataan Umum
Pengangguran atau tuna kerja adalah istilah untuk orang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang mampu menyerapnya.

Sebab Akibat
Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang mampu menyerapnya. Pengangguran sering kali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.  Kemudian bagaimana caranya mengatasi pengangguran bagi individu dan pemerintah. Jika individu tidak ingin menjadi pengagguran, saat duduk dibangku sekolah atau kuliah harus semangat dan tidak mudah menyerah agar tidak dipandang sebelah mata saat melamar kerja karena tidak memiliki kemampuan. Lalu apa yang harus dilakukan pemerintah saat banyak pengagguran adalah dengan menyediakan lapangan pekerjaan agar semakin sedikit pengagguran yang ada di Indonesia khususnya.
Salah satu penyebab pengangguran adalah rendahnya tingkat pendidikan seseorang, sehingga ia tidak memilik pengetahuan yang cukup dan susah untuk mendapatkan pekerjaan, pemerintah sebaiknya memberikan pendidikan gratis bagi yang kurang mampu dan juga pemerintah diharapkan mendirikan suatu lembaga bantuan kredit atau langsung bekerja sama dengan bank-bank tertentu untuk memberikan kredit pada masyarakat yang kurang mampu. Kredit tersebut diharapkan dapat membantu mereka untuk mendirikan suatu usaha, misalnya UKM atau sejenisnya dan lain-lain. Akibat dari pengagguran adalah banyak pemuda yang stress dan menimbulkan masalah dimasyarakat seperti membuat onar dan bekerja sebagai penjambret atau preman pasar atau terminal, selain itu juga dapat membantu penurunan pendapatan perkapita, penurunan pendapatan pemerinta yang berasal dari sector pajak, meningkatnya biaya sosial yang harus dikeluarkan oleh pemerintah dan dapat menambah hutang Negara.
Pengangguran memang harus diatasi sedini mungkin agar tidak menyebebkan masalah yang lebih rumit lagi jadi semua pihak harus saling membantu agar tingkat pengangguran dapat turun dengan saling bekerja sama antara masyarakat dan pemerintah.

Daftar pustaka


Diakses pada Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar