Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 17 Mei 2017

“3 Idiots” : Katakan Pada Hatimu Semua Akan Baik-baik Saja

Disusun Oleh : Natalia Anwar



Judul Film     : 3 Idiots
Tahun rilis     : 25 Desember 2009
Sutradara      : Rajkumar Hirani
Pemain          :    1. Aamir Khan sebagai Rancho atau Phunsukh Chotte Wangdu
                           2. R. Madhavan sebagai Farhan Qureshi
                           3. Sharman Joshi sebagai Raju Rastogi
                           4. Kareena Kapoor sebagai Pia Sahastrebuddhe
                           5. Boman Irani sebagai Viru Sahastrebuddhe atau  Virus

Orientasi 1
“3 idiots” merupakan film bollywood  yang berasal dari rumah produksi Vidhu Vinod Chopra Production diangkat dari novel “Five Point Someone – What not to do at IIT” karya Chetan Bhagat yang terbit pada 2004. Film tersebut mulai dibuat pada 28 Juli 2008 dan rilis pada tanggal 25 Desember 2009. Pembuatan film yang menggambarkan universitas dilakukan di Indian Institute of Management-Bangalore dalam waktu 33 hari. Tema pada film “3 Idiots” sederhana tetapi dibungkus dengan plot dan dialog yang cerdas, 160 menit tak terasa panjang, bahkan terasa seperti perjalanan yang menyenangkan sekaligus mencerahkan.

Orientasi 2
Kisah dalam film tersebut bercerita tentang 3 orang sahabat bernama Rancho, Farhan, dan Raju yang berkuliah di “Imperial College of Engineering” disingkat ICE merupakan salah satu Perguruan Tinggi Teknik terbaik di India. Rancho adalah mahasiswa yang sangat jenius. Dia memiliki pandangan yang sangat berbeda dengan yang lainnya “Jadikanlah hobimu menjadi pekerjaanmu, maka bekerja seperti bermain”, itulah kata-kata Rancho kepada teman-temannya. Rancho sangat senang belajar, dia juga memprotes sistem pendidikan yang ada bahwa belajar jangan hanya terpaku pada buku saja, cobalah pahami. Sedangkan Farhan mahasiswa yang hanya mengikuti keinginan ayahnya untuk menjadi insinyur demi menaikkan derajat keluarganya. Tapi disisi lain Farhan sangat ingin menjadi fotografer hewan liar. Sedangkan Raju tak berbeda dengan Farhan tetapi Raju memiliki kehidupan yang sulit, ayahnya yang seorang tukang pos mengalami stroke, ibunya yang sakit-sakitan dan kakak perempuannya yang stres karena gagal menikah. Hal ini yang membuat beban Raju sehingga Raju ketakutan menghadapi masa depannya, karena dia harus memperbaiki kehidupan keluarganya.

Tafsiran isi 1
Rancho memang mahasiswa yang unik, cerdas, dan kerap melawan sistem yang ada. Ia memang tak setuju dan terkesan menentang pola pengajaran yang sudah diterapkan di kampus. Kampus yang memiliki sosok rektor yang kejam bernama Profesor Viru Sahastrabuddhe atau yang diakrab Virus oleh mahasiswa lainnya. Tak ada yang bisa mengubah ataupun berani melawan sistem pendidikan kampus sudah bertahun-tahun diterapkan dengan tegas dan ketat. Tak heran jika beberapa kali kedapatan beberapa mahasiswa bunuh diri, salah satunya bernama Joy Lobo yang tewas gantung diri. Sebaliknya mahasiswa favorit rektor bernama Chatur orang yang sombong dan senang merendahkan orang lain, yang percaya bahwa mengutip dari buku tanpa mengetahui lebih jauh tentang maknanya dapat mencapai tujuannya mendapat pekerjaan di kemudian hari. Rancho kemudian jatuh cinta dengan mahasiswi kedokteran yang merupakan putri Virus yang bernama Pia. Ketika dia bersama Farhan dan Raju sengaja menyusup ke perjamuan pernikahan kakak Pia untuk mendapatkan makanan gratis. Hal itu membuat Virus marah dan membencinya. Hal lainnya yang membuat Virus semakin membenci mereka adalah ketika mereka sedang mabuk dan masuk ke rumah Virus di malam hari untuk mengakui bahwa Rancho jatuh cinta pada Pia, dimana Raju membuang air kecil di pintu sebelum mereka melarikan diri. Keesokan harinya si rektor mengancam untuk mengeluarkan Raju dari fakultas tersebut kecuali Raju mau membantu Virus menjadi saksi bahwa Rancho yang merencanakan semua itu untuk mengeluarkan Rancho. Tak mau mengkhianati persahabatan mereka, Raju pun mencoba bunuh diri dan berakhir koma di rumah sakit.

Tafsiran isi 2
Tujuan pendidikan menjadi sangat materialis, bukan lagi memanusiakan manusia, membina akhlaqul karimah, maka tak heran jika korupsi merajalela di negara-negara. Orientasi pendidikan sesungguhnya sangat mulia, tapi iming-iming kesuksesan yang sangat materil itu membuat segalanya jadi hancur, sehingga melupakan kemuliaan kemanusiaan dan tidak peduli orang lain, itulah yang dilakukan Chatur yang hanya menginginkan dirinya menjadi nomor satu. Film “3 idiots” menyampaikan ajaran moral bahwa hobi untuk dijadikan pekerjaan maka bekerja menjadi seperti bermain, memiliki cita-cita tidak harus ditekankan oleh orang lain ikutilah apa kata hati. Pesan moral selanjutnya mengenai hafalan dan hanya terpaku buku, menghafal menghemat waktu di sekolah tapi akan membuat beban otak dan tertekan bahkan membuat fikiran buntu hingga membunuh kreatifitas manusia untuk berkarya. Jadi memahami akan lebih mudah dan akan membuat lebih nikmat ilmu pengetahuan itu. Film “3 Idiots” menerapkan persahabatan yang sangat kuat. Meninggalkan apapun untuk kepentingan yang menyangkut temannya, berkorban untuk keberhasilan temannya. Apalah artinya pintar jika tak bisa memiliki teman. Maka persahabatan itu lebih penting dari orang itu sendiri.

Tafsiran isi 3
Farhan dan Raju mengikuti apa yang dikatakan suara hati mereka. Farhan untuk memutuskan mengejar kecintaannya kepada fotografi. Menceritakan segalanya kepada ayahnya apa yang ia impikan. Ayah Farhan yang awalnya menolak keputusan Farhan hingga akhirnya merestui Farhan untuk mengejar cita-citanya. Raju menghadiri wawancara perusahaan dengan tubuh penuh plester dan kursi roda. Raju dalam wawancara tersebut menjawab non-formal, jujur, dan apa adanya. Karena kejujuran dan apa adanya justru ia diterima bekerja. Virus yang tidak menyukai hal itu dan membuat soal yang diatur sendiri agar Raju tidak lulus ujian, Pia yang mendengar hal gila itu marah dan menentangnya. Virus mengusir mereka bertiga dan bertepatan pada malam itu kakaknya Pia ingin melahirkan karena banjir dan tidak memungkinkan untuk dibawa kerumah sakit. Rancho serta kedua temannya bergegas membantu persalinan di sebuah ruang. Mereka bertiga mendapat instruksi dari Pia yang berada di rumah sakit yang sebelumnya pergi dari rumah karena pertengkaran tadi dan Rancho dibantu oleh kedua sahabatnya, dia dibantu juga oleh mahasiswa lainnya. Saat sudah selesai Virus pun hanya bisa terdiam dan menggendong cucunya. Setelah itu Rancho pergi dan Virus pun mengejarnya dan memberikan sebuah pulpen yang menandakan bahwa Virus telah menemukan penerusnya, seorang mahasiswa yang sangat jenius.

Tafsiran isi 4
Seperti judulnya film “3 idiots” menceritakan 3 orang pemuda yang sering berbuat bodoh, padahal mereka menuntut ilmu di kampus paling favorit, kehadiran satu mahasiswa yang selalu menjadi pelopor tindakan-tindakan konyol namun kreatif. Mereka sering menentang aturan sistem pendidikan kampus sehingga membuat rektor kampus geram dan marah yang menyebabkan mereka bertiga diberi julukan “idiots”.

Tafsiran isi 5
Film “3 idiots” yang bergenre komedi romantis ternyata memimpin sebagai film Bollywood terlaris di India dan luar negeri memecahkan sejumlah rekor box office kala dirilis. Jika memakai kurs dolar 2016, film ini mengusung budget setara 12 juta dolar AS dan mengemas pendapatan hingga 85 juta dolar AS. Karya film “3 idiots” unggul dari tiga film india yang telah lama menghuni daftar ekslusif 250 Film Top IMDB. Dengan cerita yang mengkritisi soal pendidikan membuat “3 idiots” menjadi film pertama dalam sejarah perfilman India yang liris secara legal ke YouTube dalam 12 minggu setelah dirilis di bioskop. Film “3 idiots” sukses mengumpulkan sekitar 39 peghargaan dan nominasi diantaranya adalah lima penghargaan dari ajang Filmfare Awards dan tiga dari ajang National Film Awards.

Tafsiran isi 6
Film “3 idiots” memberi sasaran kepada penonton semua umur yang terkhusus masih dikategorikan sebagai pelajar atau mahasiswa. Sebuah film hebat yang mampu memotivasi kita apa sebenarnya arah dan tujuan kita hidup serta bagaimana kita menyongsong masa depan dengan lebih baik dan terarah. Menyikapi suasana pendidikan yang penuh tantangan dan rintangan, keinginan remaja yang bebas dan merdeka mengikuti apa kata hati dan tidak ingin tertekan oleh tuntutan orang lain. Tidak lupa sasaran para penonton remaja yang masih harus di bawah bimbingan orang tua.

Evaluasi 1
Meski sudah lama sekali rilisnya, film tersebut tidak bosan untuk ditonton. Sangat inspiratif dan mengajarkan kita tentang sistem pendidikan yang benar, terdapat banyak unsur edukasi. Pemikiran salah satu mahasiswa seperti Rancho bisa memperbaiki SDM suatu negara dan sistem pendidikan negara. Film “3 idiots” mengajarkan persahabatan yang kuat untuk tidak mengkhianati hati dari sahabatnya. Para pemain sangat menjiwai peran dan sangat cocok dengan karakter yang diperankan. Alur cerita memiliki konsep yang menarik dan dibumbui unsur-unsur komedi yang dapat menyegarkan pemikiran para penonton dan menimbulkan gelak tawa. Bukan bollywood namanya jika tidak menyajikan film dengan lagu dan tarian dari para pemainnya. Penataan musik sangat cocok dan dikemas secara bagus.

Evaluasi 2
Sebenarnya tidak ada kekurangan, tetapi jika dilihat dari penonton yang di bawah umur, unsur adegan ciuman saat Pia menemukan Rancho di pantai harus disensor dan adegan mabuk pada film tersebut kurang mendidik bagi penonton usia muda.

Rangkuman
Dari paparan tadi, dapat disimpulkan bahwa film “3 idiots” mengajarkan kesempurnaan maka kesuksesan akan mengikuti. Belajarlah dari sisi yang berbeda, jangan lagi mengejar nilai semata agar dapat sukses di masa depan, namun pahamilah ilmu yang dipelajari maka kesuksesan bukanlah sesuatu yang sulit untuk didapatkan. Film “3 idiots” mengajarkan bahwa ilmu jauh lebih berguna dari pada gelar diakhir/awal namamu. Oleh karena itu, film “3 idiots” layak untuk ditonton karena memiliki unsur edukasi yang menginspiratif dan mengajarkan tentang sistem pendidikan yang benar.

Diakses, 5 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar