Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 02 Mei 2017

Pelangi

Disusun Oleh: Adriansyah


Pernyataan Umun:

Pelangi atau bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras. Dan ada juga jenis-jenis pelangi;
1. Pelangi primer
Pelangi yang terjadi akibat satu pantulan air hujan. Pelangi primer memiliki warna yang terkuat, dengan warna pada bagian luar merah dan bagian dalam ungu.
     2. Pelangi sekunder
Terjadinya pemantulan cahaya sebanyak dua kali atau lebih. Pelangi sekunder yang terlihat dilangit diatas pelangi primer. Susunan pelangi sekunder merupakan kebalikan dari susunan warna pelangi primer. Pada pelangi sekunder warna merah berada di dalam dan ungu diluar. Warna pelangi sekunder jauh lebih rendah dari pelangi primer.

Sebab - Akibat:

Penyebab terjadinya pelangi adalah peristiwa pembiasan sinar matahari oleh air hujan. Cahaya yang melewati dua medium yang berbeda akan mengalami pembiasan dan perubahan arahnya. Pembelokan ini terjadi karena cahaya bergerak dengan kecepatan berbeda ketika melalui medium yang berlainan. Dengan adanya pelangi kita harus bersyukur kepada Tuhan karena telah menciptakan karya yang maha indah, keindahan pelangi yang sangat mengagumkan dan dapat kita nikmati secara Cuma-Cuma.


DAFTAR PUSTAKA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar