Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 November 2015

Dian Pelangi ‘’Designer Hijab Cantik Muda Berbakat’


              Disusun oleh : Riska Istiqomah                      
‘’SI ANAK BAWANG YANG BERHASIL MENEMBUS PASAR DUNIA’’


 
    1. Dian pelangi,Atau yang bernama asli Dian Wahyu Utami ia merupakan salah satu perancang busana kelas atas di Indonesia yang lahir di Palembang,14 Januari tahun 1991 ini memang terlahir dari keluarga pengusaha Kain Jumputan . Bisnis kain keluarga Dian Pelangi dimulai di tahun ketika Dian dilahirkan (1991).Bisnis ini mengambil nama Dian karena kelak Dian yang masih Bayi akan meneruskan bisnis tersebut. Sedangkan nama Pelangi terinspirasi dari teknik Jumputan khas Palembang yang berwarna-warni seperti Pelangi. Sejak saat itulah bisnis keluarga ini dinamakan Dian Pelangi Company. Januari 2011 Dian menikah dengan Tito Haris yang pada akhirnya menjadi Bussines Development Manager Dian Pelangi Company.Dian Pelangi menikah pada usia 20 tahun
 
     2. Pada awalnya ayahnya, Djamaludin Sochib, adalah lulusan tekniik sipil dan bekerja di bidang Konstruksi. Ibunya, Hernani, merupakan Pegawai Bank.Keduanya orang tuanya tidak berlatar belakang Fashion tapi sedari kecil berhubungan dengan penghasil kain Tradisional. Ayahnya yang berasal dari Pekalongan sudah terbiasa dengan orang-orang yang membuat Batik. Ibunya yang berasal dari Palembang juga terbiasa dengan kerajinan Songket dan suka menjualkan Kain tersebut dari rumah ke rumah. Orang tua Dian Pelangi memiliki sebuah Pabrik Tekstil di kota Pekalongan Jawa Tengah.orang
Pabrik kain ini mengerjakan bahan mulai dari bentuk Benang menjadi Kain dan diberi Motif Jumput atau Batik.

   3.Pendidikan Dian Utami yaitu ia pernah bersekolah di Tk Ikal Dolog di Palembang.SD MI di Palembang. Smp Insane Kamil. Ponpes Al-Ihya Bogor dan SMK N 1 Pekalongan. Ia kemudian lulus dari Ecole Superieur Des Arts Et Techniques De La Mode (ESMOD) Pada tahun 2008 dengan nilai yang tinggi.Lulus dari ESMOD Jakarta pada tahun 2009, ia mengambil kursus Bahasa Arab pada tahun 2010 di Lessanul Arab,Kairo Mesir.

   4.Kini bisnis Dian Pelangi sudah mempunyai karyawan lebih dari 350 orang dan mempunyai koleksi pilihan yaitu DP by Dian, DP Bride, DP Kids,D-men,serta DP Hajj. Tak hanya menulis di Blog,Dian sudah membuat 2 buah buku yaitu ‘’HIJAB STREET STYLE’’ dan BRAIN,BEAUTY,BELIEVE’’.Buku Hijab Street Style yang di terbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.Buku Hijab Street Style merupakan buku pertama Dian Pelangi yang diluncurkan pada tanggal 15 Juli 2012,buku tersebut berisi mengenai 600 lebih foto Muslimah dari berbagai Indonesia dan juga dari luar negeri seperti Kuala Lumpur,Singapura,Bangkok dan lain-lain.Dan buku kedua Brain,Beauty,Believe.
Dian juga menjadi Brand Ambassador selama beberapa tahun untuk produk kosmetika Wardah dan yang terbaru adalah telepon selular OPPO seri N3.

   5.Sewaktu lulus Pesantren Dian Pelangi diarahkan orang tuanya melanjutkan sekolah di SMK Negeri 1 Pekalongan jurusan Tata Busana,karena Dian Pelangi ingin menjadi seorang Designer.Setelah keluar dari Pesantren Dian sangat kaget saat bersekolah di Negeri,dimana masih sangat sedikit orang yang Berhijab dan itu membuat Dian bingung sekali dan ingin melepas hijab.Akhirya pada saat itu Dian benar benar membuka hijabnya,dan keluar rumah dengan kaos oblong dan celana pendek,keluarga juga menyayangkan keputusan Dian itu.setelah kurang lebih 1 bulan Dian bingung dan membuka hijabnya,Dian pelangi tetap merasa kurang nyaman.akhirnya ketika ramadhan,Dian Pelangi memutuskan untuk kembali mengenakan hijab.setelah mengenakan hijab lagi,Dian mengaku merasakan kenyamanan seperti yang pernah Dian rasakan dulu ketika mengenakan hijab,Dian juga tidak pernah lagi pulang malam,dan menjaga diri dari pergaulan dan hal hal yang negatif.

  6.Tahun 2009 Dian bergabung dengan APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia) dan menjadi Anggota termuda. Sering dianggap anak bawang tidak membuatnya patah semangat, Dian malah menunjukkan ‘’Bahwa Muda Belum Tentu Tidak Dapat Berkarya Sebaik Yang Sudah Berpengalaman.’’
  7. Keterlibatan Dian Pelangi pada Jakarta Fashion Week pada November 2009,karya-karyanya Dian kembali mendapat respon positif dari pasar dan media karena dian berani menunjukkan karakternya yang muda dan dinamis pada corak Jumputan yang warna-warni.
  8. Karyanya untuk Pertama kali menembus pasar luar Negeri melalui Fashion Show di Melbourne serta Kementrian Perindustrian dan perdagangan ke Abu Dabhi.Pada Mei 2009.Berawal dari majalah Ibu Kota yang mengangkat karyanya.Dian mendapat Undangan dari Kementrian Pariwisata untuk mengikuti misi Pariwisata di Australia.Dian Pelangi bersama Iva Latifah mendapat kesempatan untuk mendapat kesempatan menggelar karyanya di Melbourne.Dari acara Fashion Show di Melbourne Dian Pelangi berhasil memilik sebuah Outlet yang memajang karyanya di Melbourne,Dian juga mengincar kota Sidney dan Perth.
  9. Pada akhir 2011, Dian Pelangi diundang ke Paris untuk mengikuti The International Fair Of Muslim World di Le Bourget dan memastikan jejaknya sebagai salah seorang Designer muda Indonesia yang patut diperhitungkan.
  10. Situs belanja online Zalora dan Kementrian Perindustrian dan Ekonomi Kreatif memberikan penghargaan bagi para desainer, Selebriti, selebgram juga Hijabers Indonesia. Penghargaan ini diberikan karena mereka dianggap telah menjadi sumber inspirasi Hijabers lainnya.
 11. Rancangan Dian Pelangi Collection berhasil terpilih menjadi Fashion Icon busana muslim dalam Jakarta Fashion Week (JFW) 2013

 12. Dian pelangi merupakan salah satu Designer Cantik,Muda,Berbakat yang dimiliki Indonesia.Selain sangat kreatif, Dian merupakan salah satu trendsetter Fashion bagi kalangan remaja berhijab khususnya. Banyak yang mengikuti atau meniru gaya berbusana seorang Dian Pelangi,dan Dian Pelangi juga banyak mendapatkan penghargaan yang patut kita tirukan. Di usia yang terhitung sangat muda Dian Pelangi sudah menciptakan karya-karya luar biasa,yang bisa di aplikasikan ke semua kalangan. sudah selayaknya Dian Pelangi menjadi insprirasi bagi remaja-remaja yang ingin sukses di usia muda.

       inilah beberapa hasil karya Dian Pelangi








Daftar Pustaka :

-       http://dianpelangi.com/ diakses pada 18 nov 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar