Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 18 November 2015

Merry Riana : Motivator Indonesia Yang Mendunia

Disusun oleh : Desy



1.       Merry Riana yang menjadi salah satu Enterpreneur dan Motivator wanita tersukses ini berasal dari Indonesia, Ia dilahirkan pada tanggal 29 Mei 1980 di Jakarta, Ia lahir dalam keluarga sederhana. Orang tua Merry adalah seorang pembisnis dan ibu rumah tangga. Ia merupakan anak sulung dari 3 bersaudara.

2. Merry mulai belajar di bangku kuliah di jurusan Electrical and Electronics Engineering (EEE) di Nanyang Techonological University (NTU) pada tahun 1998. Merry bercita-cita menjadi seorang insinyur. Cita-citanya tersebut mungkin karena ingin membantu sang ayah dalam menjalankan bisnis. Tanpa persiapan yang memadai untuk kuliah di luar negeri, Merry sempat gagal dalam tes Bahasa Inggris di Nanyang Techonological University. Tanpa persiapan bekal dana yang memadai pula, Merry meminjam dana dari pemerintah Singapura sebesar $40.000 dan harus dilunasi setelah dia selesai kuliah dan kerja.

3.    Dana yang ia pinjam sangatlah minim, Merry hanya mengantungi $10 selama seminggu. Untuk berhemat ia hanya makan dengan makan sederhana dan air dari keran/ tap water di kampusnya kehidupan yang sangat memprihatinkan tersebut mendorongnya untuk mencari penghasilan diluar seperti membagi brosur di jalan, menjadi penjaga toko, dan pelayan hotel, Karena tidak mempunya latar belakang pendidikan dan pengalaman bisnis ia mengumpulkan informasi dengan mengikuti seminar dan melibatkan diri dalam organisasi kemahasiswaan yang berhubungan dengan bisnis.

4.    Faktor penghambat yang membuat Merry jatuh saat berbisnis: pengalaman dan pengetahuan bisnis yang kurang memadai. kegagalan saat membuat skripsi, bisnis MLM, bermain saham.mencoba praktik dengan terjun ke multi level marketing dan akhirnya rugi 200 dolar.ketika memutar uangnya dibisnis saham ia kehilangan 10.000 dolar.

5.    Faktor yang membuat Merry berhasil : Ia mencoba menjadi entrepreneur. Ia belajar tentang seluk buluk pasar. Ia menekuni industri perencanaan keuangan.

6.    Tamat kuliah Merry belajar dari pengalaman para pengusaha sukses, dia memulai dari sektor penjualan dibidang jasa keuangan. Saat Merry memulai karier sebagai penasihat keuangan, ia harus bergulat dengan sejumlah tantangan dan hambatan, orang tuanya,dosen dan teman-temannya kurang setuju dengan keputusan dia, karena Merry belum mempunyai kemampuan berbahasa Mandarin sedangkan rata-rata orang Singapura ialah etnis China. Namun, Merry tidak pantang menyerah ia berani mengambil risiko. Tanpa merasa terlalu terbebani dengan kemungkinan gagal atau keharusan untuk berhasil, Merry lebih memilih untuk memfokuskan diri pada pengalaman dan pelajarannya.

7.    Merry sudah membulatkan tekad Ia bekerja 14 jam dalam sehari. berdiri di dekat stasiun MRT & halte bus untuk menawarkan asuransi. Ia bekerja sampai tengah malam dan baru pulang jam 2 dini hari. Pendapatan yang tidak pasti membuatnya ia terpaksa kembali berhemat.

8.    Sampai akhirnya ia sukses sebagai Financial Consultant yang menjual produk-produk keuangan dan perbankan. Dalam 6 bulan pertaman kariernya di Prudential, Merry berhasil melunasi utangnya sebesar $40.000 Singapura.

9. Tahun 2003 Merry dianugrahi penghargaan baru teratas yang diidam-idamkan banyak orang yang menekuni sebagai manajer. Merry lalu memulai bisnisnya sendiri diangkat menjadi manajer. Ia mendirikan MRO (Merry Riana Organization).

10. Tahun 2005, Merry menerima penghargaan sebagai penghargaan Top Agency of the Year dan penghargaan Top Rookie Agency. Hingga kini Merry telah memotivasi dan melatih ribuan professional dan ekskutif dalam bidang penjualan, motivasi, dan pemasaran.

11. Merry Riana dikenal sebagai seorang entrepreneur wanita yang sukses dan menjadi motivator untuk membagikan ilmu dan kiat-kiat susksesnya agar setiap orang menjadi pribadi-pribadi yang sukses. Kini Merry mempunyai mimpi untuk memberikan dampak positif bagi 1 juta orang di Asia, terutama di Indonesia. Salah satunya dengan meluncurkan buku “ Mimpi Sejuta Dolar" yang sangat inspiratif dan akan diangkat ke layar lebar.

12. Buku “ Mimpi Sejuta Dolar” sendiri sudah menjadi national Bestseller hanya dalam 1 bulan setelah peluncurannya. Buku ini menarik perhatian publik Singapura dan Asia Tenggara karena menuliskan tentang prestasi Merry Riana menghasilkan $1.000.000 pada usia 26 tahun.

13. Kata-kata Motivasi dari Merry Riana yaitu : Berpikir positif adalah pekerjaan yang mudah, yang Anda perlukan hanyalah’Jangan berpikir negatif’, ‘Hidup ini seperti mengendarai sepeda. Kita akan melaju terus, selama kita masih mengayuh pedalnya., berubalah sebelum perubahan itu yang akan memaksa anda, hidup mungkin penuh dengan masalah. Tapi selama kamu meberikan yang terbaik dan terus berdoa,segalanya akan indah pada waktunya.

Daftar Pustaka :
-          http://www.biografiku.com/2013/02/biografi-merry-riana-motivator-wanita.htmldiakses pada: Jumat,6 November 2015
-          http://www.profilepedia.com/2014/11/profil-dan-biografi-merry-riana.htmldiakses pada: Jumat,6 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar